Tuesday, January 21, 2014

Tolak Vaksinasi Polio, Peshawar Menjadi Kota Terbanyak Di Dunia Yang Terjangkit Polio



Selasa, 19 Rabiul Awwal 1435 H / 21 Januari 2014
Organisasi Kesehatan Dunia mengumumkan bahwa kota Peshawar di barat laut Pakistan, menjadi kota terbesar yang terjangkit virus polio di dunia. Ini dinyatakan WHO di tengah keprihatinan atas kekerasan yang terus berlanjut terhadap tim relawan vaksinasi polio di kota tersebut dan beberapa wilayah konflik.

Di Pakistan, upaya vaksinasi dari tim relawan mendapat hambatan dari pemimpin Taliban untuk mencapai beberapa daerah yang menjadi rawan penyebaran penyakit ini, hal ini ditambah dengan kecaman sejumlah ulama terhadap kegiatan vaksinasi. Mereka menyebut kampanye polio sebagai sebuah konspirasi untuk menginfeksi anak-anak Muslim yang subur.

WHO menyatakan bahwa Pakistan adalah satu-satunya negara di dunia yang terus meningkat jumlah penyebaran penyakit yang menjangkiti kaum balita. Tercatat sebanyak 91 kasus terjadi pada tahun 2013 lalu, jumlah ini meningkat tajam dibandingkan tahun 2012 yang hanya 58 kasus.

Di tahun 2013 kemarin tim vaksinasi PBB telah mendapat lebih dari 30 serangan.
Pakistan , Afghanistan dan Nigeria menjadi 3 negara peringkat teratas dalam penyebaran penyakit epidemik yang melanda kaum anak-anak tersebut. (Skynewsarabia/Ram)


No comments:

Post a Comment