Sunday, July 12, 2009

Foto-foto Muslim Uighur yang berprotes di Cina

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Lihat foto-foto di sini: The Big Picture


Ini foto2 Muslim Uighur di Ibu Kota Urumqi, Propinsi Xinjiang, Cina.
Katanya perkara ini diawali dari perkelahian besar atara etnis Uighur yang Muslim dan etnis Han (pendatang) sekitar 1 minggu yang lalu di sebuah pabrik mainan. Setelah perkelahian itu berakhir, 2 orang Uighur sudah wafat. Pada hari Minggu 5 Juli, 2009, ribuan orang Uighur melakukan aksi protes di pusat kota, dan menuntut penyelidikan terhadap perkelahian tersebut, yang berakhir dengan kematian dua orang Uighur.

Belum jelas kenapa, tetapi protes pada hari Minggu itu menjadi sebuah keributan besar. Hasilnya, lebih dari 1000 orang luka-luka, 156 wafat, dan ratusan lain ditangkap polisi.
Dari semua orang yang wafat, ternyata (kata polisi Cina) 137 orang adalah etnis Han, dan hanya 46 adalah orang Uighur.

Sejak itu, ada beberapa perkelahian dan demo yang cukup anarkis, dan hasilnya bisa dilihat di dalam foto2 ini. Hati2, sebagian dari foto itu menunjukkan mayat2 dan darah. Sekarang, ribuan tentara dan polisi sudah dikirim ke wilayah tersebut.

Pada hari Jumat kemarin, semua masjid ditutup dan warga Muslim dilarang shalat jumat (supaya tidak bisa berkumpul). Sebagai hasil, warga Muslim menjadi lebih marah lagi, dan aksi2 diteruskan sampai sekarang.

(Tadi saya baca di Detik.com ada juga penyerangan kecil di Papua pada hari dan satu warga Australia dibunuh. Bedanya dengan kondisi di Cina, ternyata wartawan asing boleh meliput kondisi ini di Cina, sedangkan di Papua wartawan asing tidak boleh masuk sama sekali. Hmmm…)

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene

No comments:

Post a Comment