Saturday, July 08, 2017

Salah Kaprah Pesan Berantai Tentang Manfaat Petai



Jumat, 07 Jul 2017 Alfons Tanujaya - detikInet
Jakarta - Mungkin Anda sudah pernah menerima pesan broadcast lewat WhatsApp tentang khasiat makan 30 petai sehari. Benarkah, atau sekadar hoax? Begini penjelasannya.
Dari video berdurasi 2:20 menit tersebut pembicara yang diperkirakan sudah cukup berumur dan menderita kencing manis dengan komplikasi ke jantung, darah tinggi, ancaman kebutaan dan amputasi kaki memberikan kesaksian bahwa ia sembut setelah meminum obat dewa yang ditafsirkan oleh pendengarnya (yang langsung sorak-sorak bergembira) sebagai Pete.

Jika kesaksian seperti di video dimana ia menelan 30 butir pete setiap hari selama sebulan di ikuti, bukan kesembuhan atas penyakit kencing manis yang anda dapatkan tetapi anda malah akan mendapatkan gagal ginjal karena ginjal anda dipaksa bekerja keras karena konsumsi pete yang berlebihan.
Setelah diteliti, rupanya endorser dengan logat melayu tersebut bukan menyebutkan Pete atau Petai, melainkan tablet makanan kesehatan “Purtier” yang dalam bahasa Inggris harusnya dilafalkan: Pherthier. Tetapi dalam telinga orang Melayu terdengar sebagai Pete (lihat gambar 3).
Purtier sendiri adalah makanan suplemen yang diklaim dapat menyembuhkan banyak penyakit dan meremajakan sel.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...