Friday, July 27, 2012

Yayasan Daarul Qur’an Tebet: Permohonan Bantuan Dana utk Biaya Ramadhan 1433 H / 2012 M



Jakarta, 24 Juli 2012          
Nomor: 027/VII/DQ/2012                            
Perihal: Permohonan Bantuan Dana
Kepada, Yth. Bapak/Ibu, Di Jakarta

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh,
Memasuki bulan suci Ramadhan 1433 H kami pengurus Yayasan Pendidikan Islam Daarul Qur’an mengucapkan SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA. Bersama ini kami  mengucapkan terima kasih atas partisipasi ZIS (Zakat, Infaq & Shodaqoh) yang tahun lalu telah bapak/ibu berikan kepada kami, semoga amal ibadahnya memperoleh ganjaran pahala dan balasan dari Allah SWT, Amin.

Dalam mengisi bulan suci Ramadhan ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, insya Allah kami akan menyelenggarakan acara-acara :
1.      Buka Puasa & Tarawih Bersama  ( mulai tgl 26 Juli – 10 Agustus 2012 )
2.      Santunan untuk :
-           200 anak-anak yatim piatu & Dhuafa  ( 11 Agustus 2012 )
-           62 orang guru dan karyawan Yayasan ( 11 Agustus 2012 )
3.      Perbaikan sarana gedung Yayasan

Demi terselenggaranya acara diatas dan kelanjutan pemeliharaan gedung, kami mengajak partisipasi dana dari Bapak/Ibu, baik berupa infak, shadaqah maupun zakat.

Demikian hal ini kami sampaikan, atas perhatian Bapak/Ibu kami haturkan terima kasih. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,
YAYASAN PENDIDIKAN DAARUL QUR’AN

HM. Sjamsudin
Ketua Yayasan

M.Lukman Masyhuri
Wakil Ketua

Rekening Bank :
Bank Mandiri Soepomo Tebet
A/C 124.009.3029412 a/n Yayasan Darul Qur’an Pendidikan Islam

Tuesday, July 17, 2012

Anak Yatim Dan SIM Baru

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2, minggu kemarin saya cari bantuan lewat email, Facebook dan blog untuk kumpulkan uang untuk anak yatim di Desa Purwadana, Karawang. Di situ ada 170 anak yatim yang pengen sekali makan daging sapi untuk sahur pertama di bulan Ramadhan. Setelah saya dihubungi teman saya Ust Muhtadin, saya sebarkan info itu. Akhirnya terkumpul 10 juta. Tapi saya tidak mau berhenti di situ, dan masih mencari terus, sehingga akhirnya kita dapat 20 juta, dan Ust Muhtadin bisa pesan 2 ekor sapi (padahal mintanya satu ekor saja). Dan dia juga menangis karena terharu bahwa teman2 di Jakarta mau peduli pada anak2 yatim di desa dia.

Saat saya sedang mengajak semua teman untuk ikut menyumbang, saya tiba-tiba menjadi sadar bahwa saya sendiri juga belum kirim uang. Hahaha. Saking sibuk cari uang dari orang lain, lupa kasih sendiri. Tapi saya berhenti sejenak. Kartu kredit belum lunas, dan ada hutang2 lain yang belum dibayar. Apa berani kirim uang ke sana untuk anak yatim, padahal untuk diri sendiri belum tentu cukup? Mulai berfikir dua kali. Akhirnya muncul rasa lucu di dalam hati. Kok di dalam ceramah saya bisa suruh orang lain untuk “jangan takut” tapi pas mulai mikirin tabungan sendiri, kok mikir dua kali? Munafik dong kalau begitu! Hahaha. Akhirnya jadi ketawa sendiri di depan komputer dan gelengkan kepala. Allah yang janji untuk bayar kembali uang itu dengan berlipat ganda. Jadi kalau mau cepat dapat banyak uang, dan sumbernya dari Allah langsung, ya, kasih kepada anak yatim dulu dong!! Dan setelah itu, ada janji dari yang Maha Jujur dan Maha Adil yang bisa jadi pegangan bahwa uang itu akan kembali dengan berlipat ganda.

Friday, July 13, 2012

Satu Anak Lagi Ditabrak Busway Dan Mati

Sudah berapa banyak anak dibunuh oleh Busway? Jembatan penyeberangan sedikit. Tempat aman untuk menyebrang sulit dicari. Dan bagi seorang anak, jalur busway kelihatan seperti “tempat kosong” karena rata2 memang kosong (dan bikin jalan2 di DKI tambah macet).
Pemda diam. DPRD diam. Para politikus diam. Dan biasanya rakyat juga diam.
Dan satu anak lagi jadi korban dan wafat….
Apa sudah mencapai seribu orang yang dibunuh oleh Busway sejak mulai beroperasi? Atau lebih? Tidak ada yang tahu, karena tidak ada yang menghitung, mungkin karena tidak ada yang peduli….
Kalau ada anak menteri atau anak gubenur yang ditabrak mati, mungkin akan terjadi perubahan. Tapi anak2 pejabat diantar ke mana2 oleh sopir naik mobil mewah. Jadi kita tidak usah kuatir. Anak pejabat akan selalu selamat. Hanya anak miskin saja yang bisa dibunuh. Jadi itu bukan masalah besar. Masih banyak stoknya. Betul?
Wassalam,
Gene

Adam Tertabrak Bus TransJ di Mampang karena Kejar Sang Ibu
Jumat, 13/07/2012 13:08 WIB
Rina Yuliana - detikNews
Jakarta Si kecil Adam berlari menyeberangi Jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, karena mengejar sang ibu yang sudah lebih dulu menyeberang. Nahas, bocah 10 tahun itu malah tertabrak bus TransJ yang sedang melintas

"Dia itu nyeberang mau nyusul ibunya. Bus TransJ-nya lagi lewat dengan kecepatan tinggi. Akhirnya kejadianlah itu. Itu cepat banget peristiwanya. Anak itu bukan ketabrak terus mental, tetapi terlindas badan dan kepalanya," tutur saksi mata, Rizki (23). Saksi mata yang lain, Sakinah (47) yang juga tetangga Adam, mengatakan hal yang sama. Menurut dia, ibunda Adam tidak tahu kalau putra sulungnya itu membuntuti.

Kabar Gembira Buat Anak-anak Yatim di Karawang

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2, Tadi saya dapat info dari Ust Muhtadin bahwa sumbangan dari teman2 di Jakarta (lewat info dari saya) sudah mencapai 20 juta (dalam 3 hari), jadi dia sudah pesan 2 sapi dengan harga 10jutaan per ekor. Insya Allah di sahur pertama di Desa Purwadana, Karawang, 170 anak yatim dan 160 jompo bisa dapat sapi untuk sahur dan mungkin akan cukup untuk buka puasa pertama juga.
Ust Muhtadin mengucapkan terima kasih sekali kepada semua teman2 di sini yang bantu menyumbang ke sana dan berdoa agar Allah membalas semua bantuan dan kebaikan dari kita buat anak yatim dan jompo di Desa Purwadana.
Saya minta dikirim foto anak2 karena katanya mereka teriak2 dengan gembira setelah diberitahu akan dapat sapi (karena jarang sekali bisa dapat), tetapi Ust Muhtadin minta maaf. Di sana ada beberapa orang yang punya HP, tapi tidak ada yang punya HP smartphone yang bisa kirim foto. Haha. Kasihan. Dan juga tidak ada yang punya digital kamera. Jadi dia tetap akan usahakan lewat orang lain dan nanti saya akan kirim foto anak2 di sana kalau sudah bisa dapat.
Terima kasih atas semua bantuan. Semoga Allah SWT segera membalas.
Dan kalau mau menjadi donatur yang rutin ke sana setiap bulan, silahkan juga.

Bantuan bisa disalurkan lewat rekening ini:

Bank: BNI
No. Rekening: 0216248507
Atas nama: BAZ
Kota: Karawang
Cabang: BNI Karawang

Di desa Purwadana ini, ada:
173 anak yatim
162 orang jompo

Terima kasih atas partisipasinya.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene

Wednesday, July 11, 2012

Anak-Anak Yatim Teriak Gembira Dapat Satu Ekor Sapi (Untuk Sahur)

Teman2, saya barusan ditelfon oleh Ust Muhtadin, Ketua MUI Karawang, yang sedang kumpulkan uang untuk sahur pertama ratusan anak yatim di Desa Purwadana. Tadi ada teman saya yang titip 10 juta untuk beli 1 ekor sapi, dan saya langsung transfer dan juga sms ke Ust Muhtadin. Dia barusan telfon untuk mengucapkan terima kasih berkali2, dan sekaligus mengaku dia menangis tadi setelah mendapat kabar ada 10 juta yang ditransfer.
Dia juga ceritakan bahwa anak2 yatim teriak dengan gembira dan ucapkan alhamdulillah setelah dapat berita yang begitu ditunggu oleh mereka. (Ada lebih dari 170 anak yatim dalam satu desa itu!)
Ternyata, kemarin2 dia sudah coba cari uangnya sendiri dari orang2 di sana dan dalam jaringan yang ada di Karawang, tapi tidak begitu ditanggapi. Kata Pak Ustadz, anak2 yatim yang minta dicarikan sapi karena mereka jarang makan, tetapi Ust Muhtadin tidak berani berjanji kepada mereka, karena dia sedikit ragu-ragu bisa dapat 10 juta. Akhirnya sudah dapat 10 juta, dan ada 2 juta lagi dari orang2 yang sudah transfer ke rekening di sana sejak saya post di Facebook dan email kepada teman2.
Jadi kalau masih ada yang berniat membantu, dan belum sempat kirim, tolong segera transfer juga. Kalau jumlah uang yang masuk mencapai 20 juta, maka bisa dibeli 2 ekor sapi daripada satu saja, dan daging sapi bisa dinikmati anak2 yatim untuk lebih lama lagi.
Dan yakinlah bahwa Allah SWT akan membalas uang kita itu dengan berlipat ganda.
Terima kasih kepada teman2 yang mau bantu anak yatim di Desa Purwadana. Bisa transfer langsung ke BNI atau titip lewat saya di BCA kalau lebih mudah.

Bantuan bisa disalurkan lewat rekening ini:

Bank: BNI
No. Rekening: 0216248507
Atas nama: BAZ
Kota: Karawang
Cabang: BNI Karawang

Di desa Purwadana ini, ada:        
173 anak yatim
162 orang jompo

Wassalam,
Gene  

Tuesday, July 10, 2012

Apa Bagus Kalau Membina Muallaf Dengan Pandangan Islam Yang Keras?

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2, saya dapat message dari Admin lain di Facebook Muallaf Indonesia (MI), yang mengatakan ada beberapa member yang komplain tentang saya. Diantara lain, dikatakan bahwa saya “tidak sopan”, “bertindak seenaknya”, “bersikap kaya preman”, dan sering “menghinakan orang Indonesia” (tapi saya tidak diberikan buktinya). Para member itu juga mendirikan group Facebook yang baru untuk muallaf, supaya dapat kebebasan bicara di situ.
Mungkin sebagian dari orang itu tidak suka kalau saya tegas. Apa saya tegas? Iya, mungkin saja saya sering tegas, tetapi hanya terhadap orang yang mau bicara dengan muallaf tanpa punya ilmu pembinaan muallaf. Komentar mereka, yang mereka anggap “bagus atau “ilmu Islam yang benar”, bisa sangat mengganggu hatinya seorang muallaf. Sebagian member menulis komentar di group MI tanpa paham kondisi muallaf sama sekali. Tetapi kalau saya lawan di awalnya (dengan sikap dan kata2 yang baik) kadang mereka malah naik darah dan menyerang dengan menanyakan dari mana saya dapat hak untuk menolak post atau komentar mereka (terutama kalau ada ayat dan hadiths dalam teks yang juga dihapus). Dan ini tidak terjadi sekali, atau dua kali, tetapi terjadi secara rutin setiap beberapa bulan dengan masuknya member-member baru yang punya pandangan keras dalam agama.

Orang Muslim dengan sangat mudah bisa menulis (misalnya), “Wajib shalat di masjid bagi pria. Haram dan berdosa kalau shalat sendirian di rumah.” Atau, “Haram dan berdosa kalau tidak pakai jilbab setelah masuk Islam.” Atau, “Wajib potong celana setinggi betis (cingkrang).” Atau, “Wajib panjangkan jenggot.” Atau, “Sekali tidak shalat, kafirlah!” Tetapi orang yang menulis itu tidak paham ada sebagian muallaf yang takut ketahuan sebagai muallaf karena tidak tahu apa yang akan terjadi kalau rahasia mereka terbongkar di tengah keluarga yang benci orang Muslim. (Misalnya, di rumahnya, orang Muslim disindir sebagai “teroris” dan dikatakan “bodoh” karena tidak mengenal kasih sayangnya Yesus.)   
Ada muallaf yang ceritakan kepada saya bahwa dia bawa sebotol Aqua ke kamar, kunci pintu, taruh handuk di lantai, dan tuangkan air ke tangan dengan pelan untuk melakukan wudhu. Dia tidak berani wudhu di kamar mandi, karena takut suara air kedengaran Ibunya. Lalu dia ambil sejaddah dari tempat penyimpanan rahasia di lemari, dan shalat subuh tanpa pakai suara. Ini bukan cerita rekayasa dari saya. Ini cerita nyata dari seorang muallaf yang tinggal di Jakarta. Dia takut sekali keluarganya akan tahu dia sudah masuk Islam. Dia takut dipukuli, diusir dari rumah, dan tentu saja uang kuliah akan dihentikan karena dia dinilai “bukan anak lagi”. Bagaimana nasib dia setelah itu? Dia takut dan sedih setiap hari. Lalu dia cari bantuan lewat internet, ketemu blog saya dan kirim email. Alhamdulillah saya bisa membantunya sebelum niat bunuh diri terwujud.

Mohon Bantuan Untuk Anak Yatim di Desa Purwadana, Karawang

Assalamu'alaikum wr.wb.,
Teman2, di Desa Purwadana, Karawang, ada keinginan membuat program sosial untuk sahur pertama di hari pertama, bulan Ramadhan, Juli 2012. Saya dihubungi Ust Muhtadin, yang juga Ketua MUI setempat, yang menjelaskan bahwa mereka ingin membuat sop daging sapi untuk sahur pertama, karena anak yatim, janda dan jompo di desa itu jarang sekali bisa makan sapi. Ide ini disambut dengan semangat yang tinggi oleh anak-anak.
Untuk itu, Ust Muhtadin mencari bantuan dari ummat Islam sebanyak 10 juta untuk beli 1 ekor sapi, dan nanti akan disembelih dan dijadikan sop daging sapi pada 1 hari sebelum sahur pertama.
Kalau ada teman yang ingin membantu dalam program ini, silahkan transfer ke rekening yang dibuat Ust Muhtadin khusus untuk kepentingan anak yatim dan jompo di desa Purwadana.

Bantuan bisa disalurkan lewat rekening ini:

Bank: BNI
No. Rekening: 0216248507
Atas nama: BAZ
Kota: Karawang
Cabang: BNI Karawang

Di desa Purwadana ini, ada:        
173 anak yatim
162 orang jompo

Bantuan sewaktu-waktu dan bantuan secara rutin juga sangat dibutuhkan di desa Purwadana, karena selama ini tidak ada donator tetap sama sekali untuk anak yatim dan jompo di sana. Jadi bantuan yang lain juga bisa disalurkan lewat rekening yang sama.
Terima kasih kalau ada yang bisa membantu. Semoga bantuannya segera dibalas oleh Allah SWT.

Friday, July 06, 2012

Dibutuhkan Bantuan: Cari Apartemen Di Taman Rasuna

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2, ada teman saya yang baru pindah kerja dari London ke Jakarta. Di orang Inggris, Muslim, dan tinggalkan isteri dan anak di London untuk kerja setahun di sini. Dia baru datang minggu kemarin, dan perusahaannya tidak bantu mencari tempat tinggal, jadi dia masih di hotel. Kemarin saya sudah bantu dia cari apartemen di Taman Rasuna karena dekat kantor di Kuningan, tapi belum dapat yang pas. (Melihat 2 orang bule, harga naik).
Diperlukan yang fully furnished, dengan harga antara 5-6 juta. (Ada teman kerja di sana, dan mereka bisa dapat segitu, termasuk internet dan TV kabel).
Tapi juga membutuhkan bantuan untuk sewa per bulan. Dia dibayar per hari sebagai konsultan, jadi kalau proyek selesai cepat, dia akan di-PHK. Jadi kontrak apartemen langsung untuk 12 bulan sangat membebankan. (Tapi kalau semuanya lancar, dia akan tetap di situ untuk 12 bulan.)
Kalau ada yang bisa menawarkan bantuan, tolong segera hubungi saya di email.
Gene Netto : genenetto@gmail.com

Terima kasih kalau bisa bantu dengan sebarkan ini kepada teman2 yang lain. Dibutuhkan tempat tinggal dalam waktu cepat. Semoga Allah bisa segera memberikan bantuan kepada saudara kami ini dari Inggris.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene  

Wednesday, July 04, 2012

Militan Bersenjata Mali Hancurkan Makam Wali

Minggu, 1 Juli 2012, 14:34
"Mereka bersenjata dan mengepung tempat itu dengan truk."
VIVAnews - Kaum militan Islam bersenjata menghancurkan mausoleum dan makam para wali berusia ratusan tahun di Timbuktu, Mali. 
Bersenjatakan AK-47 dan kapak, para militan garis keras dari kelompok Ansar Dine itu menyerang kompleks bangunan suci yang telah ditahbiskan Unesco sebagai situs warisan dunia. Serangan dari para pemberontak yang masih beririsan dengan Al-Qaeda itu dilancarkan setelah Unesco mengumumkan statusnya sebagai situs warisan dunia yang keberadaannya kian terancam.  

"Mereka bersenjata dan mengepung tempat itu dengan truk. Warga sekitar hanya bisa terpana menyaksikannya," kata seorang saksi mata seperti dinukil dari laman The Guardian. 
Sekitar tiga mausoleum dan tujuh makam hancur berantakan. 
"Mausoleum itu kini tak lagi ada. Kompleks pekuburan kini cuma berwujud seperti lapangan bola," ujar seorang guru, Abdoulaye Boulahi. Menurut para saksi mata, sekitar 30 orang pemberontak meremukkan segala bangunan yang ada di hadapan mereka dengan kapak dan cangkul. 

Tak hanya itu. Para pemberontak juga mengancam akan meluluhlantakkan 16 kompleks pemakaman lain. Sementara itu, Ansar Dine merupakan kelompok yang mendukung pemberlakuan Syariah Islam secara ketat. Mereka berpendapat monumen-monumen yang didirikan demi mengenang para wali itu sebagai kemusyrikan. 


Menilai Orang Lain Dari Pakaiannya

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Pernah ada cerita dari teman saya yang namanya Yasir. Dia lagi duduk di warung untuk makan malam, dan ada orang yang datang dan duduk di sebelahnya. Orang itu memakai baju panjang (gaya Pakistan) dengan sorban, dan celana dipotong tinggi di atas betis, dan pakai sandal jepit. Jenggotnya panjang dan tidak rapi (mungkin karena kepanjangan, dan jarang dipotong).
Orang itu tanya apakah Yasir seorang Muslim. Yasir jawab iya. Orang itu mulai menegor Yasir,  tetapi dengan senyuman yang kaku, mungkin seperti buaya yang senyum tapi niat sebenarnya adalah untuk menekan atau mengancam.

Katanya, Kok jam segini duduk di warung padahal sudah jelas ada adzan dari masjid. Mestinya sebagai seorang Muslim dia tinggalkan makanan di warung dan datang ke masjid untuk ikut shalat. Orang yang baik agamanya akan shalat di masjid, dan tidak akan duduk di warung terus pada saat dengar adzan. Lalu dia kutip beberapa ayat dalam bahasa Arab untuk memperkuat semua komentarnya bahwa Yasir adalah orang yang agamanya tidak baik dan perlu diperbaiki. (Dan orang itu sepertinya siap menegor sehingga Yasir merasa malu dan mau pergi ke masjid sama dia.)

Dia juga menegor Yasir karena memakai celana jeans dan kaos padahal itu adalah pakaian orang kafir, dan seorang Muslim yang baik akan memakai baju seperti dia, atau memakai gamis dan sorban, karena itu adalah pakaian seorang Muslim. Jeans dan kaos tidak boleh dipakai untuk shalat, katanya, karena “meniru orang kafir, berarti kafir juga”.

Sunday, July 01, 2012

Pengalaman Kamis Malam

Ada teman baru dari luar negeri yang mau pindah ke Jakarta untuk kerja. Di sini tidak ada teman sama sekali, jadi saya ke bandara untuk jemput dia. Sepertinya akan berlangsung lancar tanpa masalah, karena kantor baru sudah booking dan juga bayar hotel baginya di Kuningan. Alhamdulillah ada teman yang pinjamkan mobil dan sopir untuk bantu jemput dan antar ke hotel. Kita kena macet sedikit, tapi tidak begitu parah dan sampai di hotel jam 8 malam. Saya suruh sopir pulang (supaya dia bisa istirahat).

Ternyata…. Ada kesalahan, dan Hotel diberitahu dia akan cek ini hari Jumat tanggal 29, bukan Kamis 28. Bisa masuk malam jumat? Tidak bisa. Fully booked. Waduh.
Ya sudah. Kita dapat bantuan dari reception untuk telfon ke hotel2 yang lain. Semuanya juga fully booked. Kami coba 20 hotel, tidak ada yang kosong. (Lagi liburan sekolah, semua hotel penuh). Akhirnya, ada tawaran suite di Meridien, dengan harga 240 dolar. Mahal sekali, hanya untuk satu malam (6 jam saja!) karena jumat pagi harus ikut rapat pertama dan akan kembali ke hotel yang sudah booked di kuningan. Orang yg bantu di situ suruh bikin booking dulu di Meridien sebagai pilihan darurat dengan kartu kredit saya, karena dikuatirkan tidak akan bisa dapat yang lain. Katanya, kalau nanti dapat hotel yang lain, Meridien bisa di-cancel saja, dan saya dikasih nomor telfon Meridien. Ya sudah. Booking saja dulu, sambil cari2 yang lebih murah.