Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

12 April, 2009

Kekacauan IT Dalam Pemilu 2009

Dari arah mana saja yang digunakan untuk melakukan analisa, Pemilu 2009 memang sangat kacau. DPT tidak faktual, nama-nama orang bisa hilang tanpa penjelasan, berbagai kejadian di TPS, maslah dengan surat suara dan kotak suara, dan seterusnya.
Tetapi yang ini memang luar biasa. Hanya perlu menyediakan ahli IT, dan insya Allah masalah akan beres. Emang di Jakarta tidak ada ahli IT? Saya kenal beberapa orang, dan dari jaringan mereka bisa dikumpulkan ratusan orang lain. Apa susahnya serahkan urusan IT kepada ahlinya? Ternyata, KPU tidak sanggup (atau dengan sengaja tidak mau). Maunya kerja sendiri aja. Ini hasilnya:

220 Kabupaten/Kota Sama Sekali Belum Gunakan Software Pemindai
Pemantauan yang dilakukan atas 300 KPU kabupaten/kota menunjukkan, 220 di antaranya sama sekali belum menggunakan software pemindai Intelligent Character Recognition (ICR) yang berfungsi memindai formulir C1-IT. Sedangkan 80 di antaranya telah menggunakan namun dihadapkan dengan berbagai kendala teknis yang mengganggu.

>>> Ohhh, jadi software yang dibutuhkan di Kabupaten untuk menghitung formulir memang tidak ada di 220 dari 300 Kabupaten! Hmmm… Sedangkan di 80 lain, memang ada softwarenya, tetapi orang sana bego-bego dan tidak bisa menggunakannya? Gitu ya? (“Kendala teknis” dalam laporan ini saya artikan petugasnya bego-bego, karena sepertinya itu penjelasan yang paling masuk akal). Terus, ada juga ini:

Server Pusat Tabulasi KPU Macet
"Server kita lemah kalau pakai personal computer (PC), makanya kita mau rapat pleno untuk mengatasi masalah ini. Jadi kelemahannya pada server kita," ujar ketua KPU Abdul Hafiz Anshary di Hotel Borobudur, Jakarta,

>>> Ohhh, jadi servernya Personal Computer (PC)??? Hmmmm. Ruangan server di kantor teman saya lebih besar dari kamar tidur saya. Dan itu hanya untuk satu perusahaan. Isinya begitu banyak alat sehingga saya tidak paham fungsinya. Hanya ahli IT yang bisa paham. Sedangkan untuk salah satu negara terbesar di dunia ini, yang sedang membangun sistem demokrasi secara serius (katanya), hanya disediakan beberapa PC saja untuk menjadi “server” di KPU? Apakah setelah ini TNI akan diberikan senapan angin saja? (Habis, nggak ada dana untuk beli senjata benaran)! Dan Presiden SBY akan terpaksa jalan ke mana-mana naik motor bebek sendiri? (Habis, nggak ada dana untuk beli Mercedes)? Bagaimana negara ini bisa ditanggapi secara serius kalau pekerjaan KPU begitu konyol dalam pemilu? Tapi tidak apa-apa. KPU masih bisa pinjam PC lain dari tentangga. Ada yang mau bantuin dengan pinjamin komputer dari rumah?

Lemot, KPU Pinjam Server Untuk Real Count
"Terus terang kita hanya punya 6 server. Untuk mempercepat akses, hari ini kita mendapat pinjaman 5 server tambahan dari BPPT," kata Ketua Pokja IT KPU, Sri Nuryanti.

>>> Mungkin KPU berhasil pinjam PC dari kantor sebelah. Mungkin mereka minta Satpam buka pintu di gedung sebelah biar bisa pinjam PC orang lain – munkgin PC anda sendiri yang dipinjam. Cek pada hari senin ya! (“Pak Satpam, jangan kuatir Pak. Hari Senin dikembalikan ya Pak. Hanya dipinjam 2 hari. Nggak ada yang tahu nanti!”). Tetapi setelah berhasil tambah “server” lagi, database KPU diserang oleh puluhan hacker:

Real Count KPU Diserang Puluhan Hacker
"Kemarin ada yang berusaha mengubah tampilan website tabulasi data KPU, mereka mencoba mengubah tampilan data tabulasi, mencoba meng-nol-kan data," tutur Ketua Tim IT KPU, Husni Fahmi. Hal ini disampaikan Husni dalam konferensi pers yang digelar KPU di Pusat Tabulasi Nasional Pemilu 2009, di Hotel Borobudur, Pejambon, Jakarta Pusat, Minggu (12/4/2009).
Menurut Husni, banyak pihak yang mencoba "mengganggu" perhitungan cepat KPU ini. Pihaknya pun bertindak cepat mengantisipasi serangan ini. "Puluhan serangan dalam 3 hari ini, namun sudah berhasil dideteksi sumbernya dan kita sudah konfirmasikan ke Telkom supaya mengunci alamat bersangkutan," imbuh Husni.

>> >Tapi ini bukan masalah. KPU punya punya cara khusus untuk tangani hacker. Namanya program Pernyataan Hacker Jangan Usil (PHJU). Kalau ada puluhan hacker yang berusaha masuk ke database KPU, maka KPU cukup menjalankan program PHJU, dan setelah dikeluarkan “Pernyataan Hacker Jangan Usil” maka semua usaha hacking akan segera berhenti begitu saja. Hebat dan luar biasa. Semua manager di industri IT pasti iri tidak punya program ini. Ini penjelasan tentang programnya:

KPU: Hacker Jangan Usil
"Hacker jangan usil! Jangan iseng-iseng atau serius mengubah data," tutur Ketua Pokja IT KPU, Sri Nuryanti, saat dikonfirmasi mengenai adanya usaha hacking membobol data tabulasi pemilu 2009.

Bagaimana? Masih mau terima hasil yang buruk dari Pemilu yang paling buruk selama ini?

Mungkin minggu depan, SBY akan mengadakan konperensi pers. Pernyatannya hanya satu: “April Mop!!! Kami hanya pura-pura saja bikin pemilu. Bercanda! Tidak serius! Kalian anggap benar ya? Hahahaha. Lihat semuanya berjalan seakan-akan adegan dalam Srimulat. Kami hanya bercanda kok. Pemilu benaran akan diadakan pada bulan Juni nanti. Tunggu ya. Yang kemarin hanya April Mop saja!!! Jangan marah ya teman-teman!”

8 comments:

  1. >>> Mungkin minggu depan, SBY akan mengadakan konperensi pers. Pernyatannya hanya satu: “April Mop!!! Kami hanya pura-pura saja bikin pemilu. Bercanda! Tidak serius! Kalian anggap benar ya? Hahahaha. ... Jangan marah ya teman-teman!”

    Hahahahhh... ya ampun Gene Netto, ada-ada saja. The funniest post you've ever made, maybe... :)
    Tapi gila ya, pelaksanaan pemilu dibuat seolah-olah main2 seperti dagelan saja. Padahal denger-denger anggaran biayanya pemilu 2009 gedeeeeeeee loh. Diapain aja duitnya ?????????????

    ReplyDelete
  2. Assalamualikum wr wb

    Mas Gene dan Mbak Irma, saya minta tolong jangan menyebut April Mop kemudian tertawa2, ingat bahwa istilah April Mop itu muncul pada saat pembantaian umat Islam Spayol oleh tentara Salibis.

    Banjir darah dan air mata saat itu sungguh mengerikan, tak sepantasnya kita tertawa2 seperti itu, saya sedih dan sakit hati ketika ada yg sebut April Mop kemudian tertawa.

    Semoga saudara2 kita yg dibantai kaum Salibis saat itu mendapat tempat yg baik disisi Allah SWT, dan semoga pertolongan Allah segera datang sehingga Khilafah Islam bisa memimpin dunia kembali.

    mengenai pemilu, saya rasa pemilu sudah usai mari kita rapatkan barisan kembali untuk mengkampanyekan Syariah untuk Indonesia kita tercinta.

    Wassalamualaikum wr wb

    ardobinardi.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Yth. Ardo yang pintar & genius,

    Terimakasih banyak untuk informasinya.

    Tapi tolong baca lagi ya komentar saya dari awal sampe akhir.
    Adakah saya menyebut kata april mop sambil tertawa-tawa ngakak ??????????????????? Itukah makna tersirat dalam komentar saya yang ardo tangkap ???

    Saya mengutip kalimat dari post Gene. Dan saya yakin, maksudnya dituliskan disitu juga bukan untuk tertawa-tawa di atas pembantaian umat Islam. Saya juga tahu kok sejarah itu. Bukan cuman ardo saja yang tau. Dan yang saya anggap lucu, itu adalah penuturan Gene tentang penyelenggaraan pemilu. Bukannya mengenai kata April Mop itu. Jadi tolong tempatkan rasa sedih dan sakit hati Ardo mengenai pemakaian kata "April Mop" di waktu dan tempat yang benar.

    Ardo,
    kalo Ardo tidak mau peduli dengan pemilu itu hak Ardo. Tidak ada seorang pun, termasuk saya yang akan mengusik itu. Sebodo amat, banyak kerjaan dan urusan lain yang lebih penting.
    Tapi tolong dong, hormati dan hargai juga diskusi orang lain.

    Terimakasih.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
    irma

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum wr.wb.,

    (Ini sebuah email yang sudah saya kirim kepada orang lain berkali-kali):

    Email yang sering beredar ttg April Mop dan dihubungkan dengan sebuah pembantaian orang Muslim di Spanyol adalah rekayasa dan fiksi belaka. Banyak orang baca dan menyebarkan kepada semua teman, tetapi tidak ada yang berusaha untuk mencari buktinya. Isi dari email tersebut adalah rekayasa.
    Kitik saja april 1 Muslim 1487 di Google dan lihat sendiri bahwa tidak ada yang muncul (berkaitan dengan pembantaian). Tidak ada pembunuhan massal terhadap kaum muslim di Granada pada tanggal itu. Bila benar2 terjadi, coba membuktikan!

    Justru pada situs yang di bawah ini, menjelaskan bahwa asal dari April Fools Day tidak diketahui dan barangkali berasal dari zaman Romawi (2000 tahun yang lalu).
    http://www.museumofhoaxes.com/aforigin.html

    Pencarian april 1 muslim granada di wikipedia juga tidak memberikan hasil satupun (yang berkaitan dengan pembantaian).
    Justru yang didiapatkan dengan pencarian kata Granada dan Muslim adalah Treaty of Granada (1491) pada tanggal November 25, 1491

    http://en.wikipedia.org/wiki/Treaty_of_Granada
    di mana orang Islam boleh diam di kota tanpa diganggu sama sekali, dengan semua barang milik mereka tidak boleh dirampas, dan hukum mereka tetap berlaku.

    Bagaimana kalau dibandingkan dengan informasi tentang asal usul April 1? Sepertinya ada yang sangat ganjil.

    Other references:
    http://islamtomorrow.com/lies/fools.asp

    Wassalamu'alaikum wr.wb.,
    Om Gene,
    Sang Pembongkar Isu.

    ReplyDelete
  5. Wah baru tau nih.... Alhamdulillah ada yang bersedia jadi pembongkar issu.
    Gene Netto is the best.... hehehe ngga juga kali ya gene :)

    Jadi kalo ada yang sedih dan sakit hati gara-gara April Mop, bukankah itu pekerjaan yang sia-sia dan patut dikasihani...hehehehhh

    ReplyDelete
  6. wah setau saya kata april Mop itu berasal dr bahasa belanda:) April fool's day (bhs inggrisnya)

    mengenai sejarah benar atau tidaknya dikaitkan dengan sejarah pembantaian di granada, masih banyak diperdebatkan, mungkin dr sebagian blog2 atau artikel ada yng mengkaitkannya, dan membenarkan kejadiannya.


    ketika kejayaan islam di spanyol berakhir:
    hanya ada 3 pilihan bagi ummat muslim:
    -keluar dari spanyol
    -menetap di spanyol dengan pindah agama
    -atau dibunuh kalau tidak mau keluar dan menjadi katholik.

    untuk option ketiga itu, saya tidak tahu pasti, apa seperti yg di maksud ardo..

    runtuhnya kekhalifahan di andalusia, selain karena rongrongan dari luar yg terus berusaha menggoyahkan, tapi jangan lupa juga, perpecahan didalam internalnya, yang kemudian dengan baik dimanfaatkan oleh pihak musuh yang kebetulan mereka malah bersatu padu menghancurkan kejayaan andalusia.

    al hambra takluk pada tgl 2 januari 1492 oleh ferdinad v dan ratu isabella,
    bukan bulan april ya??

    di Spanyol, mereka merayakan April Mop itu pada tanggal 28 Desember yang disebut “Dia de los Santos Inocentes” = Hari anak tak bersalah, oleh sebab itulah juga ketika pemerintah Spanyol mengeluarkan undang-undang baru yang seyogiyanya pada tanggal 28 Desember 1978 diundur sehari agar tidak dijadikan bahan tertawaan ataupun dianggap sebagai lelucon...



    April Mop itu adalah hari Dusta, dimana orang dihalalkan untuk berdusta ataupun menyebar luaskan kabar dusta (hoax) sekedar untuk lelucon. Maka dari itu juga para agamaist di Eropa menilai asal muasal dari April Mop itu, karena 1 April itu sebenarnya adalah hari lahir dan juga hari kematiannya dari Yudas sang penghianat Yesus. Yudas diidentiskan sebagai iblis sang raja bohong !. Tidak bisa dipastikan mana yang benar asal muasal dari April Mop itu, tetapi yang masuk diakal dan juga banyak diterima oleh kebanyakan orang asal muasal dari April Mop itu, karena adanya perubahan penanggalan

    silahkan kesimpulan sendiri2 deh..semua kan punya berbagai versi untuk membenarkan mana yang benar, mana yang isu, mana yg fakta.

    karena kita cuma berpatokan pada sejarah yang diceritakan orang atau peninggalan atau buku yang mencatat, tanpa kita ketahui kebenarannnya 100%

    tentang 'asal muasal' istilah itu..
    yah sekian:)

    ReplyDelete
  7. duh,, itu dana 1.8 m yang katanya buat benahi sistem IT KPU kemana ya?

    ReplyDelete
  8. Assalamualaikum wr wb.

    Irma>> kalo Ardo tidak mau peduli dengan pemilu itu hak Ardo. Tidak ada seorang pun, termasuk saya yang akan mengusik itu. Sebodo amat, banyak kerjaan dan urusan lain yang lebih penting.
    Tapi tolong dong, hormati dan hargai juga diskusi orang lain.

    Siapa yang tidak peduli, please dong ah, saya itu selalu mengamati perkembangan politik baik dalam maupun luar negeri krn semua itu berhubungan, kalau gak peduli ya gak bisa diskusi politik dong!

    Mengenai April Mop, yang saya tau selama ini adalah kisah pembantaian massal uamt Islam di Spanyol, itu saya tau sudah lama sebelum ada blogs yg membahas tentang itu.

    Irma>> Tapi tolong dong, hormati dan hargai juga diskusi orang lain.

    Kok jadi sensi gitu sih, justru Mbak Irma malah tidak menghargai pendapat saya kalau saya dibilang meleceh kan pendapat Mbak Irma. Kan saya tidak ada kata2 yg menertawakan, melecehkan, atau menghina? hemm be calm, jgn mudah marah, santai dan sabar aja, pasti Allah ridha kalau kita sering tersenyum.

    Mengenai >> -atau dibunuh kalau tidak mau keluar dan menjadi katholik.

    Yg saya tau bukan hanya umat Islam saja tetapi Yahudi juga, sehingga banyak eksodus bangsa Yahudi dari Spanyol ke wilayah Daulah Khilafah Ustmaniyah, dan akhirnya justru orang2 Yahudi yg ditolong tersebut membuat konspirasi jahat menghancurkan Khilafah Islamiyah.

    Wassalamualaikum wr wb

    be Syariah Lovers

    Ardobinardi.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...