Labels

alam (8) amal (101) anak (294) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (20) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (563) islam (544) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (98) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (41) muallaf (48) my books (2) orang tua (6) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (61) puasa (38) renungan (170) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (323) tanya-jawab (14) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

02 July, 2017

Apa Yg Menjadi Halangan Bagi Anda?



Assalamu’alaikum wr.wb., Saya bukan orang yang hebat. Bukan anak menteri, jenderal, atau pejabat lain. Bukan anak dari orang kaya atau orang terkenal. Saya bukan orang yang punya koneksi dari orang tua. Tidak pernah ada “teman bapak” yg menolong saya. Tetapi banyak org di sini rajin menyebutkan bapak dan ibunya “siapa”, agar bisa dapat bantuan.  

Saya tidak punya gaji. Rekening saya kosong. Hutang saya ratusan juta. Tidak ada rumah, mobil, saham, deposito, dll. Selama 21 tahun menjadi Muslim, saya belum pernah bayar zakat. Soalnya, saya belum pernah memiliki batas minimal sekitar 20 juta rupiah utk 1 tahun. Kenapa? Karena selama saya tinggal di sini, selalu ada orang Muslim yg minta tolong, utk biaya pengobatan, persalinan, anak kena deman berdarah, anak masuk ICU, bapak serangan jantung, dll. (Terutama sebelum zaman BPJS). Karena uang saya berasal dari Allah, saya bantu saudara yg Muslim itu (dan juga non-Muslim), sampai uang saya habis.

Saya tidak berniat menjadi “miskin”, tapi saya tinggal di sini dgn suatu niat dan tujuan. Saya sudah habiskan 3-4 tahun utk dirikan yayasan sosial, urus visa kerja, dan siapkan rencana program. Saya bersabar, karena ada niat memperbaiki umat Islam dan bangsa Indonesia, dengan membuat program2 gratis berskala nasional, spt program pelatihan guru, pengobatan skabies (kudis) di panti dan pesantren, program wiraswasta, dsb. Di saat yg sama, saya juga salurkan lebih dari 1,5 milyar rupiah dari teman2 Facebook (tanpa ambil jatah) kpd anak yatim, org miskin, sakit, cacat, dsb.

LALU BAGAIMANA DENGAN ANDA? Saya tidak bebas, harus punya visa kerja. Saya tidak punya koneksi, keturunan, teman alumni, kekayaan dari orang tua, atau fasilitas lain. Tapi saya bisa menolong banyak orang. Bagaimana dengan anda? Apa yang anda lakukan utk memajukan umat Islam dan Indonesia? Kalau anda merasa miskin karena hanya ada bbrp juta, maka anda keliru. Saya tidak punya kekayaan atau “fasilitas”. Saya kerja sendiri karena mau berjuang di jalan Allah, dan bisa melebihi banyak teman yg lebih mampu dari saya.

Derajat kita di sisi Allah dan manfaat kita bagi umat Islam TIDAK ditentukan oleh kekayaan, keturunan, koneksi, dsb. Allah mengangkat derajat dan berikan kemudahan kepada siapa saja yang dikehendaki. Saya tetap berusaha walaupun kena halangan dan dapat basa-basi terus. Sedangkan anda orang pribumi yg serba bebas dalam bertindak, tapi mungkin anda lebih sibuk nonton tivi dan memikirkan diri sendiri daripada berusaha memperbaiki umat dan bangsa.

Apa menjadi halangan bagi anda? Pangkat, keturunan, kekayaan dan fasilitas BUKAN hal2 yang harus anda miliki SEBELUM anda sanggup berjuang di jalan Allah. Anda bisa mulai sekarang. Saya menjadi buktinya. Saya mulai dgn pengertian nol ttg Islam, tanpa kemudahan tinggal di Indonesia, tanpa kekayaan atau keturunan, tapi saya bisa melebihi kebanyakan teman. Dan anda juga bisa.

Mulai dgn satu langkah, dan berniat utk berjuang di jalan Allah. Bantu satu orang dulu (anak yatim, saudara, tetangga, teman, dsb.). Tunjukkan kepedulian dan berusaha membantu dia mengatasi satu masalah. Lalu cari orang lain. Kalau saya berani mulai sendirian, anda juga bisa, dan seharusnya anda bisa melebihi saya. Lalu apa menjadi halangan bagi anda? Kalau semua orang mau menolong satu orang lain, dan saling peduli satu sama lain, Indonesia bisa menjadi pemimpin dunia dengan cepat. Hanya perlu keberanian utk mulai saja. Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...