Sunday, November 06, 2016

Apa Artinya "Penistaan Agama"?



Assalamu’alaikum wr.wb., Banyak orang marah pada Ahok. Katanya terjadi "penistaan agama". Jujur, saya kurang paham istilah "penistaan agama" dan batas-batasnya. Saya dibesarkan di negara barat, di mana ada hak bicara bebas. Kl orang tidak boleh bicara bebas, kita tidak tahu isi hatinya. Indonesia belum begitu. Masih ada pasal "pencemaran nama baik" dan "penistaan agama" yg membuat orang takut bicara. Jadi, apa artinya penistaan itu?

Ahok dihujat karena mengatakan orang dibodohi (oleh orang lain) yang memakai Surah Al Maidah 51. Di sini diartikan "pemimpin". Dalam terjemahan bahasa Inggris, diartikan "sekutu". Kesimpulannya, memang ada perbedaan pendapat, walaupun kecil. Yang jelas, Ahok sudah kelepasan ngomong di depan umum. Jadi apa itu "penistaan"? Apa tidak cukup kl dilawan dgn dialog? Apa hanya penjara yang menjadi solusi?

Ada orang yg mengatakan "Kalian dibodohi oleh orang lain, dgn tafsir ayat X yang diartikan begini, padahal artinya tidak begitu". Apa itu penistaan? Yakin? Baik. Mungkin benar. Pertanyaan saya, apa bedanya dgn orang MUSLIM yang mengatakan, "Umat Kristiani dibodohi oleh Gereja, dgn tafsir ayat X yang diartikan Trinitas, padahal artinya tidak begitu". Apakah itu juga penistaan? Bagaimana kl orang Kristen siapkan daftar tokoh2 Muslim yg dianggap menistakan AGAMA KRISTEN karena mengatakan umat Kristiani dibodohi oleh Gereja? Atau apakah perlindungan dari penistaan agama itu HANYA utk orang MUSLIM?

Saya kurang paham batas "penistaan agama" itu ada di mana. Dan juga tidak paham kenapa tidak bisa diatasi dgn dialog bersama tokoh agama. Saya kurang paham kenapa orang Muslim melihat penjara (dan perang) sebagai solusi daripada dialog dan dakwah. Dan bagaimana sikap kita kl banyak tokoh Muslim dituntut masuk penjara karena "menistakan" agama Kristen?

Bagaimana pendapat anda? Apa anda bisa jelaskan definisi dan batas "penistaan agama"? Apa anda setuju kl tokoh2 Muslim juga harus masuk penjara bersama Ahok? Menolak? Apakah kita adil kl mau penjarakan orang yang menistakan agama Islam, tapi bagi tokoh2 Muslim yang "menistakan" agama Kristen kita malah ucapkan "Amin"?

Sekali lagi, saya juga anggap Ahok salah, tapi bagi saya lebih baik ada dialog terbuka agar rakyat bisa dengar semua pendapat yg ada, dan bukan penjara atau perang yg menjadi solusinya. Silahkan berbeda pendapat. Semoga bermanfaat sebagai renungan.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment