Thursday, April 09, 2015

Kenapa Guru Buruk Tidak Dipecat Saja?



Assalamu’alaikum wr.wb.,
Ada komentar ttg seorang guru bermasalah yg sudah dipindahkan ke sekolah lain. Selesai masalahnya? Tentu saja tidak! Kenapa memindahkan guru dianggap “solusi”?? Kalau ada guru yang menghinakan, membentak, memukul, menghukum (dgn cara tidak wajar), berbuat cabul, dll. kenapa “solusinya” adalah pindahkan guru itu ke sekolah yg lain (dimutasi)? Kenapa tidak DIPECAT SAJA??!! Bagaimana kl pemikiran ini dibawa ke ranah yang lain?

- Seorang pilot sering salah saat mendarat, hantam landasan dgn keras, pesawat loncat2, penumpang muntah dan ketakutan. Solusi? DIPINDAHKAN ke pesawat yang lain?
- Seorang Polisi sering memukul tahanan dan suruh mereka mengaku. Banyak org tidak bersalah masuk penjara. Solusi? DIPINDAHKAN ke Polsek yang lain?
- Seorang dokter sering malpraktek, banyak pasien kena infeksi dan gangguan kesehatan jangka panjang. Solusi? DIPINDAHKAN ke rumah sakit yg lain?
- Seorang pengacara sering memalsukan info dan dokumen agar kliennya bisa bebas dari pengadilan. Sebagian orang yg bersalah bisa lolos. Solusi? DIPINDAHKAN ke kantor pengacara yg lain?

Mau berapa banyak contoh yang lain? Kalau ada seorang guru yang tidak suka anak, tidak mau ketemu anak setiap hari, sering memukul anak dan membuat mereka ketakutan setiap hari, atau melakukan pelanggaran kode etik guru, PECAT saja orang itu! Tidak usah dimutasi. Suruh dia kerja di pabrik saja, dan selamatkan anak Indonesia dari guru tidak berkualitas seperti itu. Tinggalkan orang yang INGIN menjadi guru sebagai sisanya di sekolah. Mereka akan bertahan sementara dgn kelas besar, tanpa perlu hajar anak dan membuat mereka ketakutan setiap hari! Dan bisa dicari banyak calon guru yang baru, yg punya ilmu yg baik, dan semangat yang tinggi, dan siap menjadi guru generasi baru. Anak2 Indonesia tidak butuh guru yang membuat mereka TAKUT di kelas!!
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment