Tuesday, November 13, 2007

Menyumbang Beras Bagi Orang Miskin Lewat Online Game


Assalamu’alaikum wr.wb.,

Online game ini memambahkan stok beras buat orang miskin di dunia (yang disalurkan lewat PBB), dan sekaligus memberikan pelajaran kosa kata bahasa Inggris.

www.FreeRice.com

Dalam game ini, kita memilih kata yang paling sesuai dengan kata yang disediakan.
Misalnya, dangerous = unsafe. (ada 4 pilihan)
Kalau pilihan kita salah, kita mendapat kata baru, dengan penjelasan ttg jawaban yang benar.
Bila jawaban kita benar, kita mendapatkan kata baru, dan setelah benar 3x naik tingkat. Ada 50 tingkat. Kalau kita salah terus, tingkat kesulitan kita turun dulu.

Setiap kali kita menjawab dengan benar, 10 biji beras disumbangkan ke World Food Programme (WFP di PBB). Beras ini dibeli lewat iklan sponsor yang ada di bagian bawah dari layar.

Ini bukan tipuan internet. Ini benar. Saya sudah main (dan langsung naik ke tingkat 40, tapi habis itu jadi pusing juga, hehe.). Game ini sudah online sejak 7 October, dan sudah menghasilkan “gunung beras” untuk WFP.

Mohon disebarkan pada anak2 yang ingin menambahkan kosa kata bahasa Inggris, sekaligus menyumbang beras buat orang miskin di seluruh dunia.

www.FreeRice.com

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene Netto

Web game provides rice for hungry

An internet word game has generated enough rice to feed 50,000 people for one day, the UN's World Food Programme (WFP) has said.

The game, FreeRice, tests the vocabulary of participants. For each click on a correct answer, the website donates money to buy 10 grains of rice. Companies advertising on the website provide the money to the WFP to buy and distribute the rice. FreeRice went online in early October and has now raised 1bn grains of rice. That is enough rice to feed 50,000 people for one day, the WFP said on Friday.

'Viral marketing'

The head of the WFP, Josette Sheeran, said: "FreeRice really hits home how the web can be harnessed to raise awareness and funds for he world's number one emergency." She said word of the game has spread with the help of internet bloggers and websites like Facebook and YouTube. "The site is a viral marketing success story." FreeRice is the invention of US online fundraising pioneer John Breen.

Story from BBC NEWS:

http://news.bbc.co.uk/go/pr/fr/-/2/hi/europe/7088447.stm

Published: 2007/11/10 10:29:25 GMT

© BBC MMVII

3 comments:

  1. wah menarik sekali,
    terimakasih infonya, pak!

    mona

    ReplyDelete
  2. Gene, minta kunci jawabannya dong! *grin*

    ReplyDelete
  3. No kunci jawaban available. Makanya, belajar bahasa Inggris dong. Hehe... Punya guru nggak?

    ReplyDelete