Tuesday, December 29, 2009

Habiburrahman El Shirazy di Masjid Pasaraya Blok M


Acara Majelis Reboan Bincang Bermakna

Menghadirkan:

Habiburrahman El Shirazy

(Penulis Ayat2 Cinta, dll.)

Tema : “Kesenian Islam”

Hari Rabu, 30 Desember 2009

Jam 10.30 s/d dzuhur

Di Masjid Al Latief Gdg Pasaraya Lt 5, Blok M. Jakarta

Saturday, December 26, 2009

Hati-Hati Terhadap Sekolah Swasta Bilingual

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Beberapa hari yang lalu, saya bertemu dengan seorang teman yang kerja di sebuah kursus bahasa Inggris. Dia ceritakan kepada saya bahwa ada rekan kerja yang membuat sebuah program bahasa Inggris yang sangat sederhana. Tujuan dari program itu adalah untuk memberi petunjuk kepada para guru SD Negeri (yang tidak bisa berbahasa Inggris sama sekali) tentang bahasa yang bisa mereka gunakan di dalam kelas saat memberikan perintah kepada siswa.

Tingkat bahasa sangat sederhana dan hanya merupakan perintah baku yang kemungkinan besar bisa digunakan oleh para guru SD. Misalnya, “Stand up”, “Sit down”, “Stop talking”, “Open your books”, dan sebagainya. Mungkin program seperti ini yang mengajarkan frase-frase baku bisa sangat bermanfaat untuk guru SD Negeri yang tidak bisa berbahasa Inggris. Kalimat yang sangat sederhana seperti itu hanya perlu dihafalkan saja dan diucapkan di kelas. Tetapi mereka tidak akan bisa mengajar dalam bahasa Inggris, dan kemampuan mereka hanya sebatas perintahkan anak begitu saja.

PBNU Menyatakan Hukumnya Infotainment Haram


PBNU : Hukumnya Haram, Hentikan Tayangan Infotainment Ghibah
Jumat, 25/12/2009 16:29 WIB
Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menegaskan bahwa tayangan infotainment ghibah atau gosip hukumnya haram. Fatwa haram tersebut berdasarkan hasil Musyawarah Alim Ulama NU di Surabaya, juli 2006 lalu. Karena itulah, PBNU mendesak tayangan infotainment gosip segera dihentikan. Sebab, pemberitan yang mengobral masalah pribadi dan keluarga orang bisa berdampak buruk bagi masyarakat.

Wednesday, December 23, 2009

2,3 Juta Anak Jadi Korban Kekerasan

Senin, 21 Desember 2009 | 05:36 WIB
YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Sedikitnya 2,3 juta anak dan 2,27 juta perempuan di berbagai daerah pernah menjadi korban kekerasan. Pelaku kekerasan berlaku umum, tidak memiliki relevansi dengan tingkat pendidikan, pekerjaan, dan penghasilan.
”Pelaku kekerasan tidak ada kaitannya pula dengan status sosial, agama dan keyakinan, serta suku bangsa, etnis, atau ras,” kata Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Amalia Sari saat membuka sarasehan Kebijakan Perlindungan Perempuan dari Tindak Kekerasan dan Permasalahan Sosial di Yogyakarta, Sabtu (19/12).

Tuesday, December 22, 2009

Menggunakan Tasbih

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Ada teman yang kirim email ke saya yang menjelaskan hukum menggunakan tasbih. Dalam artikel itu, dijelaskan bahwa mayoritas dari ulama membolehkan kita untuk menggunakan tasbih untuk berdzikir. Tetapi ada juga pendapat minoritas yang melarang, dengan penjelasan tidak ada contoh dari Nabi SAW. Berikut ini adalah komentar saya.

Insya Allah ini suatu perkara yang sederhana: orang yang suka pegang tasbih akan berdzikir lebih banyak atau lebih sedikit kalau tasbihnya tidak ada? Artinya, kalau dia hanya menggunakan jari (atau baca di dalam hati saja tanpa gerakkan jari) apakah dia lebih banyak berdzikir atau lebih sedikit?

Sunday, December 20, 2009

Seringkali Kita Meminta Melalui Ibadah yang Tergesa-gesa

Tarbawi Edisi 217
Oleh: Ustadz Sulthan Hadi

Sebuah sifat yang melahirkan keadaan jiwa yang tertekan dan emosi yang meluap, yang pengaruhnya bisa membunuh seseorang, yang akibatnya bisa membuat orang bercerai, yang bahayanya adalah keputusasaan, yang fenomenanya adalah berhentinya seseorang dari berdoa, dan hasil akhirnya adalah kefuturan. Sifat itu tidak lain adalah ketergesa-gesaan.

Sungguh, sifat ini adalah bagian dari fitrah penciptaan manusia. Akan tetapi kita diwanti-wanti dan diperintah untuk menjauhinya. Allah swt berfirman, "Manusia telah dijadikan (bertabiat) tergesa-gesa. Kelak akan Aku perlihatkan kepadamu tanda-tanda azab- Ku." (QS. Al Anbiya': 37)

Tergesa-gesa adalah sifat manusia yang hendak mendahului takdir, kecuali jika ia menjaga hubungannya dengan Allah swt, maka Dia akan mengokohkan pendiriannya, memberinya ketenangan, dan membuatnya selalu menyandarkan segala urusan kepada-Nya, sehingga ia ridha, berserah diri dan tidak tergesa-gesa.

Thursday, December 17, 2009

Pencuri 5 Batang Jagung Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Kata wartawan, Soeharto berhasil merampas harta yang banyak dari Indonesia, sampai milyaran dolar, yang disimpan di luar negeri. Lalu ada kasus BLBI. Dan banyak sekali kasus lain di mana orang kaya berhasil mencuri uang negara tanpa sangsi.
Orang kaya bisa merampas harta negara (baik dalam bentuk uang tunai, kayu, emas, dll.) dan berkuasa terus, lalu mengubah diri menjadi politikus, pendukung partai, pejabat, dan tetap kaya raya. Tidak akan ada yang berani bertanya kepada mereka “Dari mana harta kamu?”
Tetapi orang kecil yang mencuri beberapa buah kakao, jagung, dll. langsung ditangkap, ditahan sebulan atau lebih, lalu diancam dengan hukuman 5 tahun penjara karena mencuri barang senilai 10.000 rupiah.
Sungguh sulit dipahami negara ini.

Wednesday, December 16, 2009

Coba Trik Sulap Limbad, Heri Meninggal

nak2 harus selalu diberi pengertian dari orang tua bahwa apa saja yang mereka lihat di tivi tidak boleh langsung ditiru. Dan kalau ada suatu trik atau kegiatan yang mau ditiru dari tivi, lebih baik orang tua mendampingi terus dan memantau apa yang dilakukan oleh anaknya. Jangan sampai anak merasa bebas meniru apa yang mereka lihat di tivi, yang dilakukan oleh aktor atau pesulap profesional.

Wassalam.,
Gene

Coba Trik Sulap Limbad, Heri Meninggal

Rabu, 16 Desember 2009 | 07:23 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Kematian Heri Setiawan (12) diduga karena keingintahuannya mempraktikkan trik sulap dari Limbad, tokoh favoritnya di tayangan televisi. Bocah yang ditemukan meninggal tergantung di ranjang tingkat itu tidak pernah melewatkan acara sulap Limbad dan selalu menirukan atraksi sulap di rumah.

Anak Bermasalah Jangan Langsung Dipenjarakan

Rabu, 16 Desember 2009 pukul 08:51:00
JAKARTA -- Anak yang berhadapan dengan hukum (ABH) harus diperlakukan secara berbeda dengan orang dewasa. ABH jangan serta merta dipenjarakan meski tersangkut masalah hukum. Demikian disampaikan Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri di Jakarta, Selasa (15/12).

Kerupuk Kulit

By Republika Newsroom
Selasa, 16 Desember 2008 pukul 15:04:00

Pernahkah terbayang, dari mana kerupuk kulit itu berasal? Halalkah makanan digoreng yang gurih itu?

Kerupuk kulit memang sudah menjadi bagian yang sulit dipisahkan dari lidah konsumen orang Indonesia. Penggemarnya sangat banyak, yang berasal dari berbagai kalangan. Kerupuk yang gurih dan renyah inipun cocok dipasangkan dengan makanan apa saja. Ia bisa menemani soto, baso, nasi padang, bubur ayam, dan berbagai jenis masakan lainnya. Bahkan dimakan sendirian pun enak juga.

Alas Bermain dari Pasir Paling Aman untuk Anak-anak


Sayang sekali tidak ada cukup banyak taman untuk anak2 di Jakarta. Tempat main anak yang ada seringkali dalam keadaan rusak dan kotor, tanpa ada yang peduli padanya sama sekali.

Saya merasa kasihan sekali pada anak di Jakarta yang tidak punya taman main seperti yang ada di negara2 lain.
Wassalam,
Gene

Alas Bermain dari Pasir Paling Aman untuk Anak-anak
Selasa, 15/12/2009 15:30 WIB
Vera Farah Bararah - detikHealth
Toronto, Tempat bermain yang menggunakan alas dari pasir paling aman untuk aktivitas anak-anak dibandingkan dengan alas bermian dari kayu dan karet. Risiko patah tulang jadi lebih kecil.

Monday, December 14, 2009

Saturday, December 12, 2009

Hasil Kegiatan Amal: Dua Juta Untuk Beli Mesin Jahit

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Setelah membuat post ini untuk teman2, (Kesempatan Beramal: Mencari Dua Juta Untuk Beli Mesin Jahit) ada banyak orang yang menawarkan bantuan.
Setelah sudah terkumpul 2 juta dari beberapa orang, masih ada yang menawarkan lagi, atau ngecek kalau 2 juta itu sudah ada. Alhamdulillah, akhirnya sudah terkumpul 2,5 juta dan sudah diserahkan.
Selain itu, satu teman juga berikan mesin jahit bekas, tetapi sudah cukup tua dan karatan, jadi masih harus diservis dan belum tahu kalau bisa dipakai.

Ibu yang menerima semua bantuan tersebut sangat bersyukur kepada Allah dan sangat berterima kasih kepada semua teman yang bersedia membantunya. Insya Allah dalam waktu dekat dia akan berhasil mendirikan bisnis kecil di rumah sebagai tukang jahit.

Terima kasih atas partisipasinya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene

Wednesday, December 09, 2009

Kaya dan Miskin: Kenapa Indonesia Harus Begini?

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Minggu kemarin ada dua buah berita yang membuat saya berfikir banyak. Kenapa Indonesia (dan banyak negara lain) harus menjadi begini? Ke mana perasaan kepedulian sosial sebagai manusia yang hidup bersama di bumi yang satu ini? Kita semua diciptakan oleh Tuhan yang sama, dan ada yang dikasih lebih, ada yang dikasih kurang. Kedua keadaan tersebut merupakan cobaan bagi kita. Yang dapat lebih, apakah bisa bersyukur kepada Allah dan memperhatikan saudaranya yang lebih miskin? Yang dikasih kurang, apakah bisa bertahan dan tetap bersyukur, tanpa putus asa, tanpa melakukan hal-hal yang diharamkan untuk bertahan hidup?

Rp 2 M Dianggarkan Untuk Permak Air Mancur HI

Sudah dengar berita ini? Dua milyar untuk renovasi sebuah air mancur. Untung sekali tidak ada orang miskin di Jakarta yang lebih membutuhkan uang tersebut. Warga Jakarta sudah kaya semua: tidak ada yang lapar, tidak ada anak yang putus sekolah dan menjadi pemulung, tidak ada yang menderita dari penyakit tanpa ada uang untuk berobat, tidak ada yang pengangguran…. Pemda bisa habiskan uang rakyat yang cukup banyak untuk urusan air mancur karena masyarakat tidak membutuhkan uang tersebut.
Alhamdulillah kita sudah kaya semua!

Mempertanyakan Efektivitas Sertifikasi Guru

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Dari awalnya saya sudah mengatakan kepada semua teman saya yang peduli pada pendidikan bahwa proses sertifikasi guru ini adalah tindakan yang tidak tepat dan tidak akan membawa hasil dengan cepat. Terus-terusan ada berita tentang guru yang merekayasa bukti pelatihan dan seminar supaya bisa lulus proses sertifikasi. Yang dibutuhkan adalah pelatihan, bukan sertifikasi.

Akan jauh lebih efektif bila pemerintah mendirikan pusat pelatihan guru di setiap propinsi untuk melatih kembali 3 juta guru di Indonesia. Selain dari itu, pemerintah bisa memberikan dukungan penuh kepada Klub Guru yang sudah bertindak sendiri untuk melatihkan para guru secara bertahap. (Klub Guru didirikan oleh guru2 senior untuk melatihkan para guru junior).

Friday, December 04, 2009

Dilaporkan Mencuri Pisang, Seorang Kakek Dipenjara

Luar biasa Polisi di negara ini.
Kata Anggodo: “Untung gue hanya main sogok-menyogok dan bukan mencuri pisang! Penyogok nggak bakalan ditangkap deh. Hehehe… Makasih pak Polisi!”

Dilaporkan Mencuri Pisang, Seorang Kakek Dipenjara

By Republika Newsroom
Jumat, 04 Desember 2009 pukul 16:25:00
SLEMAN--Klijo Sumarto, seorang kakek berusia 76 tahun, warga Jering, Sidorejo Godean, Kabupaten Sleman, sejak Kamis (3/12) lalu harus berurusan dengan polisi dari Polsek Godean, Sleman. Boleh dikatakan, kasus yang menimpa Klijo ini mirip kasus Minah, seorang nenek berusia 65 tahun di Banyumas, yang diadili gara-gara mencuri kakao seharga Rp 3.000.

Thursday, December 03, 2009

Sudah Berapa Banyak Orang Dibunuh Oleh Busway?

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Beberapa minggu yang lalu, saya baca sebuah artikel di berita yang membuat saya kaget. Dengan sikap yang enteng dan tanpa kesan bahwa itu berita luar biasa, dinyatakan bahwa sekian banyak orang sudah mati dan sekian puluh telah luka-luka di jalur Busway! Saya jadi berfikir: Sudah berapa banyak orang ditabrak, dilindas dan dibunuh oleh Busway sejak mulai beroperasi? Dan berapa banyak lagi yang luka-luka ataupun mati setelah menabrak pembatas busway di tengah jalan (terutama orang yang naik motor)?

Sepertinya sudah ada ratusan (atau ribuan?) kasus. Saya sudah berusaha mencari statistiknya berkatian dengan kecelakaan Busway di internet tetapi tidak ditemukan. Yang ada hanya statistik untuk sekian bulan, atau satu tahun saja (misalnya, belasan mati, puluhan luka-luka dalam jangka waktu sekian bulan). Tetapi saya masih belum menemukan situs yang mengungkapkan jumlah total korban Busway (baik yang mati maupun yang luka-luka) sejak Busway mulai beroperasi pada Januari 2004 sampai dengan sekarang. Dan juga tidak ada statistik tentang berapa banyak orang yang telah jatuh hanya karena menabrak pembatas busway saja, tanpa dilindas atau ditabrak oleh bisnya.

Lebih Baik Melarang Anak Muda Nonton Film “Cin(T)a”

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Hati-hati dengan film baru “CinTa”. Film tersebut terang-terang menjual pluralisme agama (dengan arti semua agama sama), di mana wanita yang Muslim jatuh cinta dengan orang Cina yang Kristen. Di dalam trailer saja, kelihatan sekali bahwa niat dan tujuan dari film ini adalah untuk posisikan “cinta” di atas agama. Jadi, pesannya, kalau anda jatuh cinta dengan orang non-Muslim, maka agama yang perlu dipersoalkan, dan bukan perasaan “cinta” tersebut. Allah dan Islam yang salah, dan bukan perasaan “cinta” terhadap orang non-Muslim.

Wednesday, December 02, 2009

Lihat Permukaan Planet Mars

Mau pindah rumah? Mau cari lokasi yang masih sepi dan belum banyak orang tinggal di sana?

Coba pindah ke sini: MARS. (hehehe…). Dijamin masih ada kavling.

Martian landscapes

Photos from “The Big Picture” at Boston.com.

Tuesday, December 01, 2009

Guru-guru Lari Telanjang di Pasar Biar Bisa Naik Pangkat

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Untung ini terjadi di Indonesia dan bukan di Amerika. Kalau terjadi di negara barat, video dari empat guru yang lari telanjang di pasar itu pasti di-upload ke You Tube dan Facebook untuk selama-lamanya (karena hampir semua orang di pinggir jalan punya HP yang bisa merekam video sekarang).

Setelah banyak guru terima telfon gelap, yang tawarkan kenaikan pangkat kalau mereka mau lari telanjang keliling pasar, maka saya kira hanya ada satu hal yang patut dibicarakan: paling sedikit ada empat guru (dan mungkin lebih, yang belum sempat melakukannya) yang begitu "putus asa" untuk naik pangkat, mereka bersedia melakukan hal2 yang gila (lari telanjang keliling pasar) untuk mendapatkan tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi untuk keluarganya!!!

Kesempatan Beramal: Mencari Dua Juta Untuk Beli Mesin Jahit


Assalamu'alaikum wr.wb.,

Ada seorang Ibu yang sudah lama saya kenal. Dulu dia kerja di keluarga teman saya selama beberapa tahun. Sekarang dia sudah menikah dan punya anak (jadi tidak kerja lagi). Saya sudah lama punya rencana beli mesin jahit bagi dia, untuk bantu meningkatkan kesejahteraan dia. Ibu itu bisa menjahit dan kalau ada mesin jahit, dia bisa kerja di rumah dan dapat pemasukan tambahan (suaminya hanya tukang becak).

Sayangnya, uang saya terbatas sekali sekarang karena sedang tidak kerja (tidak bergaji), jadi saya ingin minta bantuan kepada teman2 yang ingin beramal. Saya mau cari total 2 juta rupiah supaya dia bisa beli mesin jahit, dan perlengkapan lain untuk membangun sebuah bisnis kecil di rumah. (Saya hanya bisa kasih beberapa ratus ribu, dan sisanya dibutuhkan dari teman-teman yang mau beramal). Ibu itu dan suaminya orang baik jadi dan rajin shalat, jadi saya senang bila bisa membantunya.

Bagi yang mau membantu, silahkan kirim email kepada saya (genenetto [at] gmail.com) dan saya akan balas dengan nomor rekening BCA saya, untuk terima transfer (kirim sms juga bisa). Terima kasih kalau ada yang mau bantu.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene