Monday, April 11, 2016

Cara Hilangkan Rasa Kecanduan Pada Narkoba



[Pertanyaan]: assalammu'alaykum wr wb, ustad. sah kah kita mengerjakan shalat, apabila kita habis menggunakan shabu shabu? terima kasih ustad.
wassalammu'alaykum wr wb.

[Jawaban]: Assalamu’alaikum wr.wb.,
Orang yang mabuk (atau teler dari narkoba) dilarang shalat. Jadi shalatnya tidak sah.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendekati shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…
(QS.An- Nisa’:43)

Yang perlu dipikirkan bukan sah atau tidak. Tapi DITERIMA atau tidak. Saat orang minum alkohol (atau pakai narkoba, dianggap sama), maka shalat tidak diterima utk 40 hari. Masih wajib dikerjakan, tapi Allah tidak peduli pada shalat itu, alias tidak dikasih pahala.  Rugi sekali kl pakai narkoba, menjadi bahagia utk satu jam saja, tapi bikin Allah marah utk 40 hari, dan semua shalat yang dikerjakan selama 40 hari itu menjadi sia-sia dan tidak dapat pahala. Jadi hanya ada dosa pakai narkoba. Apalagi kl juga tinggalkan shalat, maka dosanya tambah lagi.

Lebih baik anda cari bantuan untuk segera berhenti pakai narkoba. Saran saya, coba cari ustadz di dekat rumah yang baik hati. Jujur dgn dia, ceritakan apa yang anda alami dan minta tolong utk sering bertemu di rumah dan diskusi agama. Insya Allah akan bantu anda mengubah pikiran anda, dan lama2 narkoba bisa ditinggalkan  dan tidak mulai lagi.

Juga cari panti asuhan dekat rumah. Coba bertemu dan diskusi dgn anak yatim (di sabtu-minggu saja). Jangan bilang anda kecanduan narkoba. Jelaskan saja bahwa anda sering berbuat dosa (tanpa disebutkan dosanya apa) tapi ingin memperbaiki diri. Minta doa dari mereka agar anda bisa segera berubah dan menjadi orang saleh. Coba perhatikan kondisi hidup mereka. Anda punya uang lebih dari kebutuhan, tapi daripada beli mainan utk menghibur hati anak yatim, anda buang dgn sia-sia untuk beli narkoba. Apakah ada satu hal di dunia yang pernah menjadi "lebih baik" dgn gunakan narkoba? Apa ada pekerjaan yang menjadi lebih bagus hasilnya? Apa ada pernikahan yang menjadi lebih indah? Apa ada org yang tambah sehat? Narkoba itu merusak, dan tidak membawa manfaat, hanya bawa kerugian.

Tapi karena anda sudah kecanduan, maka sulit untuk berhenti. Maka harus ada usaha. Hindari semua teman yang menjadi sahabat pakai narkoba. Jangan ketemu mereka lagi, hapus nomor HPnya, dan bilang saja ke mereka bahwa anda mau taubat, dan jangan telfon lagi. Mereka pasti marah, karena ingin punya teman yang ikut rusak dgn mereka. Semua orang yang merusak kehidupannya sendiri selalu begitu: Mencari teman, biar tidak merasa rusak sendirian!

Anda bisa berubah. Coba sering ikut pengajian, ketemu ustadz setiap minggu, dan kunjungi panti asuhan dan minta doa anak yatim. Belikan mereka mainan, coklat, buku dan barang2 lain yang bermanfaat. Dan berdoa saat beli, mohon Allah hilangkan rasa kecanduan itu, agar uang anda bisa digunakan utk anak yatim saja, bukan utk hal yang buruk.

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud)

Semoga berhasil! Amin.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment