Monday, August 29, 2011

Puluhan Mayat Org Sipil Ditemukan Di Markas Gaddafi Di Libya

Lihat video di BBC:

Lebih dari 50 mayat telah ditemukan dalam sebuah markas militer di Tripoli. Mereka adalah orang sipil yang ditahan oleh salah satu brigade tentara yang dikomando oleh anaknya Gaddafi. Seorang bapak yang berhasil kabur memberikan kesaksian kepada wartawan.

Fathallah Abdullah selamat karena saat penembakan mulai, ada teman yang dobrak pintu gudang, dan Fathallah Abdullah lari dan bersembunyi di bawah sebuah truk. Tetapi dia kehilangan keempat anak lakinya, Ibrahim, Abdul Hakim, dan Ali yang tetap berada di dalam gudang. Kata Fathallah Abdullah, ada 150 orang sipil yang ditahan di dalam gudang itu, yang begitu penuh sampai semuanya tidak bisa bergerak. Selama ditahan, mereka dihajar dan disiksa.

Lalu pasukan mengatakan akan memberikan mereka air minum pada saat maghrib. Tetapi mereka datang setelah maghrib dan malah mulai tembak semua tahanan secara membabi-buta dan lemparkan granat. Mereka berhenti sejenak. Lalu kembali lagi dan mulai menembak lagi. Mereka menembak terus sampai pagi. Siapa saja yang ketahuan masih hidup ditembak lagi.

Beberapa orang di antara tahanan itu dar adalah pasukan Gaddafi sendiri. Ada dugaan mereka ditahan karena menolak perintah untuk membunuh warga sipil, jadi mereka juga ditahan dan ditembak mati juga. Lalu gedung dibakar dengan semua mayat di dalamnya. Bau yang begitu tajam dan keras sulit digambarkan oleh wartawan.

NTC (National Transitional Council) yang sekarang berkuasa di Libya mengatakan bahwa sekitar 60 ribu orang ditahan oleh pasukan Gadaffi dalam 6 bulan terakhir dan sekitar 10 ribu sudah dibebaskan dari tahanan. Pertanyaan mereka sekarang adalah “Sisanya berada di mana?”
Dengan ditemukan mayat2 di markas militer yang satu ini di Tripoli, banyak yang kuatir 50 ribu orang sipil yang tersisa itu sudah dibunuh tetapi mayatnya belum ditemukan.

No comments:

Post a Comment