Tuesday, August 02, 2016

Penyiksaan Anak di Penjara Australia Mirip di Guantanamo



Minggu kemarin saya lihat hasil investigasi ini dari acara berita Four Corners di Australia. Banyak orang di sana kaget bahwa penyiksaan terhadap anak kecil bisa terjadi di negara maju seperti Australia. Ternyata bisa. Dan walaupun ada sistem pengawasan, ternyata tidak berfungsi dgn semestinya. Sekarang videonya sudah menjadi berita manca negara. Saya pernah lihat video lain di YouTube ttg anak2 dalam penjara di beberapa negara berkembang. Memang banyak terjadi kekerasan dan penyiksaan terhadap anak, dan diberikan kondisi tahanan yang buruk sekali di banyak negara, tanpa ada pengawasan dari pemerintah. Semoga ada yang mau investigasi di Indonesia juga utk pastikan anak2 di sini tidak kena masalah serupa.
-Gene Netto

Penyiksaan Anak di Penjara Australia Mirip di Guantanamo  
Rabu, 27 Juli 2016 TEMPO.CO, Canberra - Rekaman yang diambil dari dalam penjara khusus anak-anak di Australia mengejutkan banyak pihak. Adegan penyiksaan terhadap tahanan anak-anak di Pusat Penahanan Remaja Don Dale, Northen Territory, Australia, terlihat sangat kejam layaknya teroris di penjara Guantanamo, Kuba. Rekaman tersebut terungkap melalui siaran dalam program televisi ABC, Four Corners, pada Senin, 25 Juli 2016. Rekaman itu memperlihatkan seorang remaja ditelanjangi, dipukul, dan diserang dengan gas air mata. 
Seperti dilansir BBC pada 26 Juli, remaja dalam rekaman tersebut diidentifikasi sebagai Dylan Voller, yang dihukum untuk beberapa pelanggaran termasuk pencurian mobil, perampokan, dan penyerangan. Rekaman itu dikatakan diambil antara 2014 dan 2015, saat itu usia Voller masih 13 atau 14 tahun. Dia terlihat diikat di kursi dengan wajah ditutupi selembar kain dan dipukuli oleh sipir penjara.

Video Singkat:

Four Corners: Prisoner shackled into chair for almost two hours in NT youth detention centre
Four Corners: Child prisoner stripped by officers at NT youth detention centre

Video Lengkap (50 min)

AUSTRALIA'S SHAME: The brutalisation of children behind bars | Four Corners https://www.youtube.com/watch?v=kACOj69yQpc

No comments:

Post a Comment