Thursday, August 23, 2007

Mengadopsi Binatang

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Lagi browsing, saya ketemu website yang tawarkan kesempatan untuk mengadopsi binatang yang terancam (hampir musnah). Anak dan sekolah diajak untuk memilih sebuah binatang dan bantu memeliharanya lewat sumbangan.

Saya lihat ini sebagai sesuatu yang positif yang bisa dilakukan anak sekolah di Indonesia, kalau mampu tentu saja (di Jakarta ada ribuan sekolah swasta, dan siswanya tergolong mampu).

Bayangkan kalau ada program baru dari Diknas dan Departemen Lingkungan, yang mengajak setiap sekolah mengumpulkan uang untuk menyelamatkan satu ekor orangutan (sebagai contoh).

Kalau setiap sekolah mengadopsi satu ekor, dan berusaha untuk mencari dana untuk binatang itu, jumlah orangutan yang bisa diselamatkan akan meningkat, Insya Allah. Bisa juga membantu badak, macan, kura-kura laut dsb.

Yang terpenting dari program tersebut adalah membuat anak sadar bahwa mereka bisa bertindak untuk memperbaiki bangsa ini. Dana bisa dikelola secara profesional oleh WWF supaya tidak masuk ke tabungan negara. Laporan tentang bintang yang dibantu bisa di-update terus di Website WWF, sehingga anak Indonesia menjadi terbiasa membaca dan peduli dengan nasib satwa di bangsa ini.

Setiap sekolah akan mendapat data dan foto dari binatang yang mereka bantu, dan ini bisa dipajang di sekolah. Bisa menjadi proyek di kelas untuk menjelaskan nasib orangutan yang diselamatkan anak dari sekolah tersebut, dan bandingkan dengan binatang yang lain yang tidak dibantu.

Setuju? Bagaimana cara menyampaikan ini kepada pemerintah? (Lebih sulit lagi, bagaimana caranya membuat pemerintah peduli dan tidak sekedar setuju secara lisan saja tanpa bertindak?)

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene

Contoh:

Adopt an Animal (lihat di bagian bawah)

No comments:

Post a Comment