Sunday, November 06, 2016

Walaupun Sendirian…!



[Komentar]: Saya akui, mental Mas Gene sangat kuat. Setiap posting-nya yg menyudutkan guru bakal kena hantam kanan-kiri, tapi dia tetap keukeuh. Enam tahun dihantam begini, apa tidak lelah? Hayati saja menyerah. Salut. Barakallah...

[Gene]: Rasulullah SAW berjuang selama 25 tahun utk menciptakan komunitas Muslim yang bisa bersatu dan saling pedulikan satu sama lain. Di Indonesia, utk melakukan hal yang sama dgn 3 juta guru terasa lebih berat. Walaupun mayoritas dari guru itu Muslim, kepedulian terhadap sesama masih minimal, kepedulian terhadap anak minimal, kepedulian terhadap kualitas profesinya minimal, bahkan kepedulian terhadap ajaran agamanya juga minimal. Lalu banyak guru jadi sibuk tunjuk dada sendiri dan menuntut guru harus dihormati. Tidak mau bertanya dulu, apakah guru sudah bertindak dgn cara terhormat sehingga layak utk dihormati.

Jadi saya sadar ini bukan hal yg mudah utk mengubah cara berpikir 3 juta guru. Tapi saya tidak memikirkan mereka atau hujatan mereka. Saya pikirkan 60 juta anak Indonesia yang dapat guru kualitas rendah. Kebanyakan orang dewasa tidak berani hadapi para guru dan suruh guru memperbaiki diri. Semua orang bilang, kl orang tua tegor guru maka guru balas dendam terhadap anak di kelas. Itulah kualitas guru kita yang diyakini oleh masyarakat. Utk melakukan perubahan bukan hal yang mudah.

Tapi daripada saya sibuk nonton sinetron atau cari kekayaan utk diri sendiri, lebih enak saya berusaha melakukan perubahan, walaupun banyak guru tidak mau berubah. Demi masa depan 60 juta anak itu, yang tidak dapat pembelaan dari banyak pihak lain. Demi masa depan bangsa Indonesia yang maju, kuat, bersatu dan sejahtera. Itulah harapan saya. Walaupun banyak teman guru tidak mau dukung dan tidak mau berubah, apalagi mengaku ada masalah. Anak Indonesia berhak dapat kualitas guru dan sistem pendidikan yg lebih baik dari sekarang. Tapi kebanyakan guru malas pikirkan masa depan bangsa dan masa depan 60 juta anak itu. Saya mau pikirkan dan saya mau berjuang, walaupun harus sendirian. 
-Gene Netto

No comments:

Post a Comment