Thursday, December 11, 2008

Rencana untuk tahun depan

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Sudah ada beberapa orang yang bertanya tentang kerjaan saya sekarang dan rencana untuk tahun depan. Saat ini saya sedang mencari uang untuk visa kerja, dan ada yang bertanya kenapa harus cari sendiri, jadi sekarang saya mau jelaskan semua rencana saya sekaligus, biar tidak perlu diulang terus lewat email.
Berikut ini, ada beberapa rencana saya untuk tahun depan.

1. Mendirikan Perushaan Media (Bersama Teman) Untuk Terbitkan Buku Dan Lain-Lain

Saya sudah siap mendirikan perusahaan media kecil dengan seorang teman. Tujuannya, kami ingin menjual buku dan lain-lain seperti buku anak, mainan anak, kaset, vcd, dsb.
Produk pertama yang ingin kami jual adalah buku pertama saya: Mencari Tuhan, Menemukan Allah. Perusahaan ini akan didirikan di bawah Yayasan Darul Qur'an yang dibuat oleh guru saya KH Masyhuri Syahid. Niat kami adalah membuat sebuah perusahaan yang bisa menghasilkan profit yang baik, yang kemudian akan digunakan untuk kegiatan sosial, seperti santunan anak yatim dan anak miskin.
Kalau kami mendirikan sebuah yayasan saja, berarti nanti kami akan sibuk mencari sumbangan. Daripada begitu, kami ingin mendirikan PT yang bisa menghasilkan uang tersebut, sehingga kita bisa mengurus anak yatim tanpa harus cari dana terus.
Untuk sementara ini, kami menggunakan nama DQ Media (karena berdiri di bawah Yayasan Darul Qur'an), tetapi kami masih membahas nama-nama yang lain juga.
Ada yang mau kasih usul untuk nama?

2. Mencari Rp 20 Juta Untuk Membuat Visa Kerja Baru

Visa saya dari MUC (perusahan yang sponsori saya selama 3 tahun ini) berkahir pada Januari 2009, jadi saya harus membuat yang baru. Daripada menjadi karyawan lagi, di mana waktu saya tidak bebas, saya ingin bekerja untuk diri sendiri supaya ada banyak waktu kosong untuk mengerjakan proyek pilihan saya.
Biaya untuk visa hanya beberapa juta, tetapi ditambah dengan biaya $US 1.200 yang harus dibayar ke Depnaker setiap tahun. Jadi setiap perusahaan yang mensponsori orang asing untuk kerja di sini, harus bayar $US 1.200 setiap tahun, ditambah biaya visa kerja, sekitar Rp 8 juta, yang menjadi total sekitar 20 juta.
Karena tahun depan saya mau kerja sendiri, di perusahan sendiri, maka saya harus mencari uang ini sendiri. Saya sedang usahakan dapat 5jt dari 4 orang yang mau membantu saya.
Kalau ada orang mampu yang senang membaca blog saya, yang sudah kasih jatah ke anak yatim, masih punya uang lebih, dan ingin membantu saya, silahkan kirim email dan saya akan berikan nomor rekening bank saya untuk terima transfer. Tetapi tolong jangan tawarkan kalau tidak sanggup. Saya tidak mau ambil uang dari orang yang hidupnya pas-pasan.
Terima kasih kalau ada yang mau bantu.

3. Selesaikan Dan Pasarkan Buku Pertama: Mencari Tuhan, Menemukan Allah

Buku pertama saya ini sudah selesai sekitar 95% dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia sekaligus. Masih editing sedikit sebelum membuat cetakan pertama. Saya selama tahun untuk berfokus terus pada buku ini karena saya menganggap proyek yang paling utama yang pernah saya kerjakan. Di dalamnya, saya membandingkan agama Islam dengan agama Kristen, dan Insya Allah pembaca Muslim yang saat ini tidak merasa yakin pada Islam sampai dia tinggalkan shalat atau bahkan berfikir untuk murtad dan menjadi orang Kristen, akan bisa kembali ke jalan yang benar setelah baca analisa saya.
Saya berniat untuk terbitkan versi bahasa Indonesia dulu. Orang Indonesia sering menunggu lama untuk mendapat buku terjemahan, jadi saya ingin memberikan buku ini kepada ummat Islam di Indonesia sebelum yang lain.
Setelah sudah keluar di sini, saya mau pasarkan versi bahasa Inggris di manca negara, seperti Amerika, Inggris, Eropa, Australia, dan lain-lain.
Setelah itu, saya mau membuat terjemahan dalam berbagai bahasa seperti Belanda, Jerman, Perancis, dan sebagainya. Insya Allah ini akan menjadi proyek jangka panjang yang akan makan waktu 1-2 tahun. Kalau ada penjualan signifikan di beberapa negara, mungkin saya akan perlu berkunjung ke sana juga.
Isinya dari buku ini akan saya kasih tahu sebelum terbit nanti, Insya Allah.

4. Selesaikan Buku Yang Lain

Buku kedua membahas masalah-malasah di dalam Islam, dan sudah selesai sekitar 50%. Buku ini dipecahkan dari buku Mencari Tuhan karena menjadi kepanjangan. Jadi sudah ditulis beberapa bab, dan yang lain sudah ada kerangkanya.
Buku ketiga tentang pendidikan di Indonesia. Belum ditulis, tetapi sudah ada catatannya.
Buku keempat mungkin tentang politik di Indonesia. sudah ada catatan dan beberapa bagian sudah ditulis.
Buku Kelima adalah buku Fiqih yang dulu direncankan untuk ditulis bersama guru saya KH Masyhuri Syahid. Tetapi karena beliau sudah wafat, mungkin saya masih bisa menulis buku ini dengan guru yang lain.

5. Mencari Buku Dari Penulis Yang Lain

Kalau perusahan media kami sudah berdiri dan sudah menjual buku saya yang pertama, tentu saja kami tidak ingin berhenti di situ saja. Kami akan mulai mencari penulis baru yang juga ingin menerbitkan buku.
Jadi, kalau anda kenal orang yang sudah menulis buku seperti “Laskar Pelangi”, bisa hubungi saya nanti dan kami bisa terima untuk penerbitan. Insya Allah akan ada penulis lain yang ingin mendukung tujuan kami menggunakan sebagian dari profit untuk membantu anak yatim, biar kita sama-sama berhasil.

6. Buku Anak

Saya sudah lama punya rencana untuk menulis buku anak. Insya Allah akan dibuat berseri seperti buku Franklin. Sebagian dari ceritanya sudah dibuat. Buku cerita ini akan dibuat dalam dua bentuk: biasa dan bilingual.
Kalau buku ini laku, saya sudah berfikir tentang merchansing seperti perlengkapan sekolah, baju, topi, tas, dll. (Coba berfikir tentang tokoh kartun seperti Sponge Bob: laku sekali, dan semua profit itu tidak digunakan untuk kepentingan anak yatim. Sayang tidak ada produk lokal yang setara.)
Kalau cerita ini diterima baik di dalam masyarakat, saya juga ingin mencari kesempatan untuk membuat kartun anak untuk televisi.

7. Mainan Anak

Saya sudah punya ide yang konkret untuk membuat sebuah game untuk anak (board game, seperti ular tangga, misalnya). Game yang saya rencanakan adalah game yang islamiah, dan tidak ada contoh yang setara di internet. Berarti, Insya Allah tidak ada di seluruh dunia.
Saya ingin membuatnya di Indonesia untuk dipasarkan ke semua negara yang punya penduduk Muslim. Kalau bisa dibuat dengan kualitas tinggi di dalam negeri, saya inginkan game ini dibuat di sini saja (daripada di Cina), dan semua profit dari penjualan ke manca negara bisa dimanfaatkan di sini. Sekaligus, akan menciptakan lapangan kerja di sini.

8. Buku Sekolah

Saya sudah pernah ditanya kalau bersedia menulis buku teks untuk sekolah, khususnya untuk Bahasa Inggris. Saya tertarik dan akan mempelajarinya nanti.

9. Editing Buku

Saya sudah diminta mengedit buku orang lain dan juga menterjemahkan buku dan teks dari berbagai sumber. Layanan ini akan dikembangkan terus. Pada saat ini, saya masih sibuk mengedit versi bahasa Inggris dari buku Dr. Syafii Antonio, Muhammad Super Leader Super Manager. Juga sedang edit buku untuk Prof. Dr. Ali Mustafa Yaqub. Judulnya saya belum tahu karena hanya mengedit teksnya, tetapi mungkin berjudul “Safari Ramadhan”, yang menjelaskan safari dakwah Pak Kyai di Amerika selama bulan Ramadhan 2008.

10. Hal-Hal Lain

Ada beberapa hal yang lain yang ingin saya kerjakan, seperti misalnya, Pelatihan Guru (Teacher Training). untuk bisa mengerjakan hal seperti itu, saya perlu waktu kosong, tanpa jam kantor supaya saya bebas membuat bahan yang mau dipakai dan bisa keluar untuk melakukan pelatihannya.

11. Kesimpulan

Selama tahun 2008 ini, saya sibuk menulis kembali beberapa bab dari buku Mencari Tuhan dan juga sangat sibuk dalam proses editing. Saya sangat berfokus pada buku ini (dalam 2 bahasa) karena saya rasa tidak ada lagi yang lebih utama (dari semua proyek yang ingin saya kerjakan) daripada buku pertama ini. Saya berharap Mencari Tuhan bisa mempunyai dampak yang luas terhadap ummat Islam, khususnya bagi mereka yang tidak taat dalam agamanya ataupun bingung terhadap Islam. Saya sangat hati-hati dalam proses editing karena saya tidak mau ada kesalahan yang serius di dalam buku pertama ini, dan tidak mau sampai ada suatu kelemahan yang serius di dalam argumentasi saya, terutama pada bab-bab di mana saya membahas agama Kristen.
Insya Allah buku ini akan segera terbit, dan saya bisa lanjutkan dengan buku-buku yang lain, serta tugas-tugas yang lain yang semuanya bertujuan untuk membantu anak yatim dan ummat Islam di Indonesia.
Untuk sementara ini, saya masih mencari uang untuk visa kerja sebagai masalah utama.
Setelah itu, Insya Allah akan ada kemudahan untuk mendirikan perusahan media yang saya rencanakan, dan kami akan bisa menghasilkan profit yang baik untuk kepentingan anak yatim dan orang miskin.
Terima kasih kepada semua atas dukungannya dan doanya. Setiap perkembangan akan saya beritakan lewat blog, Insya Allah.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene

6 comments:

  1. Subhanallah...
    Allah works in a mysterious way..

    ReplyDelete
  2. asslmkm..
    kalau saya bisa bantu insyaalloh saya bantu, produksi merchandise, kebetulan, itu jg salah satu pekerjaan saya dikantor.
    Untuk desainnya aja, tawarannya tabungan akhirat (amal), gratis:)

    sukses and chayoo

    ReplyDelete
  3. Subhanallah..
    Om Gene sudah punya rencana ke depan yg begitu terstruktur ya...

    Kayaknya ke depan jadwal Om Gene bakalan padet bgt yah.. apalagi kalo bukunya sudah keluar... Siap2 jadi terkenal deh :) asal jgn lupa ama kita2 yah..

    Jarang banget ada orang yg punya planning untuk membuat sesuatu yg bermanfaat bagi kemasalahatan umat dan anak yatim.. Kebanyakan kan mencari provit untuk diri sendiri..

    Semoga niat dan rencana Om Gene bisa memberikan inspirasi dan motivasi bagi umat muslim khususnya, masyarakat Indonesia pada umumnya...

    I'm support you 100%....
    Semoga apa yg sudah direncanakan berjalan mulus dan tercapai sesuai harapan...
    Esp. Erin do'akan semoga Allah meridhoi, memberkati dan selalu memberikan kemudahan dan petunjuk... amin ya robbal alamiin...

    Good Luck n Success For You...
    Wish U All The Best...

    NB : About Visa, I don't know what could I do to help you...

    3rin..

    ReplyDelete
  4. Aww.

    Mau menambahkan sedikit.

    Gene idealismemu memberi angin segar buat kami yang rajin berburu kasih Allah, tapi yang namanya bisnis bakalan melibatkan beberapa kepala yang punya pemikiran masing-masing.

    Saya rasa cara Aa' Gym berbisnis bisa diteladani dengan catatan : Si pemilik idealisme sebagai penggerak usaha harus selalu waspada. Artinya : Bertindak hati-hati dalam menjalankan setiap aktivitas yang dilakukan & banyak melihat umat yang langsung berhubungan dengan bisnis ini maupun umat luas sebagai pasar bisnis ini nantinya. Beliau adalah pembicara hebat & pebisnis handal di luar segala kekurangan Beliau sebagai manusia. Pasti Gene juga tahu bahwa semua harus diiringi doa.

    Www.

    ReplyDelete
  5. Salam pak gene..
    saya doakan semoga semua resolusi pak gene tahun depan terwujud dengan lancar dan sukses. Amiin. saya ingiiin sekali jadi bagian dari proyek anak yatimnya pak gene, jadi volunteer juga ok. terkadang kita mau berbuat sosial tapi bingung akan wadahnya yang tepat, nah siapa tau pak gene butuh tenaga saya, kemampuan saya tidak banyak, namun saya menguasai bahasa prancis (Sastra Prancis UI)

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum Pak gene, nambahin lagi.. apa pak gene sudah bisa dipanggil untuk ceramah2 agama? kalau bisa, menghubungi kemana? thanks wassalam

    ReplyDelete