Saturday, June 03, 2017

Mabuk Di Malam Hari, Apa Puasa Masih Dapat Pahala?



[Pertanyaan]: asalamualaikum.. saya mau bertanya:? malam nya mabok lalu siangya puasa. puasanya kan tidak dapat pahala ..lalu besok nya puasa lagi apakah puasa nya masih tidak dapat pahala.. mohon dijawab pak terimakasihh

[Jawaban]: Wa’alaikumsalam wr.wb., Yang tahu ada pahala atau tidak, hanya Allah. Jadi kl mau puasa, silahkan puasa. Tapi dgn minum alkohol, shalat tidak diterima selama 40 hari. Jadi anda mungkin saja dapat pahala dari puasa, atau tidak dapat sama sekali, dan dapat dosa dari minum alkohol, dan tidak dapat apa2 dari shalat (karena ditolak).

Jadi sebaiknya berpikir ttg kenapa mau minum alkohol terus, kehilangan pahala dari shalat, tapi sangat peduli pada pahala dari puasa? Ibaratnya mobil, anda sangat perhatikan ban sebelah kiri, dan cuek saja kl ban sebelah kanan bocor dan kempes. Kenapa hanya peduli pada sebelah? Dua-duanya penting, shalat dan puasa, bukan salah satunya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Segala amal kebajikan anak Adam itu dilipat-gandakan pahalanya kepada sepuluh hinggalah ke 700 kali ganda. Allah berfirman: ‘Kecuali puasa, sesungguhnya puasa itu adalah untuk-Ku dan Aku memberikan balasan (pahala) kepadanya, (karena) dia (orang yang berpuasa) telah meninggalkan syahwat dan makan minumnya karena Aku.” (HR. Muslim)

Coba introspeksi dan berusaha utk tidak menjadi mabuk di malam hari. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...