Thursday, May 22, 2008

Keyboard Komputer Lebih Kotor Dari WC


Riset menunjukkan sebagian keyboard komputer begitu penuh dengan bakteri dan kuman yang berbahaya sehingga dikatakan lebih kotor dari tempat duduk WC (di atas WC gaya barat).

Organisasi perlindungan konsumen bernama “Which?” mengatakan bahwa tes yang mereka lakukan di kantornya di London membuktikan ada keyboard yang begitu kotor sampai bakteri di atasnya bisa membuat orang keracunan (seperti bakteri e.coli).

Dari 33 keyboard yang dites, 4 di antaranya dikatakan sangat berbahaya terhadap kesehatan, dan 1 dari 5 dikatakan mempunyai lebih banyak bakteri daripada tempat duduk WC. Seorang ahli mikrobiologi, Dr. Peter Wilson, mengatakan keyboard komputer seringkali menjadi “cermin” dari apa yang ada di dalam hidung dan perut kita.

Pada saat tes yang dilaksanakan oleh Which? pada bulan Januari 2008, salah satu keyboard ditentukan begitu kotor oleh seorang ahli mikrobiologi sehingga dia perintahkan keyboard itu dikuarantin, dan wajib dibersihkan secara langsung. Keyboard itu mempunyai 150 kali lipat jumlah bakteri yang di atas batas normal, dan karena itu, dikatakan 5 kali lebih kotor daripada tempat duduk WC.

Semua keyboard diperiksa untuk bakteri seperti E.coli dan staphylococcus aureus yang bisa menimbulkan penyakit keracunan makanan (food poisoning). Kata Dr Wilson, kalau di kantor ada orang yang sakit flu atau sakit perut/diare, sangat mungkin anda bisa kena bila menggunakan keyboard yang sama.

Which? mengatakan salah satu penyebab keyboard yang kotor adalah karyawan yang makan siang di meja kerjanya, dan sisa makanan yang jatuh ke bawah (di atas keyboard) bisa membantu bakteri bertumbuh. Karyawan yang tidak cuci tangan setelah buang air di WC juga menjadi penyebab.

Which? menganjurkan agar komputer sering dibersihkan supaya tidak menjadi ancaman terhadap kesehatan. Debu dan sisa makanan yang ada di dalam keyboard bisa disikat dan keyboard bisa dilap dengan kain lap yang sedikit basah (lembab saja sudah cukup). Sebaiknya juga dilap dengan alkohol untuk membunuh kuman.

Riset pada tahun 2007 di universitas Arizona menunjukkan bahwa meja kerja yang biasa mempunyai 400 kali lebih banyak bakteri daripada tempat duduk WC yang biasa. Juga ditemukan kenyataan bahwa ada 3-4 kali lebih banyak kuman di meja kerja perempuan daripada di meja kerja laki-laki.

Keyboards Dirtier Than A Toliet

Story from BBC NEWS:
Published: 2008/05/01 09:26:12 GMT
© BBC MMVIII

3 comments:

  1. Hal yang kita anggap remeh bisa menimbulkan bahaya yang tidak terduga.

    Saya sendiri hampir setiap makan siang selalu di meja kerja. Kadang2 nasi, sayur, sambal jatuh ke keyboard, dibersihkan pake tisu saja. Baru nyadar kalau ada bakteri di situ, harus dibersihkan sekarang juga.

    Terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
  2. Saya juga harus bersihkan keyboard saya. Dan malah berfikir untuk beli keyboard baru sekaligus. hehe.

    ReplyDelete
  3. Kalau aku bersihkan keyboard pakai tisu yg beralkohol (yg buat galon - biar lagi ngetik sambil teler hehehe .. kidding!)kadang2 pake vacuum cleaner kecil (buat kasur)sampai virus2 di PC kesedot semua hehe.....
    padahal di pasaran ada vacuum cleaner mini buat keyboard....belum beli sih hehehe....

    ReplyDelete