Saturday, June 03, 2017

Apa Puasa Sah Kl Minum Alkohol Di Malam Hari?



[Pertanyaan]: Assalamualaikum wr. Wb, Sore pa ustad saya mau tanya, saya kerja dihiburan malam waktu puasa. Jika saya minum alkohol di malam hari tapi saya ingin puasa apakah puasa saya diterima/tidak? Dan apakah saya harus menjalani mandi besar dulu? Mohon dijawab ya paa, trims

[Jawaban]: Wa ‘alaikum salam wr.wb., Kalau minum alkohol (atau pakai narkoba) di malam hari, maka tidak ada hubungan langsung dgn puasa di siang hari. Itu dua hal yang terpisah. Jadi apa yang dimakan dan diminum di malam hari tidak ada hubungan dgn puasa. Mandi wajib/ besar tidak perlu. Anda sudah tahu bahwa minum alkohol adalah suatu dosa, betul? Jadi anda ingin berdosa di malam hari, dan jaga puasa di siang hari? Apa itu yang terbaik yg bisa dilakukan utk Allah?

Kalau minum alkohol (atau pakai narkoba), maka shalat tidak diterima oleh Allah (ditolak) selama 40 hari.  (Ada hadiths). Coba berpikir begini: Ibadah seperti seorang anak yang perlu dijaga terus. Apakah bisa tenang kl anak dikasih air minum terus tapi tidak pernah dikasih makanan? Baik air maupun makanan dibutuhkan oleh anak, dan tanpa salah satunya, anak wafat. Sedangkan anda mau utamakan puasa (air) tapi abaikan makanan (shalat) utk anak anda (ibadah), dan anggap cukup satu saja, padahal dua-duanya wajib. Kalau hanya pedulikan satu, anak anda wafat. Dan ibadah anda juga “wafat”, alias bisa menjadi sia-sia dan tidak punya nilai di sisi Allah.

Coba merenung, dan bertanya apa anda ingin masuk sorga atau tidak. Tujuan hidup di bumi ini adalah utk masuk sorga, betul? Di saat ini, kita sedang diuji, betul? Dan anda sedang beli tiket masuk sorga (dgn puasa) sambil juga sobek2 tiket masuk sorga (shalat ditolak karena minum alkohol). Apa mau seperti itu terus? Coba segera mencari pekerjaan lain, agar bisa berhenti minum alkohol di malam hari. Minum alkohol adalah pilihan. Shalat dan puasa adalah kewajiban. Kalau pilihan anda ganggu kewajiban, gantilah pilihan anda! Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...