Thursday, January 19, 2012

Bill Gates Selamatkan 5 Juta Nyawa

Kamis, 19/01/2012 11:44 WIB
Fino Yurio Kristo - detikinet
Jakarta - Berkat kejayaan perusahaan Microsoft yang didirikannya, Bill Gates sering dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia. Pria drop out dari Universitas Harvard ini juga dikenal tidak segan menyumbangkan banyak hartanya untuk aktivitas kemanusiaan. Tidak tanggung-tanggung sejak tahun 2007, Bill Gates telah menyumbangkan sekitar USD 28 miliar untuk berbagai aktivitas sosial. Jumlah tersebut kabarnya mencapai separuh dari total kekayaannya.

Dalam sebuah infografis yang dikutip detikINET dari WebProNews, Kamis (19/1/2012), tercatat sepak terjang Bill Gates yang luar biasa di bidang kemanusiaan. Terutama melalui yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation. Berikut beberapa informasi mengenai kegiatan sosial sosok berkacamata tersebut, sehingga banyak yang menjulukinya sebagai pahlawan:

- Bill Gates menyelamatkan 5,8 juta nyawa anak-anak di seluruh dunia dengan sumbangannya yang signifikan di bidang kesehatan, dalam bentuk vaksin dan sebagainya. Dana yang disumbangkannya menyelamatkan mereka dari ancaman hepatitis, polio, cacar air sampai pneumonia.

- Bill Gates termasuk orang kaya yang menyumbangkan persentase besar dari hartanya untuk aktivitas kemanusiaan, yakni ditaksir sebesar 48%. Dia bergabung dengan dermawan kaya lainnya yang juga punya jejak sama, seperti Andrew Carnegie, Warren Buffet dan John D. Rockefeller.

- Bill Gates, bersama Warren Buffet mencanangkan program bernama Giving My Pledge. Program ini menyarankan agar orang kaya di Amerika Serikat mau menyumbangkan separuh kekayaannya untuk aksi filantropis.

- Program Giving My Pledge memicu beberapa orang terkaya di Amerika Serikat menyumbangkan banyak uang. Seperti Paul Allen, George Lucas sampai Mark Zuckerberg. ( fyk / rns )


No comments:

Post a Comment