Sunday, February 03, 2008

Inggris Membuat Tempat Penampungan Untuk Laki-Laki Yang Dipaksakan Menikah


Pemerintah Inggris telah setuju memberikan dana bagi orang yang ingin mendirikan tempat penampungan untuk anak laki-laki yang dipaksakan menikah.

Ternyata di Inggris ada banyak kasus setiap tahun di mana anak laki-laki dipaksakan menikah oleh orang tuanya yang berasal dari Pakistan. Ada pula yang diculik dari Inggris dan dibawa ke Pakistan secara paksa untuk nikah di sana.

Dari semua tugas yang dikerjakan kedutaan besar Inggris di Pakistan, 60% berkaitan dengan masalah “nikah paksa” ini. Dari semua kasus “nikah paksa” yang ditangani mereka, 15% adalah laki-laki.

Di Inggris sekarang ada 165 tempat penampungan untuk perempuan, tetapi belum ada buat laki-laki yang ingin kabur dari rumah daripada dipaksakan menikah dengan perempuan yang tidak dikenal di Pakistan.

Imran Rehman, dari kota Derby, Inggris, yang minta pemerintah membuat tempat penampungan ini, menceritakan bagaimana dia dipaksakan pergi ke Pakistan untuk menikah, dan di sana ada saudara yang merantai kakinya supaya tidak bisa kabur.

***********************

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Sekali lagi, Islam (dengan bantuan dari budaya Pakistan) menjadi fokus berita buruk. Nikah paksa ini dilakukan karena budaya Pakistan (mirip budaya India) yang mengizinkan orang tua memilih calon pengantin buat anaknya, baik perempuan maupun laki. Tetapi di Inggris yang serba bebas, hal seperti ini tidak sesuai dengan budaya lokal, dan anak yang dibesarkan di Inggris dan sekolah di sana pasti tidak setuju dan ingin memilih calonnya sendiri. Karena bentrok dengan orang tua, sebagian dari mereka dipaksakan menikah.

Alhamdulillah, saya justru salut dengan BBC karena artikel ini tidak membahas Islam (walaupun wartawan dengan niat buruk bisa saja menggunakan berita ini untuk jelek-jelekkan Islam). Tetapi di pikiran rakyat biasa, ini pasti dianggap malasah yang berasal dari agama Islam karena mereka semua tahu bahwa mayoritas dari orang Pakistan yang tinggal di Inggris adalah orang Muslim.

Sayang sekali bahwa orang tua bisa begitu keras terhadap anaknya dan tidak memberikan hak bagi anak untuk memilih calon sendiri, walaupun hal itu tidak dilarang dalam Islam, dan Islam juga melarang orang tua paksakan anaknya menikah.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Sumber:

Call for male forced wedding help

Story from BBC NEWS:

Published: 2008/02/02 12:04:19 GMT

© BBC MMVIII

1 comment:

  1. Beruntung sekali saya tidak tinggal di Pakistan /India jadi nggak ada yang memaksa untuk menikah. Menikah itu kan ibadah kenapa harus dipaksakan. Ibadah itu kan harus ikhlas.

    ReplyDelete