Sunday, November 06, 2016

Kalau Siswa Tewas Di Sekolah, Sangat Mungkin Sekolah Lalai



Kalau ada siswa yang tewas di sekolah, sangat mungkin ada kelalaian pihak sekolah. Musibah memang bisa terjadi di mana2. Tapi di sekolah, guru profesional punya tanggung jawab profesi utk pastikan lingkungan sekolah AMAN utk anak. Dosen saya dulu menegaskan: "Tidak bisa kita serahkan jenazah anak ke orang tuanya sambil bilang nilai bahasa Inggrisnya bagus!" Artinya, keselamatan siswa lebih penting daripada hasil akademis.
Anak yg masuk sekolah menjadi tanggung jawab guru dan kepala sekolah. Jadi seluruh lingkungan sekolah harus dibuat seaman mungkin. Tidak ada tempat yg 100% aman, jadi kita hanya bisa KURANGI risiko. Salah satu caranya adalah pastikan tidak ada yg bisa jatuh di atas kepala anak kecil. Dan guru profesional seharusnya sudah paham.
Kalau melihat foto majalah dinding (mading) yg ada di berita, tidak jelas akarnya atau kakinya berbentuk spt apa. Mungkin pihak sekolah anggap kokoh. Tapi kl suatu benda bisa didorong oleh orang dewasa sehingga jatuh, maka sudah tidak aman utk berada di lingkungan sekolah dekat anak kecil. Kalau dibiarkan di situ, dgn dalil "tidak menyangka akan jatuh" maka sekolah yg salah.
-Gene Netto

Siswi SD Tewas Tertimpa Papan Mading, Polisi Periksa Sejumlah Saksi
Minggu 23 Oct 2016, Syahdan Alamsyah – detikNews
Zhafarina Jenita Muldani (9) siswi kelas IV SDI Fathia Perum Puri Cibereum Permai, Sukabumi, Jawa Barat yang tewas setelah tertimpa papan majalah dinding (mading) sekolahnya dimakamkan sekira pukul 09.00 WIB, Sabtu (22/10/2016) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Ciandam Kota Sukabumi.

Pemkot Sukabumi Sebut Siswi yang Tewas Tertimpa Papan Mading Murni Musibah

No comments:

Post a Comment