Thursday, January 28, 2010

Menkominfo: Siswa Jangan jadi Pecundang

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Sekali lagi, Bapak Menteri Tifatul Sembiring sudah mengeluarkan sebuah statemen yang kurang bijaksana. Coba disimak dulu:

*****
JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) Tifatul Sembiring menegaskan, program Ujian Nasional (UN) bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Karena itu, ia minta kepada seluruh siswa tidak bersikap manja dalam menghadapi UN tersebut. Menurut Tifatul, seharusnya siswa mempunyai mental petarung kompetitor agar bisa bersaing dengan dunia internasional.

KPK Temukan Penyimpangan DAK Pendidikan Rp 2,2 T

Tidak ada kesempatan korupsi yang dibiarkan lewat, tanpa ada yang turun tangan untuk sukseskan korupsi tersebut. Coba kalau para pejabat mengurus NEGARA dengan semangat yang sama....

********

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dugaan penyimpangan dalam sistem pengelolaan Dana Aiokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 2,2 triliun di bidang pendidikan. Temuan itu berdasarkan hasil kajian KPK saat melakukan pembahasan bersama jajaran Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dari hasil kajian, KPK mene­mukan ada tiga kelemahan dalam sistem pengelolaan DAK itu. "KPK menemukan beberapa kelemahan dalam sisitem pengelolaan DAK yang dialokasikan mencapai Rp 9,3 triliun untuk 451 kabupaten dan kota pada 2009," ungkap Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan M Jasin dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (15/1).
Dalam jumpa pers ini, hadir pula Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu Mardiyasmo, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas Suryanto, serta wakil Inspektorat Jenderal Kemendiknas Slamet Purnomo.

Tifatul: UN Bikin Tawuran Pelajar Turun Drastis

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Saya sungguh tidak paham statemen seperti ini. Apa memang ada hubungannya antar Ujian Nasional (UN) dan tawuran? Atau apakah itu merupakan asumsi saja, tanpa bukti? Fungsi dari UN apa? Apakah memang dibuat supaya turunkan frekuensi tawuran? Kalau tidak, kenapa harus dihubungkan? Kalau UN memang tidak baik secara akademis, dan juga tidak adil terhadap siswa yang belajar dalam kondisi tidak setara di seluruh tanah air, buat apa harus diteruskan? Kenapa pemerintah tidak cukup kreatif untuk membuat sistem yang lebih baik, adil dan berkualitas? Atau apakah pemerintah tidak mau direpotkan dengan kerja keras seperti itu?

Sepertinya Pak Tifatul Sembiring ini punya program 100 hari “bunuh diri secara politik”, dan kalau memang begitu tujuannya, sepertinya program tersebut akan berhasil.  Seharusnya seorang mantan presiden PKS berpihak pada “keadilan”, bukan pada “asal teruskan kebijakan pemerintah saja”.

Wednesday, January 27, 2010

Renovasi TMP Kalibata Telan Rp 23 Miliar

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Ada yang terasa aneh di negara ini. Untuk urusan yang tidak penting sekali, tidak darurat dan tidak utama, puluhan milyar rupiah bisa muncul, entah dari mana. Tetapi untuk urusan yang justru penting, darurat dan utama, sorry deh, tidak ada anggaran. Jangankan anggaran, kepedulian saja belum tentu ada.

Untuk air mancur bisa dicari puluhan milyar. Untuk pagar dan tanaman di Monas ada milyaran. Untuk mobil mewah bagi menteri dan pejabat lain, ada puluhan sampai ratusan milyar. Dan sekarang, untuk orang YANG SUDAH WAFAT ada juga puluhan milyar.

4 Pencuri 2 Kg Buah Kapuk Dituntut 1 Tahun Penjara

Kayanya berita seperti ini tidak akan berakhir. Setiap minggu atau setiap bulan ada lagi.
Kapan pemerintah akan berubah, dan mulai peduli pada rakyat kecil?
Semua orang kecil yang "melanggar hukum" bisa ditangkap dalam sekejap, ditahan oleh polisi sampai berbulan2 menunggu persidangan, tetapi para koruptor besar malah jarang ditangkap, apalagi diinvestigasi. Dan kalau seorang koruptor tahu polisi akan mencarinya, dia cukup lari ke Singapura...

4 Pencuri 2 Kg Buah Kapuk Dituntut 1 Tahun Penjara


Selasa, 26/01/2010 11:59 WIB
Dani Wisnu - detikNews
Batang - Sidang kasus pencurian buah randu (kapuk) dengan terdakwa Manisih, 2 anaknya serta seorang keponakannya, memasuki tahap penuntutan. Keempatnya dituntut 1 tahun penjara dengan 4 bulan masa percobaan. Tuntutan itu disampaikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Leli Meilinda dalam persidanga di Pengadilan Negeri (PN) Batang, Jl Jenderal Sudirman, Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/1/2010).

Mexico's Cave of Crystals

Ini sangat luar biasa. Coba nonton filmnya di BBC. Di dalam gua ini, yang ditemukan secara tidak sengaja, ada banyak kristal yang panjangnya mencapai puluhan meter. Subhanallah.

A rare glimpse of the cave of crystals


Mexico's Cave of Crystals stunned geologists when it was first discovered in 2000. The underground chamber contains some of the largest natural crystals ever found - some of the selenite structures have grown to more than 10m long. Professor Iain Stewart got a rare glimpse of the subterranean spectacle while filming for the new BBC series How the Earth Made Us.

Thursday, January 21, 2010

5 Milyar Bisa Hilang Lewat ATM. Kalau Disimpan Di BMT Bagaimana?

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Orang simpan uang dengan jumlah besar di bank komersial. Dia berharap uang itu bermanfaat bagi diri sendiri. Dan setiap kali dia mau beli barang mewah, dengan santai sekali dia ke ATM, tarik uang tunai sekian juta dan belanja. Mungkin untuk sebagian besar orang itu, tidak melintas di pikirannya bahwa ada lebih banyak orang di negara dan dunia ini yang tidak bisa menggunakan ATM karena mereka tidak punya uang yang cukup untuk membuka rekening (dan kalaupun ada, rekening mereka akan lebih sering kosong daripada penuh).

Wednesday, January 13, 2010

Polisi Syariah di Aceh Ditangkap Karena Diduga Memperkosa Tahanannya

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Artikel ini ada di halaman depan Jakarta Post hari ini (Rabu 13 Januari 2010). Saya baru saja cari berita yang sama di Detik.com, tidak ada. Di Kompas.com, tidak ada. Di Republika.co.id, tidak ada. Kenapa hal seperti ini tidak mau dilaporkan oleh media nasional? Seorang pewira polisi dikutip oleh Jakarta Post dan dia membenarkan bahwa Polisi sudah menangkap dua petugas “polisi Syariah” dan sedang mengejar satu lagi, karena dugaan mereka memperkosa seorang wanita setelah menahannya di Polsek Syariah.

Tuesday, January 12, 2010

Ruang Khusus Ayin, AC, Meja Kerja, Box Bayi

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Saya kira semua teman sudah dengar tentang ini sekarang, betul? Ada beberapa pertanyaan dan komentar saja:

1.    Kenapa baru ada penyelidikan sekarang? Apakah SBY baru menjadi Presiden 1 bulan yang lalu? Bukannya 5 tahun yang lalu sudah jadi Presiden? Kenapa bapak Presiden tidak tertarik untuk menyelidiki penyimpangan hukum dan Mafia Hukum dari 5 tahun yang lalu?
2.    Menhumkam selama 5 tahun pemerintahan SBY yang pertama kenapa tidak langsung diinvestigasi juga? Apakah mungkin dia tidak tahu tentang kondisi seperti ini? Dan kalau tidak tahu, apakah berarti dia tidak kompeten? Kenapa tidak langsung ditahan juga, dan rekening banknya diperiksa karena ada dugaan dia juga terlibat?

Monday, January 11, 2010

10 Ribu Mahasiswa Siap Kepung Istana 28 Januari

Situasi politik bisa menjadi panas sekali ladi di Indonesia kalau demo besar seperti ini terwujud.


10 Ribu Mahasiswa Siap Kepung Istana 28 Januari

Minggu, 10/01/2010 13:47 WIB
Amanda Ferdina - detikNews
Jakarta - Aliansi 30 kampus siap untuk menggelar aksi besar-besaran pada 28 Januari mendatang. Sebanyak 10 ribu mahasiswa akan mengepung Istana untuk menurunkan SBY-Boediono jika pemerintah tak juga menuntaskan skandal Bank Century. "Sekitar 10.000 orang yang nanti siap turun. Tanggal 28 Januari kita akan duduki Istana untuk turunkan paksa SBY-Boediono," ujar juru bicara mahasiswa, Anton Cornelo di Kampus STMIK Jayakarta Jl Salemba Raya, Jakarta, Minggu (10/1/2010).

Thursday, January 07, 2010

Tifatul: Mobil Baru Menteri Tak Mewah Banget

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Saya sedih membaca ini. Memang benar bahwa mobil tersebut adalah fasilitas negara. Tetapi kalau seandainya “negara” memberikan fasilitas Rolls Royce atau Bentley kepada setiap menteri dan pejabat2 senior yang lain, apakah hal itu berarti bahwa ini bisa dikategorikan “baik dan benar” dan oleh karena itu diterima saja? Memang bukan milik sendiri, tetapi apakah layak dengan kondisi bangsa seperti sekarang ini? Apalagi kalau di negara2 maju harga mobil dinas untuk menteri hanya beberapa ratus juta saja. Masa di Indonesia mobil dinas menteri lebih mewah lagi daripada mobil yang digunakan menteri di negara maju?

Wednesday, January 06, 2010

Sudahlah, GusDur tidak usah dijadikan Pahlawan Nasional segala...

Ini pendapat yang menarik, dari sebuah milis. Setelah saya baca dan pikirkan, memang terkesan agak aneh bila pada peringatan 1 tahun sejak Perang Gaza, Indonesia sebagai negara yang anti-penjajahan, dan punya penduduk Muslim yang mayoritas memberikan gelar “pahlawan” kepada seseorang yang malah mendukung Israel dan sudah menerima medali kehormatan dari Israel. Kalau nanti memang terjadi dan Gus Dur diberikan gelar Pahlawan, bagaimana rasanya korban penjajahan Israel di Gaza terhadap ummat Islam dan pemerintah di Indonesia?  Menarik juga untuk dipikirkan dari sisi korban Perang Gaza, dan bukan dari sisi pendukung fanatis Gus Dur saja. Silahkan baca.
Wassalam,
Gene

Anak Autis Banyak Lahir dari Orangtua Berpendidikan Tinggi

Rabu, 06/01/2010 08:50 WIB
Nurul Ulfah - detikHealth
California, Studi terkini menemukan anak autis banyak dilahirkan dari pasangan yang berpendidikan tinggi dan sudah tua. Peneliti menggunakan data sekitar 2,5 juta kelahiran di California selama 5 tahun. Dan ternyata ditemukan sekelompok anak autis pada daerah dimana rata-rata penduduknya berpendidikan tinggi. Orang tua anak-anak autis tersebut ternyata kebanyakan berlatar belakang pendidikan lebih tinggi (di atas S1) dibanding orang tua di daerah yang tidak terdapat anak autis.

Tuesday, January 05, 2010

Office Boy Mencari Pekerjaan

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Ada teman lama, yang dulu jadi Office Boy (OB) di tempat kerja aku dulu. Dia baru saja di-PHK karena tempat kerjanya “downsizing” (mengecil perusahaan, dan mem-PHK beberapa staf).
Insya Allah dia termasuk orang yang rajin kerja, baik akhlaknya dan juga rajin shalat.

Kalau ada yang perlu OB baru dan bisa membantu, silahkan hubungi Mas Jono langsung.

Nama :  Marjono (nama panggilan Jono)
Umur :  30an
Mencari pekerjaan sebagai :   Office Boy, operator fotokopi, staff General Affairs, dsb.
Pendidikan terakhir :  lulus SMA

Syarat lain: diutamakan pekerjaan di mana dia boleh menginap di tempat kerja tersebut.

Silahkan hubungi  Jono langsung di : HP 0813 14202352

(Kalau sulit untuk hubunginya, silahkan coba hubungi temannya, Mas Kino : HP 0813 87371557)

Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene

Saturday, January 02, 2010

Makam Gus Dur Sudah Dikultuskan? Begitu Aja Kok Repot!

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Tenyata sudah mulai terjadi: makam Gus Dur sudah menjadi tempat pengultusan dan syirik. Orang mengambil tanah dan bunga dari atasnya, dan membawanya pulang karena yakin akan mendapat berkah. Sudah hampir pasti hal ini akan terjadi, dan sepertinya menjadi bukti bahwa Gus Dur (sebagai salah satu pemimpin NU) tidak berhasil mendidik ummat Islam dengan baik, karena kebiasaan syirik seperti itu masih ada, dan malah mungkin akan menjadi lebih kuat sekarang. Sayang sekali ummat Islam tidak bisa dididik (oleh Kyai sekalipun) untuk tinggalkan syirik.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene

Five years since the Tsunami - Foto2 dari Big Picture

Foto2 dari Big Picture

Five years since the Tsunami

Beberapa foto dari Indonesia dan negara lain, berkaitan dengan Tsunami Aceh 2004. Di bawah beberapa foto (misalnya, nomor 4, 5, dan 6), ada teks  [click image to see it fade ]. Kalau klik pada foto2 tersebut, foto dari 2004 akan diganti dengan foto terbaru dari Desember 2009 (before and after).