Thursday, March 10, 2016

Nizam Bisa Shalat, Kenapa Anda Tidak Mau?



Assalamu’alaikum wr.wb.,
Kenalkan. Ini Muhammad Nizam Faturahman. Anak yatim. Usia 5 tahun. Tinggal di Bekasi. Lahir dalam kondisi tuli. Nizam belum pernah dengar suara ibunya sekalipun. Dan karena tuli, Nizam belum bicara karena tidak tahu caranya! Ibunya jualan nasi uduk keliling, jadi kondisi hidup sangat sederhana, serba kurang. Di usia kecil begini, Nizam belum masuk sekolah. Tapi sudah coba main dengan anak lain di TK dan TPA. Ternyata, mereka tidak senang ada "anak aneh" di tengah mereka, jadi Nizam dipukul, didorong dan dicakar. Dia menangis dan tidak mengerti kenapa anak lain tidak suka dia.

Tapi ketika Nizam melihat adzan maghrib di tivi, atau ibunya angkat tangan spt takbir, dia paham sudah waktu shalat, dan Nizam lari. Dia mencari tempat shalat, ambil wudhu sendiri, dan lakukan takbir, ruku dan sujud sendiri, semuanya tanpa suara apapun. Nizam tidak paham arti shalat. Tidak tahu istilah "Allahu Akbar". Seumur hidup belum pernah dengar Al Fatihah. Dia tidak tahu artinya "Allah, Rasulullah, atau Al Qur'an". Yang dia paham adalah "Ini adalah waktunya untuk melakukan gerakan ini, biar ibu senang!' Jadi dia laksanakan shalat versi dia, tentu saja tanpa paham ttg Allah SWT yang menciptakan dia.

Sekarang ada pertanyaan penting: Kalau Nizam bisa shalat dengan baik, kenapa anda tidak bisa? Sedangkan bagi anda tidak ada halangan, dan anda diberikan segala kemudahan dari Allah SWT untuk mengenal dan menjadi dekat dengan Dia. Nizam bisa shalat, padahal mustahil bagi dia untuk memahami Allah, Rasulullah SAW dan Al Qur'an. Tapi dia masih berusaha setiap hari. KENAPA ANDA TIDAK MAU?

110. Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.
(QS. Al-Baqarah 2:110)

Walaupun anda sudah hidup bertahun2 dengan tinggalkan shalat, atau shalat yang bolong2, anda bisa mulai lagi sekarang juga. Ambil wudhu, dan sujud kepada Tuhan Yang Maha Esa yang menciptakan anda. Anak yatim yang tuli bernama Nizam bisa. Anda punya alasan apa?
Semoga bermanfaat sebagai renungan.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto


No comments:

Post a Comment