Tuesday, October 06, 2009

Beberapa Berita Gempa Padang 3


Korban Gempa Merintih Kelaparan
USMAN, Ketua RT 01 RW 16, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Minggu (4/10) petang meradang di Posko Utama Kota Padang, tempat bantuan korban gempa terkumpul. Sudah hari keempat pascagempa, belum satu pun jenis bantuan yang diterima 210 kepala keluarga yang menjadi tanggung jawabnya.

Duh, 320 Keluarga Terancam Kelaparan
PADANG PARIAMAN, KOMPAS.com — Sebanyak 320 keluarga yang menghuni Korong atau Dusun Koto Tinggi, Kanagarian Gunung Padang Alai, Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman, terancam kelaparan. Wilayah mereka terisolasi karena semua akses jalan menuju Koto Tinggi terputus dan tak bisa dilalui kendaraan roda empat. Sejak gempa terjadi, bantuan baru datang hari Minggu (4/10).

Mensos Akui Bantuan Menumpuk di Kantor Bupati
JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah mengakui bantuan untuk korban gempa di Sumatera Barat menumpuk di kantor-kantor Bupati. Bantuan belum bisa didistribusikan karena terkendala transportasi.

Banyak Daerah di Sumbar Belum Tersentuh Bantuan
Jakarta - Bantuan logistik korban gempa Sumbar masih berpusat di Padang dan Pariaman. Masih banyak daerah-daerah yang belum tersentuh bantuan.
Seperti yang terjadi di Kabupaten Agam, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, Jorong Bukit Malintang. Belum ada sedikit pun bantuan yang mengalir ke daerah yang berjarak 4 jam perjalanan darat dari pusat Kota Padang ini.

Pemerintah Bebaskan Pajak Sumbangan Gempa
JAKARTA, KOMPAS.com -  Berlomba-lomba lah membantu para korban gempa bumi di Sumatra Barat (Sumbar). Soalnya, Pemerintah bakal memberikan insentif perpajakan kepada para penyumbang, baik perseorangan maupun perusahaan.

Gempa Susulan di Sumbar Sudah 582 Kali
PADANG, KOMPAS.com — Jumlah gempa susulan pascagempa besar berkekuatan 7,6 skala Richter yang terjadi pada Rabu (30/9) di Sumatera Barat (Sumbar) hingga Senin (5/10) pagi sudah terjadi 582 kal

Isu Penjarahan Merebak di Kampung China, Warga Bangun Pagar
Padang - Isu penjarahan mulai merebak di Kampung China, Padang, Sumatera Barat, setelah gempa 7,6 Skala Richter (SR). Sejumlah alat elektronik hilang saat warga meninggalkan rumah.

Gempa Sangat Besar Mengancam Indonesia Beberapa Dekade ke Depan
Jakarta - Indonesia diprediksi akan kembali dilanda gempa yang lebih dahsyat dibanding gempa Sumbar 30 September. Hal ini dikarenakan dua lempeng tektonik yang berada di bawah Pulau Sumatera masih terus melakukan penyesuaian.

AS Kirim Bantuan Jutaan Dollar ke Padang
washington - Bantuan demi bantuan mulai dikirimkan oleh negara tetangga. Tidak terkecuali AS. Melalui pesawat dan kapal laut, AS mengirimkan bantuan jutaan dolar untuk menolong korban gempa bumi di Padang.
Seperti dilansir AFP, Selasa (6/10/2009), juru bicara Departemen dalam negeri AS, Ian Kelly menyatakan terdapat sekitar 45 ribu Kg sumbangan dari US Agency for International Development. "Ini mencakup plastik, kotak obat-obatan, genset, dan ini semua akan didistribusikan melalui Palang Merah," ujar Kelly.

MUI Sumbar Setujui Kuburan Massal di 3 Dusun
Padang - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat mengeluarkan fatwa yang memperbolehkan 3 dusun di Padang Pariaman untuk dijadikan kuburan massal. Fatwa ini dikeluarkan karena proses evakuasi jenazah sudah tidak memungkinkan lagi.
Selain fatwa tentang kuburan massal, MUI juga mengeluarkan fatwa haram bagi kesempatan mencari untung di tengah kesulitan warga, misalnya menjual barang-barang kebutuhan warga dengan harga sangat tinggi.

Jalur Padang-Bengkulu Putus

Prioritaskan Pemulihan Fisik dan Psikis Anak
JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah dan badan kemanusiaan lainnya diminta untuk memprioritaskan pemulihan fisik dan psikososial ribuan anak di daerah bencana. Kebutuhan penting bagi anak-anak yang mencakup air bersih, ketersediaan tempat yang aman untuk bermain, dan tempat untuk mulai belajar lagi harus dijamin.

Pulihkan Sumbar, Pemerintah Bentuk BRR
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah segera membentuk badan khusus untuk tahap rehabilitasi dan rekonstruksi (BRR) guna memulihkan keadaan di Sumatera Barat sebagai dampak gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter (SR) pada 30 September 2009.

Isi Avtur di Batam, Pesawat Asing yang Bawa Bantuan Tak Dapat Diskon Parkir
Biaya parkir sewa pesawat tetap ditagih seperti biasa, dan tanpa potongan harga walaupun pesawat-pesawat itu dalam kaitan misi kemanusian untuk Indonesia. "Belum ada surat dari Jakarta yang menginstruksikan pembebasan bea parkir pesawat seperti tahun 2005, sewaktu bencana di Aceh," katanya.

Waspadai Penyakit Pascagempa
JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah lokasi di Kota Padang disemprot disinfektan agar tidak terjadi penyebaran penyakit pascagempa. Belum semua korban berhasil dikeluarkan dari puing-puing bangunan. Runtuhan dan bau tidak sedap menyebar menarik binatang-binatang yang berpotensi menyebarkan penyakit seperti lalat atau nyamuk.

Infrastruktur Rusak, PDAM Padang Butuh 50 Unit Mobil Tanki Air Bersih

Australia Bantu Pulihkan Suplai Air Bersih di Lokasi Bencana
MELBOURNE, KOMPAS.com — Pemerintah Australia sedang melihat apa yang dapat dilakukan untuk membantu memulihkan suplai air bersih di Padang.
Pemerintah Australia telah berkomitmen menyediakan 3 juta dollar AS untuk membantu pemulihan itu. Sekretaris Parlemen Federal untuk Masalah Internasional Bob McMullan, seperti dikutip ABC, Senin (5/10), mengatakan, jumlah itu kemungkinan bertambah.

Tim Medis Angkatan Bersenjata Singapura Bantu Korban Gempa Sumbar

Warga Curigai Bantuan Ditumpuk di Rumah Penduduk
KERINCI, KOMPAS.com-Sejumlah warga dari beberapa beberapa desa yang terkena gempa dalam Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi, mencurigai, bantuan sembako ditumpuk pada salah satu rumah warga dan bukan di gudang kecamatan.

TNI Siapkan 8 KRI ke Padang

Jerman Kirim 24 Anggota Tim Medis ke Sumbar

No comments:

Post a Comment