Tuesday, July 14, 2015

Isap Ganja Di Bulan Puasa



Pertanyaan:
Assalamualaikum, Saya manusia yg mudah tergoda pak ustad, niat untuk tidak melakukan maksiat ini (ganja) di bulan puasa akhirnya digoda oleh teman untuk menghisapnya, dan akhirnya saya hisap. nah stelah itu saya tidak mandi junub langsung sahur dan niat puasa.. bagaimana dgn memperbaikinya.. apa bisa mandi stelah subuh / sekitar jam 9an?

Jawaban:
Wa‘alaikumsalam wr.wb.,
Isap ganja adalah dosa yang setara dgn minum alkohol (semua narkoba sama), karena membuat pemakainya “mabuk”. Tidak ada hubungan dgn mandi junub. Mandi junub itu bagi org dlm kondisi “junub” karena sperma keluar, haid, dsb. Kl sudah selesai isap ganja sebelum waktu subuh, maka itu menjadi dosa di malam hari, dan bukan hal yang batalkan puasa kecuali dilakukan di siang hari juga. Tapi isap ganja menjadi dosa yang serius, sama spt semua narkoba, alkohol, dll. yang akan HAPUS PAHALA PUASA. Jadi buat apa dilakukan, dengan masih peduli pada puasanya? Hanya dapatkan lapar dan haus tanpa pahala.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “Setiap amal manusia terdapat pahala yang terbatas kecuali puasa, sesungguhnya puasa adalah untuk-Ku dan Aku (Allah) yang membalasnya, dan puasa adalah perisai. Dan pada hari puasa JANGANLAH KALIAN MENGATAKAN ATAU MELAKUKAN PERBUATAN KEJI dan janganlah membuat gaduh. Jika salah seorang kalian mencelanya atau membunuhnya maka hendaklah mengatakan: ‘Sesungguhnya aku sedang berpuasa.’ Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada ditangannya benar-benar bau mulut orang yang berpuasa lebih harum disisi Allah dari bau kasturi, bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan yang ia gembira dengan keduanya: jika berbuka ia gembira, dan jika bertemu Allah dengan puasanya ia gembira.” (HR. Bukhari & Muslim)

Dari hadiths ini jelas bahwa perkataan dan perbuatan keji adalah hal yang wajib ditinggalkan, dan kl mau dilakukan, maka puasa menjadi percuma. Dalam hadiths satu lagi:

Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan ia masih melakukannya, maka Allah Ta’ala tidak memperdulikan baginya meninggalkan makan dan minumnya (disiang hari).” (HR. Bukhari dan Abu Daud selafazh dengannya)

Dari sini jelas bahwa “berbohong” saja membuat puasa menjadi percuma. Apalagi melakukan dosa lebih besar dari itu. Bisa dipahami? Bagaimana kl anda pukul muka ibu sekeras mungkin, lalu usap kepalanya dgn kasih sayang? Ibu menjadi senang atau marah? Bagaimana anda bisa kejam dan sayang kepada ibu di saat yg sama? Itu yang anda lakukan terhadap Allah. Isap ganja karena TIDAK PEDULI pada Allah, lalu puasa karena PEDULI pada Allah. Apa masuk akal?

Coba tinggalkan kebiasaan isap ganja itu, dan jangan dilakukan di bulan puasa. Berusaha utk tinggalkan secara total kl bisa. Jangan dekati teman2 buruk yang selalu tawarkan ganja. Cari teman lain, atau cari kegiatan lain. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada anda utk memperbaiki diri. Amin.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment