Tuesday, August 28, 2012

Kasihan Para Isteri Indonesia

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Apakah bisa lewat satu minggu tanpa ada perempuan hubungi saya untuk curhat, bahwa dia tidak bahagia dalam pernikahannya? Sepertinya ada suatu masalah besar di negara ini, di antara para suami-isteri. Di dunia barat, lebih mungkin mereka akan ribut dan cerai. Di sini, lebih mungkin mereka akan pura-pura bahagia di depan umum, di depan keluarga dan teman, tapi di dalam rumah ribut terus dan tidak bahagia. Tapi karena merasa harus “dirahasiakan” supaya tidak “malu”, maka si perempuan menderita terus, tanpa bisa berkomunikasi dengan banyak orang, termasuk keluarga kandungnya sendiri.

Ada suami yang selingkuh, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang narkoba, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang mabuk-mabukan, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang menikah lagi tanpa memberitahu isteri pertama, lalu abaikan isteri pertama, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang tinggalkan isteri bertahun2, lalu ditemukan kembali hidup dengan perempuan baru di kota lain, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang berjudi, dan uang keluarga habis terus, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang berubah dan bersikap dingin, alias tidak mencintai isterinya lagi dan malas bicara, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang mengancam dan memukuli isterinya secara rutin, tapi isteri tidak mau cerai. Ada suami yang menghinakan dan mengancam isteri secara psikologis terus, tapi isteri tidak mau cerai. Dan seterusnya.

Saturday, August 25, 2012

Separuh Makanan Warga Amerika Dibuang ke Tempat Sampah

Kamis, 23 Agustus 2012, 07:08 WIB
REPUBLIKA.CO.ID, Warga Amerika membuang hampir setengah makanannya setiap tahun, memboroskan sekitar 165 miliar dolar per tahun, menurut sebuah penelitian yang hasilnya diumumkan Selasa (21/8).

“Sebagai negara, kita ini pada dasarnya membuang semua potongan makanan yang ditemui. Itu artinya membuang uang dan sumber daya berharga ke tempat sampah,” ujar Dana Gunders, ilmuwan dari program makanan dan pertanian di Dewan Ketahanan Sumber Daya Alam (NRDC).

Laporan lembaga tersebut menunjukkan bahwa masyarakat Amerika membuang 40 persen dari persediaan makanannya setiap tahun, dan rata-rata keluarga beranggotakan empat orang membuang makanan senilai 2.275 dolar AS per tahun.

Sunday, August 19, 2012

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H.
Taqabalallahu mina wa minkum. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan ini diterima Allah SWT dan kita dipertemukan lg dgn Ramadhan tahun depan. 
Mohon maaf lahir dan batin. Gene Netto.


Saturday, August 18, 2012

Merasa Kehidupan Anda Berat? Coba Simak Ini.

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2, saya barusan ditelfon oleh seorang anak yang muallaf, masih anak SMA. Dia sudah tertarik pada Islam dari beberapa bulan yang lalu, dan bertanya2 terus di beberapa tempat. Akhirnya dia merasa yakin dan masuk Islam secara lisan (baca syahaddat sendiri). Tapi karena kemudian ketahuan oleh kakaknya, dia diancam akan dibunuh kalau berani main-main dengan Islam lagi. Dikatakan sudah kena virus yang parah, yang merusak akal pikiran, sehingga dia berani masuk Islam dan tinggalkan Tuhan Yesus. Untungnya, si kakak belum memberitahu orang tuanya. Kalau orang tua tahu, dia tidak bisa bayangkan reaksi mereka seperti apa, karena katanya, mereka orang yang keras dan fanatis terhadap agama Kristen.  

Walaupun sudah diancam dan takut dibunuh, dia masih nekat saja mengucapkan syahaddat lagi secara formal dialam masjid di bulan puasa ini, dibantu oleh para pengurus setempat. Dan sekarang dia jadi bingung. Shalat tidak bisa, puasa tidak bisa. Kalau diusahakan, akan ketahuan oleh keluarga.

Dia bertanya kepada saya apa boleh menginap di rumah ustadz, dan tinggalkan rumah keluarga? Tapi secara hukum, dia masih di bawah umur, jadi saya bilang harus tanya dulu pada pengacara, untuk tahu dia punya hak apa. Dia sudah memikirkan itu juga, dan tidak mau sampai orang tua laporkan ustadz ke polisi sebagai “penculik”, dan nanti dia dipaksakan kembali ke rumah orang tua, di mana dia merasa tidak aman.
Saya bilang mungkin bisa bawa pengacara ke pengadilan dan laporkan bahwa kakak ancam akan membunuhnya. Tapi dia pintar sekali, dan langsung menjawab bahwa tidak ada bukti, jadi kakak bisa berbohong dan mengatakan tidak pernah mengancam. Jadi mesti bagaimana? Menunggu dibunuh? Atau hidup sebagai seorang Muslim yang tidak bisa shalat dan puasa? Atau kabur dari rumah, dan setelah itu putus sekolah? Apa solusi yang tepat kalau seorang anak mau masuk Islam, dan orang tua tidak mungkin mengizinkan, dan kakak malah ancam akan membunuh anak itu?

Kita Sibuk Sama Keluarga Saat Idul Fitri, Muallaf Sama Siapa?

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2, saya dapat sms dari seorang muallaf. Dia sudah dewasa dan tinggal di rumah sendiri (mungkin kontrak). Dia mengeluh bahwa Idul Fitri sudah mau datang lagi, tapi tidak membawa kebahagiaan. Dia baru setahun menjadi muallaf, dan ini akan menjadi Idul Fitri kedua bagi dia.
Keluarga tidak mau mengenal dia sejak masuk Islam, dan semua anggota keluarga putus hubungan. Jadi dia tinggal sendirian, tanpa keluarga, dan siap menghadapi Idul Fitri sendirian. Saya bertanya kenapa tidak pergi ke rumah teman, tapi dia bilang tidak ada. Mungkin semua “teman” lama yang non-Muslim juga tidak mau kenal dia lagi, dan belum ada banyak teman baru, apalagi teman dekat.

Saya bertanya lagi kenapa tidak ke rumah tetangga saja, karena katanya semua tetangga dekat tahu bahwa dia muallaf dan tinggal sendirian. Katanya, dia tidak enak mengganggu keluarga mereka yang sedang kumpul, dan tidak enak kalau harus sampai minta izin datang (seolah agak memaksa). Dia berharap mereka yang dengan senang hati akan mengundang dia, bukan dia yang harus minta-minta. Katanya, dia merasa iri sekali dengan orang yang bisa berkumpul sama keluarganya di saat Idul Fitri. Seperti apa rasanya? Tapi dia bertanya apa mungkin ini bagian dari ujian keimanan bagi dia, agar harus bertahan sendirian tanpa ada teman atau keluarga?

Wednesday, August 08, 2012

Masih Dibutuhkan Bantuan Untuk Pesantren Yatim Piatu Daarul Qur’an


Assalamu’alaikum wr.wb.,
Untuk teman2 yang belum sempat kirim bantuan untuk anak2 yatim di Daarul Quran, masih ada kesempatan karena dana yang sudah dikumpulkan masih jauh dari target. Masih dibutuhkan zakat dan sedekah untuk acara buka puasa, santunan anak yatim dan dhuafa, dan untuk renovasi gedung pesantren (terutama untuk isi asrama anak yatim sehingga anak2 bisa mulai menginap di pesantren dan dapat binaan dari ustadz setiap hari).
Yang masih ingin membantu, silahkan langsung kirim ke rekening yayasan Daarul Quran.

Rekening Bank :
Bank Mandiri Soepomo Tebet
A/C 124.009.3029412
a/n Yayasan Darul Qur’an Pendidikan Islam

Dalam mengisi bulan suci Ramadhan ini, seperti tahun-tahun sebelumnya, insya Allah kami akan menyelenggarakan acara-acara :
1.            Buka Puasa & Tarawih Bersama  ( mulai tgl 26 Juli – 10 Agustus 2012 )
2.            Santunan untuk :
·         200 anak-anak yatim piatu & Dhuafa  ( 11 Agustus 2012 )
·         62 orang guru dan karyawan Yayasan ( 11 Agustus 2012 )
3.            Perbaikan sarana gedung Yayasan

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya.” (HR. Bukhari, Turmidzi, Abu Daud)

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa mengambil anak yatim dari kalangan Muslimin, dan memberinya makan dan minum, Allah akan memasukkannya ke surga, kecuali bila ia berbuat dosa besar yang tidak terampuni.” (HR. Turmudzi)

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim diantara dua orang tua yang Muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.” (HR. Abu Ya'la dan Ath-Thabrani, Shahih At Targhib, Al-Albaniy: 2543).

245. Siapakah yang mau memberi PINJAMAN kepada Allah, pinjaman yang BAIK (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan MELIPAT GANDAKAN pembayaran kepadanya dengan LIPAT GANDA yang BANYAK. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.
(QS. Al-Baqarah 2:245)

Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene

Tuesday, August 07, 2012

Software Murotal Al-Qur’an

King Su'ud University mengembangkan software Murotal Al-Quran v 1.0, download gratis di situs: http://quran.ksu.edu.sa/ayat/?l=en

Fitur:
- Terjemah lebih dari 20 bahasa (termasuk Indonesia, Jerman,dll.)
- Tafsir (penjelasan) dari 5 mufassir termasyhur, 1 Tafsir bahasa Inggris oleh Al-Maududi
- Bacaan 23 Imam Murottil ternama
- Tampilan ayat mengikuti bacaan Qori'
- Rasm standar Utsmaniy
- Ragam versi aplikasi Windows, Mac, Linux.

Segera download, install dan rasakan manfaatnya. 


Monday, August 06, 2012

Buat Apa Ujian Kompetensi Guru? Biar Bisa Dibuat Proyek Pelatihan Guru!

Sekarang ketahuan alasan sebenarnya kenapa dibuat Ujian Kompetensi Guru (UKG) kemarin. Banyak guru yang ikuti “ujian” itu komplain. Ada pertanyaan yang: tidak lengkap, suruh lihat gambar (untuk menjawab) tapi gambar tidak nampak, berbasis penghafalan pantun saja, tidak punya jawaban yang benar, dan ada juga yang punya lebih dari satu jawaban benar. Banyak guru komplain bahwa ketahuan soal2 itu dibuat secara mendadak, dan juga dibuat secara asal!
Ada banyak guru yang sedang ikuti ujian ketika koneksinya ke server  di Dikbud putus, dan hasilnya adalah mereka “tidak lulus” (dengan alasan “tidak menyelesaikan ujian”). Ada beberapa guru yang lapor bahwa semua guru di dalam kelompoknya “tidak lulus”. (Kok bisa semuanya “tidak kompeten”?
Jadi buat apa buang2 waktu bikin Ujian Kompetensi Guru ini? Sekarang sudah ketahuan…
Yaitu: mulainya PROYEK PELATIHAN GURU DARI KEMENDIKBUD pada tahun depan!!!
Jadi guru yang tidak lulus UKG (dan itu mayoritas) sekarang disuruh siap-siap mengikuti “pelatihan”. Alias proyek yang nilainya pasti mencapai ratusan milyar nanti (untuk mayoritas dari 2,8 juta guru se-Indonesia). Dan yang “tidak lulus” ujian kemarin, alias “tidak kompeten” diwajibkan mengikuti “pelatihan”. Luar biasa. Semoga KPK siap juga untuk memantau…
Wassalam,
Gene

Guru Bernilai Jelek, Disiapkan Pelatihan Khusus Tahun Depan
Senin, 06 Agustus 2012 , 03:53:00
Pendidikan
YOGYAKARTA - Melihat hasil sementara uji komptensi guru (UKG) yang jeblok, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) langsung merancang agenda pembinaan. Guru-guru peserta yang mendapatkan nilai UKG jelek, wajib mengikuti pembinaan khusus tahun depan.
Di sela safari Ramadan di Yogyakarta, Minggu (5/8) Mendikbud Mohammad Nuh mengakui jika rata-rata hasil sementara UKG yang hanya 44,5 adalah hasil cukup jelek. Nuh mengatakan para guru peserta UKG tidak perlu meratapi berlebihan hasil UKG tersebut.

Saturday, August 04, 2012

Mengemis di Kota, Hidup Mewah di Desa

Membongkar Mafia Pengemis
Kamis, 08/09/2011 17:02 WIB
Deden Gunawan - detikNews
Jakarta Gang-gang sempit dengan rumah yang saling berhimpitan menjadi pandangan khas di Kebon Singkong, Kelurahan Klender, Jakarta Timur. Inilah kampung pengemis. Ada sekitar 3 RW di kawasan ini. Warga yang tinggal di Kebon Singkong kebanyakan pendatang. Mayoritas mereka berasal dari Indramayu, Jawan Barat. Dulunya kawasan padat penduduk ini hanyalah hamparan kebun singkong. Namun sejak tahun 1980-an perlahan-lahan rumah semi permanen dibangun menggantikan tanaman singkong. “Sampai sekarang meski perkebunan singkong sudah tidak ada, kampung ini tetap disebut Kebon Singkong,” kata Yayan, tokoh pemuda di Jakarta Timur.

Seiring perkembangan, daerah Kebon Singkong menjadi kawasan padat dan ramai. Bahkan kawasan ini belakangan dilabeli "danger" sebab banyak residivis yang bersembunyi dan tinggal di kawasan ini.  Selain dikenal sebagai daerah yang rawan kriminalitas, daerah ini juga disebut-sebut sebagai kampung jablay. Dulu banyak perempuan penghibur yang sering mangkal di lokalisasi Prumpung, Jatinegara, mengontrak di daerah ini. Namun seiring meredupnya lokalisasi Prumpung, para pekerja seks komersial (PSK) yang tinggal di daerah tersebut perlahan berkurang. Sekarang di Kebon Singkong banyak dihuni para pengemis. Mereka adalah warga Indramayu.

Bapak Dan Anak Bersatu Untuk Main Di Marching Band

Mau mengeluh tentang semua kesulitan yang anda alami dalam kehidupan? Coba lihat anak ini.
Patrick Hughes lahir tanpa mata. Ada juga penyakit yang membuat anggota tubuh tidak bisa tumbuh secara normal. Jadi dia tidak bisa jalan kaki. Orang tua kaget waktu anaknya lahir begitu, dan bertanya “Kenapa kita dapat seperti ini?”
Tapi mulai dari usia satu tahun, Patrick mulai main piano. Pada usia 2 tahun, sudah bisa terima permintaan lagu dan main di keyboard piano. Saat remaja, main berbagai berbagai macam jenis musik di keyboard, lalu tambah dengan trompet. Saat mulai kuliah, diminta masuk Marching Band dan main terompet di situ (karena jagoan).
Dia langsung bingung. Bagaimana mungkin? Jalan kaki tidak bisa.
Tapi karena diminta bergabung, bapaknya ambil keputusan: bapak yang akan dorong Patrick dalam kursi roda. Jadi Patrick bergabung di Marching Band dan menjadi terkenal di seluruh kota.
Karena menemani anak kuliah, dan juga ikut setiap latihan Marching Band, bapaknya ambil shift kerja di malam hari, dari jam 23:00 s/d jam 6:00, lalu tidur sebentar, bangun jam 11:00 dan temanin anak ke kampus untuk belajar sampai sore.
Ternyata, kehidupan kita tidak begitu buruk. Setuju?
Semoga bermanfaat.

“Father and Son 'Musical Team”

Wednesday, August 01, 2012

Kabar Buruk Dari Desa Purwadana, Karawang

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Teman2, tadi saya ditelfon Ust Muhtadin, teman saya di Desa Purwadana, Karawang, yang juga Ketua MUI setempat. Dia bercerita bahwa kemarin malam, ada maling yang masuk ke dalam rumahnya pada saat dia dan keluarga berada di luar. Seperti biasa, di bulan Ramadhan Pak Ustadz ada banyak kegiatan di luar.
Maling berhasil ambil semua perhiasan isteri, HP Pak Ustadz (tidak dibawa ke masjid), dan semua uang tunai yang ada di kamar termasuk uang anak yatim yang belum dipakai. Untungnya, uang anak yatim tinggal sisa beberapa ratus ribu saja karena kemarin sudah dihabiskan 20 juta untuk 2 ekor sapi yang dibeli dengan sedekah dari teman2 di Jakarta. (Anak2 yatim dapat 1,5 kilo daging masing2 jadi mereka semua sangat bahagia dan bisa makan sapi untuk sahur dan buka puasa pertama.)

Ust Muhtadin titip pesan. Dari kemarin ada beberapa orang yang hubungi dia (setelah tahu tentang anak2 yatim Purwadana dari saya) dan mengatakan siap menjadi donator untuk anak2 yatim di sana. Tapi karena HP-nya hilang, maka semua contacts juga hilang, jadi dia tidak bisa hubungi semua orang itu lagi. Dia hanya berhasil hubungi saya karena masih simpan kartu nama saya di laci. Jadi kalau ada teman yang pernah hubungi Pak Ustadz untuk menawarkan bantuan untuk anak yatim di Purwadana, minta tolong hubunginya lagi di nomor HP 081310202278 supaya bisa disimpan nomornya. (Ini salah satu nomor Hp yang lama, tapi diblokir dulu dan dibuat kartu baru dengan nomor yang sama.)

Pak Ustadz minta doa dari teman2 di Jakarta, supaya bisa sabar dan tetap berjuang untuk mensejahterakan 170 anak2 yatim dan 160 jompo di Desa Purwadana. Katanya, kalau menjelang Lebaran, memang ada peningkatan aksi maling karena semua orang ingin pulang kampung dengan baju baru dsb. Semoga Ust  Muhtadin diberikan kesabaran dan rezeki yang halal dari sumber yang baru.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene