Monday, April 02, 2012

HOAX: April Mop dan Pembantaian Muslim di Spanyol

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Isi dari artikel tentang April Mop, yang kaitkan tanggal itu dengan pembantaian ummat Islam zaman dulu di Granada, Spanyol, adalah rekayasa. Sebelum tanggal 1 April setiap tahun biasanya kita menerima kiriman e-mail yang berisi larangan merayakan April Mop, dikarenakan klaim bahwa “katanya” tanggal 1 April merupakan hari pembantaian umat Muslim di Granada, Spanyol di abad ke-15. Pernyataan sejarah itu ternyata hanyalah hoax atau rekayasa, tanpa mengandung fakta sejarah sama sekali.

Ketik saja “April 1 Muslim 1487” di Google dan lihat sendiri bahwa tidak ada yang muncul. Tidak ada pembunuhan massal terhadap kaum Muslim di Granada, Spanyol pada tanggal itu. Bila benar2 terjadi, mohon buktinya. Situs yang di bawah ini, menjelaskan bahwa asal dari April Fools Day tidak diketahui dan barangkali berasal dari zaman Romawi (2000 tahun yang lalu).

Pencarian “April 1 Muslim Granada” di Wikipedia juga tidak memberikan hasil satupun. Justru yang didapatkan dengan pencarian kata Granada dan Muslim adalah Treaty of Granada (1491) pada tanggal November 25, 1491 yang menjelaskan bahwa orang Islam boleh diam di kota Granada pada zaman itu tanpa diganggu sama sekali, dengan semua barang milik mereka tidak boleh dirampas, dan hukum mereka tetap berlaku.
Bagaimana kalau dibandingkan dengan informasi tentang asal usul April 1? Sepertinya ada yang sangat ganjil.
Referensi lain:

Ada juga keterangan tentang info rekayasa ini dari Syeikh Yusuf Estes.
http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html

Semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene Netto

[Ini info palsu tentang April Mop yang disebarkan]:

Latar Belakang April Mop

Pada April Mop orang2 diperbolehkan menipu & berbohong kpd org lain, sbg umat muslim tahu kah Anda? April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara2 penipuan, sebab itulah, mereka merayakan April Mop dgn cara melegalkan penipuan & kebohongan walau dibungkus dgn dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

April Mop, atau The April's Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di thn 1487, atau bertepatan dgn 892 H, sejak dibebaskan Islam pd abad ke-8M oleh Panglima Thariq bin Ziyad, Spanyol tumbuh ber-angsur2 menjadi negeri yg makmur. Pasukan Islam terus melakukan pembebasan di negeri2 sekitar menuju perancis dan perancis selatan.

Selama itu pula kaum kafir yg msh ada disekeliling Spanyol tanpa kenal lelah berusaha membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata2 utk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol, akhirnya mereka menemukan cara utk menaklukan Islam, pertama2 melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya.

Mereka mulai secara diam2 mengirim alkohol & rokok secara gratis ke dlm wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan spy kaum muda lebih tertarik bernyanyi dan menari drpd membaca Al-Qur'an, mereka juga mengirim sejumlah ulama2 palsu utk meniup-niupkan perpecahan kdlm tubuh umat Islam Spanyol. Lama kelamaan membuahkan hasil.  Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai pasukan salib. Penyerangan oleh pasukan Salib dilakukan dgn kejam tanpa perikemanusiaan.  Tidak hanya pasukan Islam yg dibantai, ttp juga penduduk sipil, wanita, anak2 kecil dan org tua.

Granada daerah terakhir yg ditaklukan. Penduduk Islam di Spanyol disebut org Moor, terpaksa berlindung di dlm rmh utk menyelamatkan diri.  Tentara salib mengetahui bhw msh banyak Muslim di Granada yg msh bersembunyi.  Dgn lantang tentara Salib mengumumkan bhw para muslim Granada bisa keluar rumah dgn aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dgn membawa brg2 keprluan mereka.  Orang2 Islam yg msh curiga dgn tawaran itu tetap bersembunyi di rmh mrk, sdgnkan yg percaya mereka keluar rumah, mereka diperlihatkan kapal2 yg sdh disediakan utk org2 Islam yg akan meninggalkan Spanyol.  Ke esokan harinya ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dgn cepat tentara Spanyol menggeledah rmh2 yg ditinggalkan penghuninya, dan membakar rumah2 tsb bersama orang2 Islam yg bertahan didalamnya. Dipelabuhan, tentara Salib membakar semua kapal2 yg akan mengangkut ribuan orang2 Islam tsb. Mereka terpana dan mereka tdk bersenjata.  Dgn satu teriakan pemimpinnya, ribuan tentara Salib membantai umat Islam  Spanyol tanpa rasa belas kasihan.  Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh muslim di pelabuhan itu habis dibunuh dgn kejam.

Tragedi ini bertepatan dgn tgl. 1 April. Inilah kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tgl. 1 April sebagai April Mop (The April's Fool Day)

Pd tgl. 1 April, orang2 diperbolehkan menipu dan berbohong kpd orang lain.  Bagi umat Kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara2 penipuan. Dgn itulah merekka merayakan April Mop dgn cara melegalkan penipuan dan kebohongn walau dibungkus dgn dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Bagi umat, Islam April Mop merupakan tragedi yg sangat menyedihkan. Pd hari dimana ribuan saudara2nya seiman dibantai oleh tentara salib di granada, Spanyol. Maka jika ada orang Islam yg ikut2an merayakan tradisi ini, ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan masal ribuan saudara2nya di Granada, Spanyol 5 abad yg silam. Baca QS 2:120 dan QS 5:51.

4 comments:

  1. semua kekejaman umat lain kepada umat ISLAM sengaja di sembunyikan atau ditutupi dari media...makanya di google ataupun wikipedia ga ada informasi mengenai pembantaian umat ISLAM di Granada, Spanyol...

    ReplyDelete
  2. @Anonymous, jadi ada dua kemungkinan. Ratusan ribu orang terlibat dalam konspirasi besar untuk menutupi pembantaian tersebut, karena juga tidak ada dalam semua buku sejarah. Jadi semua ahli sejarah, termasuk yang Muslim, ikut dalam konspirasi untuk hilangkan info itu.
    Atau... tidak ada infonya karena tidak pernah terjadi.
    Silahkan berpikir sendiri. Coba menggunakan akal yang sehat, daripada rasa yakin pada semua teori konspirasi.

    ReplyDelete
  3. Setau saya jatuhnya granada - Pada tanggal 2 Rabi’ul Awal tahun 897 H (2 Januari 1492 M

    ReplyDelete