Tuesday, April 06, 2010

Hari Kiamat dan Hisab

Berapa banyak yang sudah nampak di dunia ini ya?

Hari Kiamat dan Hisab

1. Seorang Arab Badui bertanya, "Kapankah tibanya kiamat?" Nabi Saw lalu menjawab, "Apabila amanah diabaikan maka tunggulah kiamat." Orang itu bertanya lagi, "Bagaimana hilangnya amanat itu, ya Rasulullah?" Nabi Saw menjawab, "Apabila perkara (urusan) diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat." (HR. Bukhari)

2. Mendekati kiamat akan terjadi fitnah-fitnah seolah-olah kepingan-kepingan malam yang gelap-gulita. Seorang yang pagi hari beriman maka pada sore harinya menjadi kafir, dan orang yang pada sore harinya beriman maka pada pagi harinya menjadi kafir, dia menjual agamanya dengan (imbalan) harta-benda dunia. (HR. Abu Dawud)

3. Belum terjadi kiamat sehingga orang-orang dari umatku kembali menyembah berhala-berhala selain Allah. (HR. Abu Dawud)

4. Belum terjadi kiamat sebelum seorang yang melewati kuburan berkata, "Alangkah baiknya sekiranya aku di tempat orang ini." (Maksudnya, dia ingin mati dan tidak ingin hidup karena beban berat yang selalu dihadapinya). (HR Bukhari)

5. Belum akan terjadi kiamat sehingga anak selalu menjengkelkan kedua orang tuanya, banjir di musim kemarau, kaum penjahat melimpah, orang-orang terhormat (mulia) menjadi langka, anak-anak muda berani menentang orang tua serta orang jahat dan hina berani melawan yang terhormat dan mulia. (HR. Asysyihaab).

6. Belum akan kiamat sehingga tidak ada lagi di muka bumi orang yang menyebut : "Allah, Allah." (HR. Muslim)

7. Belum akan datang kiamat sehingga seorang membunuh tetangganya, saudaranya dan ayahnya. (HR. Bukhari)

8. Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba membangun dan memperindah masjid-masjid. (HR. Abu Dawud)

9. Di antara tanda-tanda kiamat ialah ilmu terangkat, kebodohan menjadi dominan, arak menjadi minuman biasa, zina dilakukan terang-terangan, wanita berlipat banyak, dan laki-laki berkurang sehingga lima puluh orang wanita berbanding seorang pria. (HR. Bukhari)

10. Belum akan datang kiamat sehingga manusia berlomba-lomba dengan bangunan-bangunan yang megah. (HR. Bukhari)

11. Belum akan tiba kiamat sehingga merajalela 'Alharju'. Para sahabat lalu bertanya, "Apa itu 'Alharju', ya Rasulullah?" Lalu beliau menjawab,"Pembunuhan... pembunuhan..." (HR. Ahmad)

12. Belum akan tiba kiamat melainkan matahari akan terbit dari Barat. Jika terbit dari Barat maka seluruh umat manusia akan beriman. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri yang belum beriman sebelum itu, atau dia belum mengusahakan kebaikan dalam masa imannya." (HR. Bukhari dan Muslim)

13. Belum akan tiba kiamat sehingga harta banyak dan melimpah, dan orang ke luar membawa zakat hartanya tetapi tidak ada yang mau menerimanya, dan negeri-negeri Arab kembali menjadi rerumputan hijau dengan sungai-sungai mengalir. (HR. Muslim)

14. Tibanya kiamat atas makhluk-makhluk yang jahat. (HR. Muslim)

Penjelasan:
Artinya : Saat kiamat tiba, tidak ada lagi orang yang beriman. Jadi yang ditimpa azab kiamat ialah orang-orang yang jahat.

15. Saat akan tiba kiamat, jaman saling mendekat. Satu tahun seperti sebulan, sebulan seperti seminggu, seminggu seperti sehari, sehari seperti satu jam dan satu jam seperti menyalakan kayu dengan api. (HR. Tirmidzi)

Penjelasan:
Jika kiamat tiba maka rotasi bumi makin cepat. Kalau rotasi sekarang 1000 mil per jam, maka dapat diperkirakan pada hari kiamat tujuh kali atau dua belas kali bahkan lebih.

16. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggaman-Nya. Tiada tiba kiamat melainkan telah merata dan merajalela dengan terang-terangan segala perbuatan mesum dan keji, pemutusan hubungan kekeluargaan, beretika (berakhlak) buruk dengan tetangga, orang yang jujur (amanat) dituduh berkhianat, dan orang yang khianat diberi amanat (dipercaya). (HR. Al Hakim)

17. Belum akan tiba kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan orang-orang Yahudi. Kaum muslimin membunuh mereka dan mereka bersembunyi di balik batu dan pohon-pohonan. Lalu batu dan pohon-pohon berkata, "Wahai kaum muslimin, wahai hamba Allah, ini orang Yahudi di belakang saya. Mari bunuhlah dia." Kecuali pohon "Gharqad" yang tumbuh di Baitil Maqdis. Itu adalah pohon orang-orang Yahudi. (HR. Ahmad)

18. Orang-orang ahli (Laailaaha illallah) tidak akan mengalami kesepian tatkala wafat, saat di kuburan dan ketika dibangkitkan. Seolah-olah aku melihat mereka ketika dibangkitkan (pada tiupan sangkakala yang kedua). Mereka sedang menyingkirkan tanah (pasir) dari kepala mereka seraya berkata, "Alhamdulillah, yang telah menghilangkan duka-cita dari kami." (HR. Abu Ya'la)

19. Kamu akan dibangkitkan pada hari kiamat tanpa sandal, telanjang bulat dan tidak dikhitan. Aisyah bertanya, "Ya Rasulullah, laki-laki dan perempuan saling melihat (aurat) yang lain?" Nabi Saw menjawab, "Pada saat itu segala urusan sangat dahsyat sehingga orang tidak memperhatikan (mengindahkan) hal itu." (Mutafaq'alaih)

20. Didatangkan kebaikan-kebaikan (pahala) dan kejahatan-kejahatan (dosa) seorang hamba, lalu saling mengikis dan bila masih tersisa kebaikan (pahala) itu Allah akan melapangkannya untuk masuk surga. (HR. Bukhari)

21. Seorang anak Adam sebelum menggerakkan kakinya pada hari kiamat akan ditanya tentang lima perkara: (1) Tentang umurnya, untuk apa dihabiskannya; (2) Tentang masa mudanya, apa yang telah dilakukannya; (3) Tentang hartanya, dari sumber mana dia peroleh dan (4) dalam hal apa dia membelanjakannya; (5) dan tentang ilmunya, mana yang dia amalkan. (HR. Ahmad)

22. Amal seseorang tidak dapat menyelamatkannya. Seorang sahabat lantas bertanya tentang sabda tersebut, "Termasuk engkau juga, ya Rasulullah?" Rasulullah lalu menjawab, "Ya, aku juga, kecuali dikarunia Allah dengan rahmat-Nya. Walaupun demikian kamu harus berbuat yang benar (baik)." (HR. Bukhari dan Muslim)

23. Yang pertama diadili antara manusia pada hari kiamat ialah kasus pembunuhan. (HR. Muslim)

Sumber: 1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) - Dr. Muhammad Faiz Almath - Gema Insani Press

Sumber: opi.110mb.com/haditsweb

6 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. semua yang tertulis di hadist2 tersebut banyak yang sudah menjadi kenyataan...., mulai dari zina terang2an dsb- lihat saja di tv,mereka berpakaian tapi seakan telanjang. punya anak diluar nikah aja bangga di lihat publik, mau kongres2 kaum sodom pula.., anak bunuh orangtua, kakek2 berbuat zina dengan anak dibawah umur dsb.., penyakit2 aneh, gempa bumi dasyat, terakhir yang di chili..katanya mengubah rotasi bumi jadi lebih cepat..???global warming termasuk tanda2nya juga.., alam yang tidak mulai bersahabat.., bisa jadi nanti tanah arab..hijau,subur dan indonesia jadi tandus kering kerontang..

    kita sendiri bisa membaca kejadian-kejadian dari hadist2 tersebut ..,
    ada yang bilang jaman sekarang, adalah jaman pertengahan bertemunya 2 jaman.-kembalinya jaman jahili..
    segala bentuk kebaikan, banyak dipertentangkan, dari poligami,haram-halalnya suatu barang
    yang salah dijadikan benar-'terbongkarnya kasus jahat para pemimpin'....yang memang jauh dari amanah, ada yang menyuarakan kebenaran di fitnah habis2an...
    semuanya terpapar dengan jelas..semua pertanda itu..., semua kebenaran dalam islam.
    Tanda akhir jaman-
    dajjal-,isya, perang dengan yahudi..hanya tinggal menunggu timingnya saja.., karena saya yakin, mengimanai datangnya hari akhir.
    -Perang dengan yahudi- semenjak selesainya perang dunia ke2 dan para yahudi yang dilindungin sebuah perjanjian di inggris menduduki tanah palestine, untuk berkumpul kembali setelah mereka hidup terpecah di seluruh dunia, itu juga kan tanda kiamat..bahwa muslim akan memerangi yahudi, Alloh menakdirkan mereka dikumpulkan kembali..,
    sekarang masih 'pemanasan' itu saja sudah bikin 'panas' seluruh ummat islam dan dunia..seperti terakhir 'tragedi gaza'...

    Terimakasih untuk kumpulan hadisnya, boleh di copykan:)

    ReplyDelete
  3. ikutan numpang copas ..
    "sampaikan walau satu ayat"

    ReplyDelete
  4. Assalamu'alaikum wr wb

    sekedar sharing...

    Sabda Rasul
    “ Saat aku dinobatkan menjadi Nabi, jarak antara diriku dan kiamat adalah seperti ini ( memberi isyarat dengan menegakkan jari telunjuk dan jari tengah beliau ) “

    Q.S Al Qomar : 1
    “ Sungguh, telah dekat hari kiamat dan bulanpun terbelah “

    ***

    Dalam sebuah wawancara seorang presenter Inggris dengan 3 orang antariksawan Amerika yang mengadakan perjalanan ke bulan dengan biaya 100 juta dollar.Presenter itu pun bertanya, "Hakikat apa yang kalian
    telah capai hingga demikian mahal taruhannya?" Mereka menjawab, "
    Ternyata bulan pernah mengalami pembelahan di suatu hari dahulu kala,
    kemudian menyatu kembali! , ketiga orang antariksawan AS berkesimpulan sepulangnya dari bulan bahwa " Kami mendapati secara pasti dari batu2-an yang terpisah (katrena) terpotong di permukaan bulan sampai di dalam (perut) bulan. Kami meminta para pakar geologi untuk menelitinya, dan mereka mengatakan, " Hal ini tidak mungkin terjadi kecuali jika memang bulan pernah terbelah lalu bersatu kembali! "
    Seorang penonton acara tsb mengatakan “ Allah benar2 telah meng-olok2 AS untuk mengeluarkan dana yang begitu besar, hingga 100 juta dollar, hanya untuk menetapkan akan kebenaran muslimin! “


    Ternyata untuk orang beriman harga hidayah hanya butuh keimanan, sedangkan untuk orang kafir membuktikan janji Allah perlu ratusan juta dollar, kalau saja mereka mau mengimani al Qur’an biaya ratusan juta dollar itu bisa untuk makan fakir miskin berapa tahun ? Dan tidak perlu terbang jauh-jauh ke bulankan ? Banyak lagi cerita tentang keajaiban alam yang terkuak sebagai bukti kebenaran, peringatan dan janji Allah.Dan akhir2 ini satu persatu telah Allah perlihatkan.Tapi fenomena keimanan, kefasikan dan kekafiran tetap saja akan ada sampai akhir zaman.

    Saya pernah berpikir, enak juga orang2 yang hidup saat Rosul ada, banyak diperlihatkan secara langsung keajaiban dan bukti kekuasaan Allah dan bisa secara langsung pula bertanya, berkomunikasi dan beriman kepada Rosul.

    Ternyata tidak juga, contohnya saat bulan terbelah di langit Madinah sebagai bukti kemukjizatan Rosul dan kekuasaan Allah, saat itu bulan terbelah menjadi 2 bagian sehingga mereka bias melihat secara kasat mata 2 sisi bulan yang terpecah ( dalam hadits satu keping pecahan ada di depan gunung, satunya lagi ada dibalik gunung, demikian jauh jarak belahan bulan itu sehingga gunung Hira nampak berada diantara keduanya.Lalu berimankah semua orang yang menyaksikan kejadian tersebut ?? Ada yang bertambah keimanannya dan mengakui kekuasaan Allah dan mukjizat Rosul, sementara yang lainnya tetap kafir dan ingkar dengan mengatakan hal itu adalah sihir Nabi Muhammad!

    Lalu bagaimana manusia abad ini yang jauh dari Rosul tapi tetap dekat dengan fenomena keajaiban alam sebagai janji Allah saat menyaksikan fenomena2 tsb ? Yang beriman akan merasa bertambah dekat dan yakin akan kebenaran janji Allah, tapi sebagian akan tetap saja berdalih untuk mempertahankan kefasikan dan kekafirannya, di zaman Rosul mereka mengatakan mukjizat dan kekuasaan Allah itu sihir, nah kalau orang fasiq dan kafir sekarang mengatakan hal itu sekedar fenomena alam ansich tanpa mau mengakui dan membahasnya dari sisi keimanan, itulah saat akal dan teknologi dipertuhankan.

    Wallahua’lam bishshawab.

    ReplyDelete
  5. Dari mana dapat kisah 3 orang antariksawan Amerika yang mengadakan perjalanan ke bulan dan menyatakan bulan pecah?
    Kayanya kisah rekayasa deh.

    ReplyDelete
  6. Mungkin fokusnya bukan pada 3 antariksawan tsb tapi pada hasil foto mereka yang dilansir dan dipublikasikan oleh NASA , NASA sendiri memang tidak pernah secara resmi mengatakan guratan pada bulan itu adalah bekas atau tanda bulan yang pernah terpecah, NASA hanya menyebutnya sebagai ‘ lunar rille ‘ tapi para ahli geologi berpendapat bahwa tidak mungkin bulan tampak demikian kecuali pada suatu masa dahulu pernah terpecah lalu dipersatukan kembali, wallahua’lam.

    Dalam buku ensiklopedia ‘ Mukjizat Ilmiah Hadits Nabi ‘ yang ditulis oleh A. Syauqi Ibrahim, para astronom menandaskan bahwa ada 10 benda langit yang yang jaraknya tetap terhadap bintang diantaranya adalah matahari dan dan bulan.Semua satelit yang mengelilingi bintang tsb sangat mungkin bertabrakan atau mengalami gesekan dahsyat dan terbelah, seperti terbelahnya bulan di masa rasul, mungkin latar belakangnya saja yang berbeda.Pada masa rasul bulan terbelah karena ‘ sengaja ‘ dipecah oleh Allah untuk menunjukan kuasaNya kepada kafir yang meminta rasul menunjukan mukjizat, sedangkan secara penelitian dan observasi ilmiah, bulan dan planet lainnya bisa saja terbelah ( terpecah jadi 2 ) karena proses alami adanya gerak peredaran dan daya gravitasi yang bisa diteliti sebabnya.

    Terlepas dari kontroversi, suatu saat ilmu pengetahuan mampu membuktikan hal itu dengan teknologi ( asal kebenaran itu tidak disembunyikan oleh para pemilik teknologi ) yang ada, karena ukuran kebenaran al Qur’an bagi seorang muslim adalah keimanan sedangkan ilmu pengetahuan adalah penunjang yang akan semakin meyakinkan keimanan, kalaupun ilmu pengetahuan belum mampu mencapai dan menjelaskan secara kasat mata pastinya tidak akan mengurangi keyakinan keimanan seorang mukmin terhadap berita yang dibawa oleh al Qur’an. Betul, betul, betul!

    ReplyDelete