Tuesday, August 30, 2016

Pendidikan Dari Rasulullah SAW Dan Pendidikan Dari Barat



Ada banyak guru dan orang tua yang mengatakan "Kita dipengaruhi oleh Pendidikan Barat sekarang, tapi itu tidak cocok untuk rakyat di Indonesia!" Komentar itu sangat umum di sini, tapi mohon maaf, saya anggap keliru sekali! Kenapa? Semua yang kita anggap "Pendidikan Versi Barat" sekarang sebenarnya sudah ditulis 1400 tahun yang lalu dalam HADITHS RASULULLAH SAW.

Ada buku yang menurut saya sangat luar biasa. Judulnya: Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Ini buku terjemahan dari bahasa Arab, insya Allah masih ada di Gramedia dan Gunung Agung. Saya dapat dari guru saya dulu dan sangat kaget membaca isinya. Menurut saya SEMUA penemuan terbaru di dunia pendidikan barat, tentang cara terbaik mendidik anak, SUDAH ADA di dalam buku ini, yang isinya hadiths dan sedikit ayat, serta TAFSIR terhadap hadiths2 itu. Saya hampir tidak percaya bahwa apa yang ditemukan di dunia barat sekarang ini, dan dianggap sebagai metode pendidikan terbaik untuk anak SUDAH DIJELASKAN oleh Rasulullah SAW lebih 1400 tahun yang lalu tetapi para ahli pendidikan di negara barat tidak tahu, dan sayangnya kebanyakan guru, ustadz dan orang tua di Indonesia juga tidak tahu!

Anehnya, lewat jalur yang berbeda, lewat penelitian dan riset yang luas dan profesional, para ahli pendidikan di barat mencapai kesimpulan yang hampir persis sama dengan apa yang sudah diajarkan oleh Nabi SAW. Masalahnya, pendidikan dari barat seringkali ditolak di sini (dikatakan kafir, tidak bisa diterima), tapi informasi yang hampir persis sama sudah ada di dalam hadiths, dan JUGA TIDAK DIGUNAKAN di Indonesia dan negara2 Muslim yang lain!! Jadi kita mengikuti siapa?? Standar internasional tidak. Contoh Rasulullah SAW juga tidak. Siapa yang kita ikuti dalam sekolah dan rumah tangga kita??

Buku Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah

Nabi Tidak Pernah Memukul
“Rasulullah SAW tidak pernah memukul dengan tangannya, baik terhadap isteri maupun terhadap pelayannya, kecuali dia berjihad di jalan Allah.”
(Sahih Muslim, Nomor 4296)

Nabi Tidak Pernah Menghardik
Dari Anas yang berkata: “Aku telah melayani Rasulullah SAW selama sepuluh tahun. Demi Allah, beliau tidak pernah mengeluarkan kata-kata hardikan kepadaku, tidak pernah menanyakan 'Mengapa engkau lakukan?' dan juga tidak pernah mengatakan 'Mengapa engkau tidak melakukannya?'”
(Sahih Bukhari, Kitab Adab Nomor 5578)

Nabi Tidak Pernah Mencela
Dari Anas yang mengatakan, “Beliau tidak pernah sekali pun memerintahkan sesuatu kepadaku, kemudian akan manangguhkan pelaksanaannya, lalu beliau mencelaku. Jika ada salah seorang dari ahli baitnya mencelaku, beliau justru membelaku, ‘Biarkanlah dia, seandainya hal itu ditakdirkan terjadi, pastilah terjadi.’”
(HR Ahmad 12938)

Pendidikan Akhlak adalah yang Utama
Nabi SAW bersabda: “Tiadalah pemberian orang tua yang lebih utama bagi anak mereka daripada pendidikan adab yang mulia (al-akhlaq al-karimah).”
(HR Tirmidzy)

Allah Menyukai Kelembutan
Rasulullah SAW bersabda, “Wahai ‘Aisyah, sesungguhnya Allah itu Maha Lembut dan menyukai kelembutan. Allah memberikan pada kelembutan apa yang tidak Dia berikan pada kekerasan dan apa yang tidak Dia berikan pada yang lainnya.” (HR. Muslim no. 2593).

Orang Yang Tidak Lembut Jauh Dari Kebaikan
Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang terhalang dari kelembutan, dia akan terhalang dari kebaikan.” (HR. Muslim no. 2592)

No comments:

Post a Comment