Wednesday, March 11, 2009

Di AS, Ciri-Ciri Bayi Anda Bisa Dipesan

Sebuah klinik fertilitas di AS telah menawarkan orang tua kesempatan untuk memilih beberapa ciri-ciri anak yang diinginkan seperti mata biru, dan rambut pirang. Klinik bernama LA Fertility Institutes yand dikelola oleh Dr Jeff Steinberg berharap seorang bayi pesanan akan lahir pada tahun 2010. Jenis kelamin juga bisa dipilih.

Pelayanan ini didasarkan pada sebuah proses bernama preimplantation genetic diagnosis, atau PGD. Dalam proses ini, sebuah sel diambil dari embrio sebelum implantasi di dalam kandungan ibunya. Dengan periksa sel tersebut, dokter bisa mengetahui kalau embrio itu mempunyai gen-gen yang diinginkan dan, setelah itu, ibunya bisa memutuskan untuk teruskan kehamilan (dengan implantasi embrio di dalam kandungan) atau membuang embrionya dan memeriksa embrio yang lain. Kata Dr Steinberg, orang tua bisa menggunakan pelyanannya untuk alasan medis ataupun kosmetik. Barangkali orang tua ingin memastikan bahwa anak mereka tidak kena penyakit tertentu, tetapi juga mungkin bahwa mereka inginkan anak dengan rambut pirang saja.

Tetapi Dr Gillian Lockwood, seorang ahli fertilitas di Inggris, bertanya apakah cukup bermoral kalau kita menggunakan ilmu sains dengan cara seperti ini. Katanya, pelayanan ini menjadikan bayi setara dengan sebuah komoditas yang bisa dibeli ibarat barang-barang dagangan lain.

Dalam berita lain, ada UU baru di Inggris yang akan disahkan pada bukan April 2009, yang mengizinkan seorang Ibu yang melahirkan lewat inseminasi (IVF) untuk mencatat nama siapa saja sebagai “bapak” dari anaknya, bahkan dia boleh mencantumkan nama perempuan lain (misalnya, pasangan lesbinya).

Sumber: BBC News
Designer baby row over US clinic

4 comments:

  1. tapi tetap saja kan ga bisa pesen tentang 3 hal, ketika si janin dalam perut ibunya:
    jodoh, rezeki dan mautnya...., yang ga bisa diatur2 oleh ilmu sains sehebat apapun.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'alaikum wr wb

    Maaf sebelumnya, saya biasa berpikir dan menulis dari sudut pandang yang berbeda, jadi ada orang yang kadang memandang tulisan dan pikiran saya aneh, tidak apa-apa asal tidak nyeleneh…

    Ilmu pengetahuan dan teknologi kalau berada pada tangan orang kafir dan tidak amanah ya seperti itu, merusak tatanan kehidupan dan mengacau balaukan nasab manusia !

    Dalam sebuah acara reality shownya Operah Winfrey, ada seorang anak muda yang sedang mencari ayah biologisnya di sebuah situs internet, siapa sangka dia menemukan saudari dari ayah biologis yang sama.Ternyata mereka berdua dibuahi dari sperma laki-laki yang sama yang diambil dari sebuah bank sperma tapi dari wanita yang berbeda.Dan ternyata ada sepuluh wanita yang menjadi nasabah dari Mr X tsb.Berarti ada sepuluh anak yang terlahir dari ayah yang sama tapi ibu yang berbeda-beda tanpa mereka saling tahu dan saling mengenal.

    Saya cuma membayangkan, kalau ada pernikahan sesama anak-anak tsb diatas, maka anak-anak tsb menikah incest, atau mungkin saja ayah anak-anak tsb menikahi putrinya, karena dia tidak mengenal dan mengetahui bahwa itu adalah anaknya sendiri.Mungkin untuk sebagian dari orang "barat" , moral dan nasab sudah tidak terlalu dirisaukan, tapi bagaimana kalau gaya hidup dan teknologi itu ditiru oleh orang-orang Timur atau Muslim ?!

    Nasab untuk orang muslim sangatlah penting, sebab berkaitan dengan hak waris dan wali pernikahan, tapi saya bukan ingin membahas tentang pernasaban, hanya mengingatkan tentang pentingnya.Maka Islam membolehkan mengangkat anak dengan tidak menghilangkan dan menukar nasab keluarganya, tapi adopsi dengan menghilangkan identitas silsilah dan menukar nasab si anak maka tidak diperkenankan dalam Islam.

    Dalam surat Al Ahzab ayat 4 dan 5 : Allah berfirman :

    " Allah sekali-kali tidak menjadikan bagi seseorang dua buah hati dalam rongganya; dan Dia tidak menjadikan istri-istrimu yang kamu zhihar itu sebagai ibumu, dan Dia tidak menjadikan anak-anak angkatmu sebagai anak kandungmu (sendiri).Yang demikian itu hanyalah perkataanmu di mulutmu saja.Dan Allah mengatakan yang sebenarnya dan Dia menunjukkan jalan (yang benar). Panggillah mereka (anak-anak angkat itu) dengan (memakai) nama bapak-bapak mereka; itulah yang lebih adil pada sisi Allah, dan jika kamu tidak mengetahui bapak-bapak mereka, maka (panggilah mereka sebagai) saudara-saudaramu seagama dan maula-maulamu.dan tidak ada dosa atasmu terhadap apa yang kamu khilaf padanya, tetapi (yang ada dosanya) apa yang disengaja oleh hatimu.Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang ".

    Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  3. Aww.

    Thanks alot Tara.

    Pendapat saya sama dengan kamu & thanks rujukannya yang melengkapai pengetahuan saya soal nasab.

    Www.

    ReplyDelete
  4. saya baru tahu kalo adopsi seperti itu dilarang dalam islam,lagi jalan-jalan tersesat di blog ini tapi ternyata banyak manfaat nya juga,thanks mr Gene blog nya.Posting pks nya juga okeh juga!

    ReplyDelete