Friday, November 27, 2015

Jangan Putus Asa!

Assalamu’alaikum wr.wb.,
Seorang fotografer bernama Alan McFadyen berusaha selama beberapa tahun untuk dapatkan “foto pas” dari burung Raja Udang (Kingfisher). Di pinggir sungai, dia bisa ambil 600 foto pada satu waktu, dan setelah dicek, dari semuanya tidak ada yang bagus. Apa dia putus asa? Tidak. Dia kembali lagi di lain waktu dan ambil foto lagi.

Akhirnya dia dapatkan foto yang paling diinginkan. Posisi burungnya pas, saat menyentuh air dgn parungnya pas, tidak ada percikan air, dan refleksi badan burung di atas permukaan air juga pas. Setelah dia merenung, ternyata dia sudah berusaha lama sekali utk dapat satu foto itu. Ternyata, dia mulai sejak tahun 2009, jadi telah habiskan ENAM TAHUN. Terhitung 4.200 jam dan 720.000 foto untuk dapat 1 foto yang pas.

Itu yang disebutkan Dedikasi. Dan karena punya dedikasi, dia berusaha terus, dan tidak putus asa. Apakah ada anak atau teman yang suka mengeluh karena belum mencapai tujuan yang dia inginkan dalam kehidupan? Kita semua bisa alami kesulitan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tapi satu hal yang sangat bermanfaat untuk mencapai tujuan yang baik adalah: Dedikasi. Kalau punya dedikasi maka tidak mau putus asa dengan cepat, dan lebih mungkin berhasil. Kalau dipikirkan, putus asa dan merasa yakin pasti gagal sangat gampang sekali. Anak TK juga bisa. Tapi untuk terus berjuang ketika terasa sulit, itu yg disebut Dedikasi.

Kalau seorang fotografer bisa dapat apa yang dicari setelah berusaha selama 6 tahun, yg menghabiskan 4.200 jam dan 720.000 usaha (foto), maka kita juga bisa berhasil di bidang yang lain. Salah satu kunci terpenting adalah: Dedikasi! Tapi jangan lupa berdoa juga, dan jangan berhenti berjuang kl tujuannya memang baik!
Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto



No comments:

Post a Comment