Tuesday, January 22, 2013

Memberi Mainan Kepada Anak Yatim



Assalamu’alaikum wr.wb.,
Dari 2 minggu yang lalu, saya kumpulkan uang dari beberapa teman (lewat Facebook dan email), untuk beli mainan bagi anak yatim di Panti Asuhan Anak Yakin, di Jati Padang. Pada hari Sabtu kemarin saya antarkan semua mainannya. Karena juga ada 4 sepeda yang dibeli, saya harus pinjam mobil dari teman untuk mengantarkan sepeda pada hari Minggu secara terpisah.

Setelah saya datang, baru bisa duduk beberapa detik saja dan semua mainan langsung dibuka dan dipakai sama anak2. Sisa malam minggu itu dihabiskan dengan bermain kereta api, mobil2an, Lego, dan lain-lain. Semua anak kelihatan senang sekali dan kelihatan mereka belum pernah mendapatkan banyak mainan seperti itu. Sebelumnya, kalau mereka pulang sekolah, mereka hanya bisa duduk saja atau ngobrol dengan teman, karena di panti juga tidak boleh nonton tivi setiap hari (hanya boleh 1 jam pada hari Sabtu), dan sebelum saya beli buku cerita, juga tidak ada banyak buku yang bisa dibaca di situ.

Pada hari Minggu, alhamdulillah saya berhasil pinjam mobil dan antarkan 4 sepeda ke panti. Sepedanya merek Polygon dan bergaransi 5 tahun. Pas sampai di panti, saya minta bantuan dari 4 anak besar untuk ikut ke mobil dan anak2 yang lain saya suruh menunggu saja sampai kami kembali. Sepeda dikeluarkan dari mobil, dan saya kembali ke pintu masuk panti untuk membuat video karena mau rekam reaksi anak2 saat mereka melihat sepeda. Ternyata semuanya kaget dan sangat senang.

Mereka main sepeda terus di lapangan depan panti sampai waktu maghrib. Ada satu sepeda kecil warna pink, yang pakai roda pendamping, yang dibeli untuk anak perempuan yang kecil. Tetapi pas anak perempuan melihatnya tidak ada yang mau naik karena malu. Katanya mereka sudah bisa naik sepeda jadi tidak mau pakai karena ada roda pendamping. Hahaha. Tetapi ternyata ada 2 anak laki-laki yang kecil yang belum bisa naik sepeda, jadi mereka saja yang mau maju untuk mencoba. Anak lain hanya menonton dan ketawa2 karena anak laki-laki yang kecil itu jalan dengan pelan, menabrak tembok, atau malah tidak bisa jalan sama sekali. Banyak anak yang teriak “gantian” karena sepeda hanya 4 tetapi ada 20 anak. Alhamdulillah semuanya mau gantian dengan cepat dan tidak ada yang ribut.  

Terima kasih pada semua teman yang berpartisipasi dalam program ini. Kemarin saya sudah ingatkan anak2 untuk mendoakan semua orang yang beli mainan dan sepeda bagi mereka. Cukup mereka berdoa kepada Allah karena walaupun nama2 donator tidak diketahui mereka, Allah Maha Tahu, dan Allah yang akan membalas. Semoga Allah membalas semua kebaikan dari teman2 yang mau menyantuni anak yatim dan membuat mereka sangat bahagia. Minggu kemarin panti mereka banjir setengah meter, tapi sepertinya mereka semua sudah lupakan itu sekarang karena begitu bahagia bisa baca buku cerita, main kereta dan mobil2an, dan naik sepeda di waktu kosong.

Foto dan video yang lain bisa dilihat di Facebook saya.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto























No comments:

Post a Comment