Tuesday, March 27, 2012

Berikan Sedekah Kepada Tetangga Yang Dekat

Dalam membahas Siti, anak yatim yang menjadi penjual bakso di Banten, ada teman yang mengatakan dia dulu juga kasih sedekah kepada yang jauh, tetapi sekarang sudah berubah karena menyadari ada banyak tetangga yang juga miskin sekali dan lapar. Saya kasih info ini untuk memperkuat komentarnya:

Di dalam Islam, memang dianjurkan untuk mengutamakan keluarga sendiri dulu, dan setelah itu tetangga, bukan orang yang paling jauh. Jadi walaupun kita harus memuji dan menghargai tindakan dari teman2 yang mau datang untuk kunjungi Siti dan memberikan sedekah kepada dia dan Ibunya, perlu dipikirkan berapa banyak tetangga yang miskin dan lapar yang dilewatkan sebelum mereka sampai ke kampungnya Siti? Tetangga kita lebih berhak daripada orang yang jauh sekali.

Rasulullah SAW bersabda, “Bukanlah orang yang beriman bagi orang yang kenyang perutnya, sedangkan tetangganya kelaparan hingga tampak tulang rusuknya.” ( HR. Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda, "Tidak beriman kepadaku barangsiapa yang kenyang pada suatu malam, sedangkan tetangganya kelaparan, padahal ia megetahuinya." (HR. ath-Thabrani)

Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan masuk surga seseorang yang dalam keadaan kenyang namun ada tetangganya dalam keadaan lapar” (HR Muslim & Bukhari)

Rasulullah SAW bersabda, ''Sedekah kepada orang miskin mendapatkan satu pahala, sedangkan sedekah kepada kerabat mendapatkan dua pahala; pahala bersedekah dan pahala bersilaturahim.'' (HR At-Tirmidzi). 

Dari Ibnu Umar dan Aisyah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Jibril selalu menasihatiku untuk berlaku dermawan terhadap para tetangga, hingga rasanya aku ingin memasukkan tetangga-tetangga tersebut ke dalam kelompok ahli waris seorang muslim". (H.R. Bukhari Muslim)

No comments:

Post a Comment