Thursday, April 29, 2010

Mari Kita Memboikot Ujian Nasional (UN)

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Waktu saya tanya di milis klub guru dulu apakah guru Indonesia berani melakukan boikot terhadap Ujian Nasional (UN), hampir tidak ada yang menjawab, dan topik itu mati dalam sekejap. Sekarang, milis itu (dan milis pendidikan yang lain) menjadi penuh dengan komentar kontra berkaitan dengan UN dari para guru dan orang tua.

Bagaimana kalau kita menciptakan sebuah gerakan dari sekarang, untuk memboikot UN pada tahun depan? Semua guru bisa diajak ikut, dan orang tua juga diajak untuk sama-sama tidak mengikuti UN lagi. Apakah Presiden, Mendiknas dan Depdiknas bersedia menyatakan seluruh anak bangsa tidak lulus dari UN, tetapi UN akan tetap dilaksanakan setiap tahun?

Tuesday, April 27, 2010

Sekolah Selesai, Pelajar Mencoret-Coret Bajunya Lagi

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Setiap tahun, hal yang sama terulang lagi. Pelajar selesai sekolah, dan baju mereka dicoret-coret. Yang paling senang, pedagang cat semprot. Dan setelah selesai mencoret baju, celana, tas dan bahkan rambut teman, apakah mereka berhenti di situ juga? Apalagi yang akan mereka rusak dengan grafiti dalam perjalanan pulang, karena masih ada sisa cat semprot yang belum dipakai?

Kemarin saya lewat jembatan busway di Gatot Soebroto. Pada pegangan tangan di pinggir tangga, ada puluhan, atau mungkin ratusan nama dari anak2 selolah yang dicoret ke mana-mana dengan spidol. Mungkin mereka anggap itu boleh2 saja, karena setiap tahun dibiasakan melakukan hal yang sama terhadap bajunya.

Monday, April 26, 2010

AZIMAH BEJI RESIDENCES

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Teman saya sedang membangun kompleks perumahan kecil di Depok.
Kalau ada yang berminat, silahkan baca attachment dan hubungi mereka langsung.
Semoga bermanfaat,
Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene


AZIMAH BEJI RESIDENCES


Modern Living in Natural Harmony

Type Delima (45), Type Ruby (58)

Friday, April 23, 2010

Audio slideshow: Hubble Telescope's first 20 years

Subhanallah. Mau lihat alam semesta yang diciptakan Allah SWT? Lihat beberapa gambar dari Hubble telescope. Penjelasan dalam bahasa Inggris dari seorang Astronom yang terlibat dalam proyek Hubble.

Audio slideshow: Hubble's first 20 years

Thursday, April 22, 2010

Mujizat Muhammad SAW di Wikipedia

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Saya sedang menulis bagian baru untuk buku saya, yang membahas konsep mujizat, dan juga mujizat yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Untuk itu, saya mencari situs2 di internet yang menjelaskan beberapa mujizat yang dilakukan oleh Nabi SAW.
Salah satu link yang muncul di search adalah ini, di Wikipedia, tetapi saya sangat kaget saat melihat hampir tidak ada isinya (dan isinya juga tidak begitu bermanfaat).

LIHAT INI:
Miracles of Muhammad (80 kata)
http://en.wikipedia.org/wiki/Miracles_of_Muhammad

Alamat untuk terima surat/titipan/kado

Alamat untuk terima kado/titipan

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Kalau ada yang mau kasih undangan, surat, kado, mau titip buku/pakaian untuk anak yatim, atau mau kasih tagihan (hehe) kepada saya, silahkan titipkan ke sini.

BMT Darul Qur'an, di dalam
Pesantren Yatim Piatu Darul Quran,
Jl.Palbatu I, No.21, Menteng Dalam, Tebet.
Jakarta Selatan,
Jakarta Indonesia 12810

Telfon (021) 831 6707 atau 837 86837.

Hadiths - The Speech of the Wolf

Mujizat Nabi Muhammad.
I found this hadiths yesterday. My friend is going to translate it for me, insya Allah.
It’s so cool. Imagine seeing the wolf sit down and talk. Haha. (Nanti insya Allah saya pasang versi bahasa Indonesia).


The Speech of the Wolf

Narrated Abu Huraira:
The Prophet said, "While a man was riding a cow, it turned towards him and said, 'I have not been created for this purpose (i.e. carrying), I have been created for sloughing." The Prophet added, "I, Abu Bakr and 'Umar believe in the story." The Prophet went on, "A wolf caught a sheep, and when the shepherd chased it, the wolf said, 'Who will be its guard on the day of wild beasts, when there will be no shepherd for it except me?' "After narrating it, the Prophet said, "I, Abu Bakr and 'Umar too believe it." Abu Salama (a sub-narrator) said, "Abu Bakr and 'Umar were not present then." (It has been written that a wolf also spoke to one of the companions of the Prophet near Medina as narrated in Fatah-al-Bari:

Narrated Unais bin 'Amr: Ahban bin Aus said, "I was amongst my sheep. Suddenly a wolf caught a sheep and I shouted at it. The wolf sat on its tail and addressed me, saying, 'Who will look after it (i.e. the sheep) when you will be busy and not able to look after it? Do you forbid me the provision which Allah has provided me?' " Ahban added, "I clapped my hands and said, 'By Allah, I have never seen anything more curious and wonderful than this!' On that the wolf said, 'There is something (more curious) and wonderful than this; that is, Allah's Apostle in those palm trees, inviting people to Allah (i.e. Islam).' "Unais bin 'Amr further said, "Then Ahban went to Allah's Apostle and informed him what happened and embraced Islam.)" palm trees or other trees and share the fruits with me."

(Sahih Buhari, Volume 3, Book 39, Number 517)

Gem by Gems, Cincin Berlian

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Teman saya Tanweer Hussein punya bisnis cincin berlian dan batu permata ini. Pusatnya di Singapura, tetapi pabrik ada di Pasar Baru, Jakarta.
Waktu saya berada di Singapura, saya bicara dengan Tanweer tentang cara mengembangkan bisnisnya. Saya anjurkan agar dia juga jual cincin di sini, tetapi untuk sementara, mereka hanya berfokus pada Singapura. Dia masih datang ke sini setiap 1-2 bulan untuk mengambil pesanan dari pabrik.

Home page
http://www.gembygems.com/


Cincin pria
http://www.gembygems.com/for-him


Cincin Wanita
http://www.gembygems.com/for-her

Thursday, April 15, 2010

Messages from Friends in Malaysia

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Hello everyone in Malaysia. Thanks to all of you for your messages and emails. I did not know that Utusan Malaysia would write an article about me today. So, I was surprised to get so many emails and messages. Thanks.  
(Penghijrahan bawa Gene Netto kepada Islam)

Because I live in Indonesia, I usually write in Indonesian language. I have a blog in English, but almost never update it. (See here: http://genenetto.wordpress.com). Unfortunately, I don’t have time to write articles for TWO blogs in two languages.

You can read the first two chapters of my book about Islam and Christianity here on my blog, in English and Indonesian. (It’s not published yet because I am still editing it.) I am also thinking about having the book launching for the English version in Kuala Lumpur.

Wednesday, April 14, 2010

Manfaatnya Serikat Guru

Re: [Klub Guru Indonesia] Guru Di Inggris Boikot Ujian Nasional

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Di milis SD-Islam, dan juga di Milis Klub Guru Indonesia, kami sedang membahas tindakan guru di Inggris yang memboikot Ujian Nasional di sana. Saya bertanya kenapa guru Indonesia tidak bisa kompak dan memboikot UN di sini juga. Di milis, ada teman yang membalas bahwa guru di barat tidak mengambil risiko, karena ada banyak tunjangan dari negara (kesehatan, sosial, pengagguran) yang membuat perjuangan mereka mudah. Di sini tidak sama, katanya. Di bawah ini adalah balasan dari saya. Mungkin bermanfaat untuk dipikirkan oleh para orang tua dan kayarwan yang bukan guru. – Gene.

########
Saya ingin menjawab komentar ini. (dari teman di milis SD Islam).
Maaf jadi sedikit panjang, biar lengkap.

Monday, April 12, 2010

Trauma Setelah Dipukul Guru, Para Siswa SD Nanggungan Takut Sekolah

Senin, 12/04/2010 11:30 WIB
Guru Main Pukul
Oto Nugraha Adi - detikSurabaya
Pacitan - Aksi pemukulan yang dilakukan D, oknum guru SD Nanggungan Pacitan membuat para korban trauma. Bahkan sebagian takut kembali ke sekolah. Salah satunya, Dimas Wahyu Saputra (10) masih tampak lemas. Bahkan beberapa kali, siswa kelas 4 itu mengaku pusing dan muntah-muntah.

"Dia sering merasa pusing. Kalo sudah begitu biasanya keluar keringat dingin dan muntah," papar Sujarno (50), orang tua Dimas kepada wartawan, Senin (12/4/2010). Sujarno menuturkan, pasca kejadian itu anaknya tidak mau buka mulut. Ia mulai curiga setelah korban mengeluhkan bagian belakang kepalanya yang benjol. Setelah didesak, bocah berambut lebat itu baru mau menceritakan kejadian sebenarnya.

Lima Miliarder Dunia yang Hidup Sederhana

Keren. Ada nggak orang Indonesia seperti ini?

Lima Miliarder Dunia yang Hidup Sederhana
Mereka tidak suka menghambur-hamburkan uangnya.
Selasa, 6 April 2010, 08:30 WIB
Umi Kalsum, Harriska Farida Adiati
VIVAnews - Setidaknya satu kali dalam hidup, pernahkah Anda berfantasi menjadi orang yang bergelimang harta? Lantas, apa yang akan Anda lakukan dengan uang miliaran atau triliunan di tangan Anda? Memang tidak sedikit jumlah orang kaya di planet ini. Namun percaya atau tidak, masih ada di antara orang-orang kaya dunia tersebut yang hidup relatif normal, dalam arti hidup seperti orang kebanyakan.

Rahasia "kotor" dari orang-orang kaya bersahaja ini adalah bahwa mereka tidak bertingkah laku seperti orang kaya. Mereka sibuk berhemat dan berinvestasi demi masa depan, daripada menghambur-hamburkan uang hanya untuk kepentingan sesaat. Coba simak beberapa orang kaya bersahaja di dunia berikut ini, seperti dikutip dari laman San Francisco Chronicle, Kamis 1 April 2010.

Guru Di Inggris Boikot Ujian Nasional

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Kemarin saya baca di BBC bahwa para guru di Inggris memilih untuk boikot Ujian Nasional di sana. Mereka anggap ujian itu cukup buruk bagi siswa karena beberapa alasan. Yang paling utama adalah tes itu memaksakan para guru untuk mengajar secara khusus untuk menghadapi ujian tersebut (dalam bahasa inggris, ini disebut “teaching to the test”). Artinya, fokus setiap hari adalah untuk mengajar apa yang bakalan muncul di tes nanti. Dan kalau ada suatu ilmu yang baik, bermanfaat dan menarik, tetapi tidak akan muncul di tes, seringkali tidak ada waktu untuk pelajaran tersebut. Ilmu untuk tes harus diutamakan.

Thursday, April 08, 2010

Tentara Inggris Membuat Sasaran Masjid di Lapangan Tembak

Di lapangan latihan tembak di Inggris, Tentara Inggris telah membangun sasaran yang mirip dengan masjid, lengkap dengan kubah hijau. Oganisasi Muslim setempat sudah berprotes keras, menunutut “sasaran masjid” itu diganti, dan suruh tentara minta maaf kepada ummat Islam.
Katanya, Tentara Inggris seolah-olah mau menciptakan kesan bahwa masjid adalah tempat yang berbahaya dan Muslim adalah kaum yang tidak baik.

Juru bicara Tentara Inggris mengatakan sasaran masjid dibuat itu setelah dapat feedback dari Afghanistan, dan mereka membutuhkannya untuk menciptakan kondisi yang aktual bagi prajurit mereka, supaya bisa menyesuaikan diri dengan lokasi perang yang akan dihadapi nanti.

Baca artikel yang lengkap di BBC:
Replica mosques on firing range

A Muslim group has demanded an apology from the British Army after it emerged that replica mosques were being used on a North Yorkshire firing range.

Tuesday, April 06, 2010

Helikopter AS Di Baghdad Tembak 2 Wartawan, 2 Anak, Dan Orang Sipil Lain

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Lihat video di sini, di WikiLeaks (seperti Wikipedia, tetapi untuk tampung informasi “bocoran” = Leaks)

Collateral Murder
http://www.collateralmurder.com/

Pada 5 April, 2010, situs WikiLeaks menyiarkan video mengenai serangan tentara Amerika yang menggunakan helikopter Apache di Baghdad. Serangan ini terjadi pada tahun 2007, dan sampai dengan kemarin, ditutupi terus oleh tentara Amerika. Semua korban kelihatan sebagai orang sipil, dan 2 dari mereka adalah wartawan Reuters. Salah satunya membawa kamera dengan lensa panjang, yang diduga sebagai senjata oleh krew helikopter.

Hari Kiamat dan Hisab

Berapa banyak yang sudah nampak di dunia ini ya?

Hari Kiamat dan Hisab

1. Seorang Arab Badui bertanya, "Kapankah tibanya kiamat?" Nabi Saw lalu menjawab, "Apabila amanah diabaikan maka tunggulah kiamat." Orang itu bertanya lagi, "Bagaimana hilangnya amanat itu, ya Rasulullah?" Nabi Saw menjawab, "Apabila perkara (urusan) diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya, maka tunggulah kiamat." (HR. Bukhari)

2. Mendekati kiamat akan terjadi fitnah-fitnah seolah-olah kepingan-kepingan malam yang gelap-gulita. Seorang yang pagi hari beriman maka pada sore harinya menjadi kafir, dan orang yang pada sore harinya beriman maka pada pagi harinya menjadi kafir, dia menjual agamanya dengan (imbalan) harta-benda dunia. (HR. Abu Dawud)

3. Belum terjadi kiamat sehingga orang-orang dari umatku kembali menyembah berhala-berhala selain Allah. (HR. Abu Dawud)

Friday, April 02, 2010

Baju Pengantin 2,5 Milyar dan 1,5 Juta Balita Goblok

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Ada dua buah berita yang menarik pada minggu ini. Dalam artikel pertama, dijelaskan bahwa ada setidaknya 1,5 juta balita Indonesia yang kini mengalami gizi buruk, yang akan membuatnya mengalami kebodohan permanen (goblok) seumur hidup. Dan yang gizi kurang, ada jutaan lagi. Tentu saja mereka semua tidak akan mencapai prestasi yang tinggi di sekolah karena hidup dalam kemiskinan yang memberikan pengaruh langsung terhadap otaknya.
Dalam artikel yang kedua, dijelaskan tentang biaya milyaran rupiah untuk pernikahan antara dua orang kaya. Yang paling menarik adalah kutipan ini: 

Filter Rokok Impor, Sangat Mungkin Ada Unsur Babi

Darah Babi di Rokok
Jumat, 02/04/2010 11:44 WIB
Rachmadin Ismail - detikNews
Jakarta - Industri rokok Indonesia masih mengimpor filter dari luar negeri. Dengan demikian, kemungkinan besar rokok yang dihisap oleh penduduk Indonesia ada unsur darah babi seperti temuan ilmuwan di Belanda. "Ini temuan baru di Belanda dan Australia. Sangat mungkin masuk di Indonesia, karena filter kita impor," kata Mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kartono Muhammad, kepada detikcom, Jumat (2/4/2010). Data yang diperoleh Kartono dari sebuah situs perdagangan menyebutkan, jumlah impor filter rokok di Indonesia nilainya mencapai miliaran. Namun, tidak disebutkan negara mana saja yang dijadikan tujuan impor.

Polsek Penjaringan Buka Perpustakaan Umum

Polsek Penjaringan buka perpustakaan umum

Ini suatu ide yang cukup bagus. Semoga dikembangkan di wilayah lain. Saya sudah cari berita ini di koran Indonesia, tetapi belum ketemu. Baru lihat di Jakarta Post saja.
Bagaimana kalau ustadz2 yang punya koleksi buku yang besar, gabungkan dan gunakan untuk buka perpustakaan umum (atau minimal taman baca)?
Bagaimana kalau setiap kecamatan wajib mendirikan perpustakaan umum di kantor kecamatan?
Negara ini sangat sedikit perpustakaannya. Dan masih belum ada usaha untuk kembangkan jumlahnya secara serius oleh pemerintah, sayangnya. Padahal membaca adalah salah satu hal yang paling utama dalam pendidikan yang berkualitas.

Wassalam,
Gene