Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (217) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (563) islam (545) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (170) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

14 January, 2017

Sulitnya Dapat Bantuan Untuk Anak Yatim



Assalamu’alaikum wr.wb., Seorang ustadz yg saya kenal mengurus 200 anak yatim dan 500 jompo, nyaris tanpa bantuan. Dia mau membuat santunan anak yatim di bulan Januari ini dan minta bantuan dari saya utk galang dana. Banyak anak mulai sekolah dalam keadaan tidak punya uang (utk makan saja sulit, apalagi buku, sepatu, baju, transportasi, dll.). Saya jelaskan belum bisa, karena lagi galang dana utk Tuti, anak yatim yg kena luka bakar. Dia tanyakan hasilnya. Saya jelaskan: Hanya 17 orang Muslim yg mau bantu Tuti. Jadi jangan berharap saya bisa kumpulkan puluhan juta utk yatim yg sehat. Anak yatim yg kena luka bakar tidak dibantu, apalagi yg hanya lapar saja.

Ini jawaban asli dari Pak Ustadz: "Iya mr klo untuk jln kebaikn susahnya mnta ampun. Beda klo untk thn baruan orang2 kya ngabisin uang ampe jutaan. Contoh sekrang ajj kt mau bikin santunan ampe kebung kempis hehe.... Oke deh yg pnting skrang kt sehat mr. Kt kekurangan pejuang buat mmperjuangkn mereka yg mmbutuhkn".

Berkali2 saya jelaskan bahwa banyak anak yatim dan dhuafa tidak dapat bantuan dari umat Islam. Dan berkali2 juga ada org yg suruh saya berbaik sangka. Katanya "sudah banyak" yg dibantu tapi harus dirahasiakan, dll. Pengalaman saya, dan pengalaman SEMUA ustadz yang saya kenal adalah sebaliknya. Tapi utk rokok, ada 120 triliun per tahun. Utk renovasi rumah, masjid, gedung pemerintah/pemda dll., ada ratusan milyar atau triliunan. Utk pernikahan anak, ada triliunan rupiah, krn mengundang semua orang yg dikenal sejak lahir, tapi TIDAK undang anak yatim.

Begitulah kondisi anak yatim yg sebenarnya. Begitu kondisi umat Islam yg sebenarnya. Daripada suruh saya berbaik sangka, mungkin lebih baik kl banyak orang Muslim BANGUN DARI DUNIA MIMPI, dan sadari kenyataan bahwa kebanyakan orang Muslim sibuk utamakan diri sendiri. Dan anak yatim tidak masuk perhitungan. Kondisi kita tidak akan berubah kecuali kita sendiri mau berubah. FYI, sampai saat ini, hanya ada 17 orang Muslim yg mau bantu Tuti, anak yatim yg kena luka bakar. Anak yatim yg sehat lebih banyak lagi yg tidak dapat bantuan…. Silahkan merenung. Kalau mau.  Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

Rasulullah SAW bersabda, “Aku dan pemelihara anak yatim di surga seperti ini (dan beliau memberi isyarat dengan telunjuk dan jari tengahnya, lalu membukanya.” (HR. Bukhari, Tirmidzi, Abu Daud)

*** BCA, No. Rek. 4502214881, A/N Eugene Francis Netto, Cabang: KCU Menara Bidakara. [Atau]:
*** MANDIRI, No. 124-00-0688256-8, A/N: Yayasan Bambu Biru, Cabang: KK Jakarta Wisma IKPT.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...