Saturday, December 27, 2008

Obesitas terbentuk sebelum umur lima tahun

Obesitas pada anak dan remaja sudah terbentuk dari umur lima tahun, kata laporan baru tentang kesehatan anak. Dibandingkan dengan anak yang hidup pada tahun 1980an, anak pada zaman ini lebih gemuk dan sebagian besar dari lemak tambahan mereka sudah terbentuk sebelum masuk sekolah.

Hal ini berarti tindakan preventif untuk mencegah obesitas perlu dimulai sebelum anak masuk sekolah, kata para penulis laporan. Satu dalam empat anak di Inggris sudah dianggap kegemukan.

Pada saat lahir, berat badan dari anak di dalam studi ini sama dengan anak yang lahir 25 tahun yang lalu, tetapi pada masa pubertas, mereka sudah punya lebih banyak lemak dibandingkan anak yang seumur pada masa 1980an. Mayoritas dari lemak ini (persentase dari berat badan) telah terbentuk sebelum umur lima tahun.

Sebelum anak permepuan yang obese masuk sekolah, dia sudah dapat 90% dari lemaknya dan anak laki-laki sudah dapat 70%. Ketua studi ini, Professor Terry Wilkin dari Peninsula Medical School, Plymouth, UK, mengatakan “Pada saat mereka mencapai umur lima tahun, masa depan (berat badan) mereka sudah terbentuk sampai masa pubertas. Penyebabnya masih belum jelas.”

Dia juga mengatakan ada sebuah faktor baru yang tidak ada 25 tahun yang lalu, yang membuat anak mudah menajdi obese pada zaman ini. Dan apapun penyebabnya, itu berada di dalam rumah dan berkaitan dengan ajaran yang didapatkan dari orang tuanya, dan bukan dari lingkunan sekolah.

Menurut Professor Wilkin, penyebabnya bukan bahwa anak kurang gerak, tetapi dari dietnya, di mana porsi makan lebih besar dan jumlah kalori juga lebih banyak. Dia juga menginginkan semua anak diukur pada saat masuk sekolah untuk memberikan data yang akurat tentang masalah ini secara nasional.

Tetapi juga dijelaskan bahwa obesitas adalah salah satu penyakit yang mudah diobati dengan cepat. Memperbanyak porsi buah dan sayuran adalah yang terpenting.

Read the article here:
Obesity 'set before age of five'
Story from BBC NEWS:

No comments:

Post a Comment