Tuesday, August 31, 2010

Masih kurang dana: Buka Puasa Anak Yatim di Daarul Qur'an

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Bagi teman2 yang masih mau bersedekah, acara Buka Puasa Anak Yatim di Daarul Qur'an, Tebet,  untuk hari Sabtu 4 September, 2010, masih kurang dana 10 juta rupiah.
Kalau ada yang bisa membantu, silahkan langsung transfer ke rekening Bank Mandiri, atau antarkan ke pesantren langsung. (Titip kepada saya juga boleh.)
Terima kasih atas partisipasinya.
Semoga Allah membalas dengan pahala dan rezeki yang berlipat-ganda. Amin, amin, ya rabbal alamin.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene


Rekening Bank :  Bank Mandiri (Soepomo Tebet)
A/C No.  124.009.3029412

a/n Yayasan  Darul Qur’an Pendidikan

Buka Puasa Bersama Anak Yatim Di Pesantren Daarul Qur’an, Tebet

Dalam rangka memaknai kemuliaan Ramadhan, kami bermaksud melanjutkan tradisi tahunan dari pendiri Yayasan Daarul Qur’an alm. K.H. Masyhuri Syahid, MA untuk berbagi dengan anak-anak yatim dan dhuafa. Acara ini Insya Allah akan dihadiri oleh 100 anak yatim & dhuafa serta 56 guru agama, pengurus dan karyawan yayasan dalam kesempatan berbuka puasa dan sholat tarawih, yang insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal      : Sabtu, 04 September 2010
Waktu               : 17.00 – 20.00
Tempat              : Pesantren Yatim Daarul Qur’an
                           Jl. Palbatu I No.21, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan
 
 

Al Azhar : Buka Puasa Bersama 1500 Anak Yatim



Assalamu'alaikum wr wb

Segala puji bagi Alloh Ta'ala Yang Mengaruniakan rezeki tanpa batas, Yang Maha Pemurah lagi Maha Pemberi. Sholawat dan salam semoga dilimpahkan kepada
Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wa sallam, kerabat, sahabat, dan pengikutnya yang setia hingga hari kiamat.


Yisc Al Azhar melalui CRCM (Cahaya Ramadhan Cahaya Mesjid) bekerja sama dengan takmir Al Azhar akan melalukan berbagai kegiatan yg pastinya bermanfaat bangettt. Salah satu di antaranya adalah "Buka Puasa Bersama 1500 Anak Yatim & Dhua'fa" yg membutuhkan minimal 150 orang pemadu di luar panitia inti.

Insya Allah acaranya akan di adakan pada:

Hari / tanggal : Sabtu / 04 September 2010
Tempat : Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar

Tuesday, August 24, 2010

Sebuah Kisah Ramadhan

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Tadi saya sudah makan malam dan siap berangkat ke masjid untuk shalat Isya dan Tarawih. Tapi saya lupa bahwa waktunya sudah mulai maju sedikit sekarang, jadi harus berangkat lebih cepat. Baru mau ganti baju, ada perasaan harus buang air besar. Ya sudahlah. Ke WC dulu. Baru selesai, kedengaran adzan dari masjid. Uhh ohhh….
Lari ke kamar, cepat ganti baju, cepat wudhu, cepat semprot minyak wangi. Dan lari ke arah pagar depan tanpa kancingkan baju dulu…
Tiba-tiba ada suara qomat dari masjid!! Uhh ohhh… Biasanya agak lama, 5-7 menit setelah adzan, kok hari ini cepat sekali? Ada apa nih?

Keluar dari rumah, jalan cepat ke arah masjid, sambil kancingkan baju di jalan. Sambil jalan, dihitung rakaat pertama, rakaat kedua (dari suara imam). Sampai jalan raya, lampu merah baru berubah dan sekarang tidak bisa menyebrang karena ada banyak lalu lintas. Harus menunggu lampu merah berikut. 1 menit. 2 menit. 3 menit.…. Uhh ohhh…

Sunday, August 22, 2010

Wallpapers buat HP (gratis)


Assalamu'alaikum wr.wb.,

Kemarin saya mencari wallpaper buat HP dan ketemu situs ini. Ada banyak sekali wallpapers untuk banyak jenis HP. (Nokia, Motorolla, Blackberry, I-Phone, Sony-Erikson, dll.).

Pertama, kita harus memilih jenis HP di page ini:

http://gallery.mobile9.com/c/wallpapers/1/

Misalnya, Apple I-Phone 3G, Blackberry Bold 9000, atau  lalu klik pada link tersebut.
Di bagian atas, ada beberapa drop-down menu, seperti Ordering (popular), Time (this week, all time), dan Folder (jenis gambar, mis. Nature, Sports, dll.).

Buka Puasa Bersama Anak Yatim Di Pesantren Daarul Qur’an, Tebet


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,

Memasuki bulan suci Ramadhan 1431 H kami pengurus Yayasan Pendidikan Islam Daarul Qur’an (di Tebet) mengucapkan SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA. Semoga amal ibadah Bapak/Ibu di bulan yang suci ini diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Dalam rangka memaknai kemuliaan Ramadhan, kami bermaksud melanjutkan tradisi tahunan dari pendiri Yayasan Daarul Qur’an alm. K.H. Masyhuri Syahid, MA untuk berbagi dengan anak-anak yatim dan dhuafa. Acara ini Insya Allah akan dihadiri oleh 100 anak yatim & dhuafa serta 56 guru agama, pengurus dan karyawan yayasan dalam kesempatan berbuka puasa dan sholat tarawih, yang insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari, tanggal      : Sabtu, 04 September 2010
Waktu               : 17.00 – 20.00
Tempat              : Pesantren Yatim Daarul Qur’an
                           Jl. Palbatu I No.21, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan
Penceramah       : (belum ditentukan)

Sehubungan dengan niat di atas, kami mengharapkan dukungan dan partisipasi dana ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh) dari Bapak/ Ibu. Bagi yang ingin membantu, bisa langsung transfer ke:

Rekening Bank :  Bank Mandiri (Soepomo Tebet)
A/C No.  124.009.3029412

a/n Yayasan  Darul Qur’an Pendidikan

Video Shalat Tarawih dari Makkah

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Tadi saya bicara dengan anak seorang teman. Dia kaget saat saya memberitahunya ada 3 juta orang yang ikut Shalat Tarawih di Masjidil-Haram. Mungkin ada anak lain yang juga belum tahu dan belum lihat. Suruh mereka lihat video ini di You Tube. Semoga menjadi inspirasi bagi mereka.
(Dan lumayan juga kalau lagi duduk depan komputer di kantor menunggu tugas/telfon/rapat/dsb.)

Tarawih dari Makkah -Sheikh Shuraim (39 menit)


Ada banyak video yang lain juga. Lihat di pinggir kanan, atau searching, tetapi  dengan ejaan seperti yang dibawah ini (taraweeh):

Makkah Taraweeh-(Night 1)-Sheikh Sudais (38 menit)


(Sebaiknya jangan nonton di Blackberry/I-phone karena akan kena biaya video streaming dari provider).

Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene



Wednesday, August 18, 2010

Pakistan Dan Indonesia: Bantuan Bagi Sesama Muslim, No.2

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Di zaman Nabi Muhammad SAW, persaudaraan di dalam Islam begitu besar sampai seorang Muslim siap membagi hartanya dengan Muslim yang lain, tanpa melihat dari mana asalnya. Lebih dari harta, isteri juga boleh “dibagikan” (karena memiliki lebih dari satu, jadi siap menceraikan satu biar orang lain bisa dapat isteri.)
Sedangkan sekarang, untuk 20 JUTA ummat Islam yang menderita di Pakistan, jangankan isteri, jangankan harta, masuk berita saja (untuk menarik simpati dari ummat Islam) sulit didapatkan.
Tulisan di koran saja begitu sulit didapat. Apalagi uang. Apalagi isteri orang.

Kata Sekjen PBB, Ban Ki-moon, “Ini musibah yang paling besar yang pernah saya lihat dalam sebuah bangsa.” Sekarang diperkirakan bahwa seperlima dari total wilayah Pakistan sudah terendam oleh banjir. Seperlima. Bayangkan kalau seluruh pulau Jawa dan separuh dari Sumatera kena banjir, tidak ada makanan, tidak ada air, tidak ada listrik, jalan dan jembatan rusak… di tengah bulan puasa! Puluhan juta orang mengungsi sekaligus dengan hanya membawa baju yang dipakai. Lalu sebuah negara Muslim lain kirim satu pesawat saja, dengan beberapa ribu selimut, dan sedikit obat-obatan untuk membantu 20 juta orang Indonesia id Jawa-Sumatera yang menderita. Dan setelah itu kita dilupakan di dalam berita mereka, dan di dalam masjid2 mereka, nasib kita tidak dibicarakan sama sekali.
Di tengah bulan puasa!
Bisa bayangkan?
Kita mau katakan apa kepada mereka yang seolah-olah lupakan kita?

Pakistan Dan Indonesia: Bantuan Bagi Sesama Muslim?

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Saya baca di berita, pemerintah Pakistan perkirakan 20 JUTA orang telah kehilangan rumah.
Masih ada banjir di mana-mana, dan oleh karena itu 20 juta orang tidak punya rumah, tidak punya makanan atau air bersih, tidak ada tempat shalat, tidak ada listrik, tidak ada perlindungan dari cuaca.

Sejak muncul berita tentang banjir besar yang melanda Pakistan, saya pantau terus di BBC dan situs berita lain. Anehnya, malah kelihatan bahwa di dalam berita Indonesia, topik ini tidak begitu besar. Di halaman depan koran jarang ada. Kalau mau lihat di situs berita, harus cari di bagian internasional. Tidak ada di paling depan (untuk menarik perhatian).

Tapi kalau berita Kapolri “hilang”, sangat besar dan muncul di mana2. Lalu ada berita shalatnya Abu Bakar Basyir di dalam penjara, sahur buat Ariel di dalam penjara, proses pemilihan pemimpin baru KPK, pemblokiran situs porno oleh Kominfo, dan seterusnya.

Wednesday, August 11, 2010

Beberapa Hadiths Ramadhan

Memberi makan pada orang yang berbuka.

Rasulullah SAW bersabda,  “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”
(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.)


Lebih banyak berderma dan beribadah di bulan Ramadhan


Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata,
“Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar melakukan kebaikan. Kedermawanan (kebaikan) yang beliau lakukan lebih lagi di bulan Ramadhan yaitu ketika Jibril ‘alaihis salam menemui beliau. Jibril ‘alaihis salam datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al Qur'an) hingga Al Qur'an selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam. Apabila Jibril ‘alaihi salam datang menemuinya, beliau adalah orang yang lebih cepat dalam kebaikan dari angin yang berhembus.”
(HR. Bukhari no. 1902 dan Muslim no. 2308.)

Susunan ayat Al Qur’an


Selasa, 15 Juni 2010 13:41

Pertanyaan
Assalamualaikum Wr Wb
Ustadz, saya ingin bertanya mengenai susunan ayat2 dalam al Quran. Setahu saya al Quran diturunkan secara acak, kadang sesuai kondisi, keadaan dll. kemudian saya mendengar bahwa susunan al Quran yang sekarang (utsmani) didasarkan pada hadits yang mengatakan bahwa "..ayat ini disimpan setelah ayat itu..dalam surat anu..urutan ke anu.." (atau hadits sejenisnya)
tapi masalahnya, saya belum pernah menemukan satupun hadits yang seperti itu. Saya menjadi gelisah mengenai hal ini.. karena hal ini sangat mendasar sekali dalam keyakinan dalam berislam.
Bisakah ustadz memeberi alasan yang logis mengenai hal ini dan akan lebih baik kalau ada contoh riwayat yang menyebutkan tentang susunan2 ayat tersebut.
terimakasih sebelumnya
wassalam

Jawaban

Assalamu alaikum wr.wb
Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillah Rabbil alamin. Washshalatu wassalamu ala Asyrafil Anbiya wal Mursalin. Wa ba’du:

Perlu diketahui bahwa al-Quran sebelum diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, ia telah ada di lauhil Mahfudz berupa satu kitab utuh, dimana Allah menjelaskan bahwa al-Quran yang ada dilauhil mahfudz itu tidak bisa disentuh kecuali oleh hamba-hamba Allah yang dimuliakan (para Malaikat). Dalam surat al-Waqi’ah: 77-79 : dan (ini) sesungguhnya al-Quran yang sangat mulia, dalam kitab yang terpelihara (lauh mahfudz), tidak ada yang menyentuhnya selain hamba-hamba yang disucikan). Artinya al-Quran telah ada dilauhid mahfudz berupa satu kitab yang utuh, lengkap dengan susunan surat dan ayatnya.

Baru Dibagikan 5 Hari Lalu, Tabung Elpiji 3 Kg Ludeskan Rumah

Kata Pemerintah, konsumen yang salah, bukan tabungnya. Konsumen salah dan tidak memilihara dengan baik. Bagaimana dengan kasus ini, di mana tabung baru diterima, dan belum pernah dipakai...? Masih salah konsumen juga?


Baru Dibagikan 5 Hari Lalu, Tabung Elpiji 3 Kg Ludeskan Rumah

Kamis, 05/08/2010 10:08 WIB
Santi Rahayu - detikSurabaya
Lumajang - Sebuah rumah di Dusun Ploso RT 10 RW III Desa Tanggung Kecamatan Padang, Lumajang ludes terbakar. Ludesnya rumah milik Sutiari (46) dari tabung elpiji konversi 3kg yang baru dibagikan 5 hari lalu.

Tabung itu belum digunakan sama sekali oleh pemiliknya dan hanya diletakkan di ruang dapur. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, saat istri pemilik rumah, Ny Nemu (24) memasak menggunakan tungku.

Monday, August 09, 2010

Selama Ramadhan Seluruh Sekolah di Banjarmasin Diliburkan

Rabu, 04 Agustus 2010, 19:22 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan meliburkan seluruh sekolah selama bulan Ramadhan.
Kebijakan meliburkan sekolah mulai jenjang Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Atas itu dilakukan untuk memberi kesempatan kepada para siswa menjalankan ibadah puasa Ramadhan, ungkap Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) setempat Noor Ipansyah kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu.
 "Disdik mengharapkan selama liburan seluruh murid dan pelajar sekolah bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik dan memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk memperbanyak ibadah," ujarnya.

Tiap Hari, 500 ribu Guru Bolos Mengajar

07 Aug 2010
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) mencatat bahwa dalam setiap hari, sekitar 500 ribu guru absen dari kewajiban mengajar tanpa alasan jelas. Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas), Fasli Jalal mengungkapkan, angka tentang guru yang bolos mengajar sama dengan jumlah guru di Malaysia dan Thailand.

Jelas, temuan itu sangat disayangkan Fasli. Sebab, jika guru absen mengajar maka anak didik akan merugi selama satu hari tanpa ada transfer ilmu pengetahuan. "Padahal kan antara keduanya bersinergi untuk mencerdaskan bangsa," ujar Fasli di kantornya, Jumat (6/8).

Sunday, August 08, 2010

Wahai Menteriku, Apa Tugas Kalian?

Senin, 26/07/2010 08:06 WIB
Catatan Agus Pambagio
Agus Pambagio – detikNews
Jakarta - Awal minggu ini  saya bincang-bincang dengan beberapa pengunjung dan pelayan “Warteg” langganan yang berlokasi di belakang kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), mengenai persoalan hidup di negeri tercinta ini yang menurut saya semakin hari semakin absurd. Mereka antara lain terdiri dari  sopir taksi Blue Bird, kuli bangunan, penyapu jalan, pegawai kasar kediaman Wakil Presiden, supir bajaj dan mahasiswa yang sama-sama sedang mengisi perut.

Dalam perbincangan pagi menjelang siang itu, semua sepakat bahwa hidup di zaman Orde Baru lebih enak (?). Pemerintah masih memikirkan nasib mereka. Minyak tanah, bensin, beras masih terjangkau. Tidak ada tabung LPG yang meledak. Jalanan juga tidak semacet sekarang sehingga kendaraan umum sulit mencari penumpang. Listrik tidak semahal sekarang dan tidak sering mati bergiliran. Sementara itu berbulan-bulan media membahas kasus-kasus yang tidak ada hubungan langsung sama sekali dengan mereka, seperti kasus Bank Century, turunnya IHSG, mahalnya biaya Pilkada, kesepakatan G20 dsb.

“Apa hubungannya kasus Century dengan saya, Mas? Saya tidak punya rekening di Bank Century”, ucap Mursid si sopir taksi.

Thursday, August 05, 2010

Para Miliuner AS Amalkan Separuh Harta

Assalamu'alaikum wr.wb.,

INCREDIBLE!!! Ini berita yang sangat luar biasa. Sayangnya orang Muslim yang paling kaya di Indonesia tidak menjadi pelopor kedermawanan seperti ini, tetapi malah menjadi pelopor untuk melakukan korupsi yang paling banyak....
Sangat disayangkan ummat Islam tidak mirip orang ini. Aneh ya dunia ini. Orang yang mestinya lebih paham karena dapat KEBENARAN langsung dari Allah dan Rasul-Nya, lewat Al Qur'an dan Sunnah Nabi, malah seolah-olah tidak tahu dunia ini untuk apa. Dan orang kafir yang tidak meyakini adanya akhirat, malah bertindak seolah-olah mereka sedang mengejar pahala yang banyak! Seharusnya ummat Islam yang menjadi contoh bagi dunia. Tapi ummat Islam di sini malah terkenal karena sukses di bidang korupsi!
Kapan bangsa Indonesia akan berubah dan menjadi contoh yang paling baik bagi seluruh dunia?

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene
********

Para Miliuner AS Amalkan Separuh Harta

Kamis, 5 Agustus 2010 | 06:18 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com - Sekelompok miliuner AS, Rabu (4/8), berjanji untuk memberikan setidaknya setengah dari kekayaan mereka bagi kegiatan amal. Janji itu merupakan bagian dari kampanye yang dipimpin oleh investor Warren Buffett dan pendiri Microsoft Bill Gates.

Wednesday, August 04, 2010

Ibu Ajak Anak Bunuh Diri Karena Miskin, Dan Rumah Aspirasi Anggota DPR

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Dua buah berita dari minggu ini.
Pertama, seorang Ibu ajak kedua anaknya bunuh diri karena mereka terlalu miskin, dan Ibu tidak sanggup bayar semua hutang. Kedua anaknya wafat, Ibu selamat.
Kedua, anggota DPR mengusulkan agar mereka diberikan uang ratusan juta rupiah masing2 agar rakyat bisa bertemu dengan mereka.

Bagaimana kita menyikapi berita seperti ini?

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene
********

Ibu Ajak 2 Anak Bunuh Diri - Korban Bingung Ditagih Utang dan Biaya Lebaran


Selasa, 03/08/2010 11:11 WIB
Santi Rahayu - detikSurabaya
Lumajang - Meski sempat kritis saat dirawat di RSU dr Haryoto Lumajang, kondisi Ny Reni Yuliana (32), yang mengajak 2 anaknya bunuh diri minum racun tikus sebanyak 10 bungkus berangsur membaik. Wanita asal Dusun Bedok, Desa Tempeh Lor, Kecamatan Tempeh ini pelan-pelan menceritakan kenekatannya bunuh diri dengan Feby (6) yang masih TK dan Rara (3).

Tuesday, August 03, 2010

Hadiah Guru BPK Penabur 15 Tahun Mengabdi

Pada tanggal 16 Juni 2010, saya diundang untuk menghadiri pelepasan siswa kelas XII SMFK BPK Penabur sekaligus pelepasan saya sebagai tenaga pengajar di sekolah ini. Para siswa hadir beserta orangtua masing-masing. Saya telah bekerja di sekolah ini sebagai guru honorer selama 15 tahun sejak tahun 1995.

Awal saya bekerja, diminta bantuan oleh pimpinan sekolah yang lama, untuk mengisi kekosongan tenaga pengajar. Pada 20 April 2010 saya menerima surat bahwa sudah tidak dibutuhkan sebagai tenaga pengajar. Pada upacara pelepasan saya diberi kenang-kenangan yang dikemas dalam bentuk bingkisan disertai pita biru, sungguh cantik.

Setelah upacara selesai, para undangan dipersilakan beramah-tamah. Seperti biasanya orangtua murid beserta putra-putrinya menyalami saya dan mengucapkan terima kasih. Beberapa orangtua murid berkomentar bahwa isi bingkisan itu bernilai enam kali nilai hadiah siswa yang berprestasi, yang diberi hadiah Rp 2,5 juta berupa tabungan.

Bagaimana komentar rekan-rekan guru? Mereka menaksir 15 kali lebih besar. Semua saya jawab dengan amin. Jantung saya berdetak keras, sungguh berharga bingkisan ini sehingga harus saya hati-hati menjaganya agar tidak hilang. Saya ingin cepat pulang untuk tahu isi bingkisan ini.

Ketika dibuka sambil disaksikan istri saya, ternyata taksiran orangtua siswa, siswa, dan rekan guru meleset sama sekali. Isinya ikat pinggang, agar saya mengetatkan perut erat-erat. Benda lain adalah ball-point dan dompet kosong. Sungguh indah hadiah yang diberikan kepada saya setelah 15 tahun bekerja.

A W YOGIPRANATA Jalan Luna I Nomor 200/86, Bandung

Sumber: kompas.com

Sunday, August 01, 2010

Bergurau di Kelas, Siswa SDN Kepatihan Dihajar Guru

Minggu, 01/08/2010 18:17 WIB
Irul Hamdani - detikSurabaya
Banyuwangi - Lagi-lagi kekerasan di dunia pendidikan di Banyuwangi kembali terjadi. Hanya karena bergurau saat proses belajar mengajar, Mauro Billy Fiesandy (9), siswa kelas IV SDN Kepatihan, Banyuwangi, dihajar guru wali kelasnya.

Akibat dari penganiyaan tersebut, korban mengalami luka lebam membiru di kedua
kakinya. Luka itu disebut korban akibat pukulan penggaris kayu berukuran besar yang dipukulkan Saifurrohman, gurunya. Ironisnya, korban dihajar pelaku di depan siswa lain di dalam kelas. Bahkan, beberapa rekan korban yang lain diminta pelaku untuk menghitung bekas pukulan tersebut.