Labels

alam (8) amal (100) anak (293) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (18) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (564) islam (546) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (96) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (48) my books (2) orang tua (7) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (171) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (7) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

30 August, 2016

Tawuran, Pelajar Ini Bawa Jimat Kebal Bacok dan Bulu Perindu



Di Jakarta saja bisa begini. Bagaimana dgn daerah? Di mana peran orang tua dan guru dalam mendidik anak dalam agama yang baik dan benar? Sudah tawuran dgn niat membacok anak Muslim lain, bawa jimat juga.
-Gene

Tawuran, Pelajar Ini Bawa Jimat Kebal Bacok dan Bulu Perindu
Kamis, 4 Agustus 2016 Oleh : Lis Yuliawati, Anwar Sadat
VIVA.co.id - Tawuran pelajar Siswa Menengah Atas (SMA) terjadi di Jalan DI Panjaitan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis petang 4 Agustus 2016. Para pelajar tersebut saling serang dengan membawa senjata tajam dan ikat pinggang. Polisi berhasil menangkap seorang siswa berinisial AF. Saat petugas menggeledahnya, dia kedapatan membawa senjata tajam jenis celurit. Tak hanya itu, ia juga kedapatan memiliki mustika Rantai Babi.
Setelah diamankan, polisi lalu menggeledah tas remaja yang diperkirakan berusia 16 tahun tersebut. Hasilnya, petugas menemukan sebuah jimat kebal bacok dan sebuah bulu perindu serta sebuah minyak mani gajah. "Ini apa ini?" ujar seorang petugas polisi.
"Itu (jimat) punya uwak saya Pak, ampun," katanya sambil menangis.
http://metro.news.viva.co.id/news/read/805238-tawuran-pelajar-ini-bawa-jimat-kebal-bacok-dan-bulu-perindu

Kenapa Peduli Pada Apa Yang Terjadi Di Negara Lain?



[Komentar]: Negara orang gak usah diurusin, klo rakyatnya happy ya biarin aja...tiap negara punya urusannya masing2, sy rasa postingan anda gak terlalu penting utk dibahas terus menerus pak Gene, biarlah org punya pendapatnya masing2 , klo sy mending urusin negara sendiri, lingkungan sekitar yg mungkin lbh membutuhkan perubahan yg lbh baik...

[Gene]: Rakyat di Korea Utara happy. Soalnya mereka tidak berani bilang tidak happy. Kalau pemimpin Korea Utara luncurkan rudul nuklir ke Jepang, dan Amerika membalas, Cina membalas Amerika, Amerika membalas Cina, Rusia membalas Amerika, dan dunia menjadi penuh radiasi, dan ekonomi dunia hancur, dan rakyat Indonesia kena kanker, dan tanaman di sini mati, dan rakyat mulai mati kelaparan, apakah Ibu akan hadapi keadaan itu dengan senyuman manis dan mengatakan "Yang penting dulu rakyat di Korea Utara happy!! Selain itu Bukan Urusan Saya".

Guru Dipukul? Siswa Dipukul? Apa Bedanya?



Assalamu’alaikum wr.wb.,
Ada berita tentang seorang guru yang dipukul orang tua di SMKN 2 Makassar. Banyak guru marah, teriak, menuntut ada UU Perlindungan Guru, dan lain-lain. Anggota DPR, menteri, ketua organisasi, dan lain-lain ikut berpendapat. Tiga hari sebelumnya, ada berita satu lagi. Seorang oknum guru menyerang siswa dgn balok kayu dan senjata tajam, dan siswa kena luka. [Oknum Guru Aniaya Siswa dengan Balok Kayu dan Senjata Tajam, 7 Agustus 2016, http://bit.ly/2btRfO4]. Apa menjadi berita nasional yang dibahas semua orang? Tidak. Bedanya apa?

Banyak guru marah dan minta perlindungan ketika seorang guru menjadi korban. Tetapi ketika siswa menjadi korban di tangan guru, kebanyakan guru bersikap "tidak peduli", mengatakan "oknum guru" saja, dan biarkan berlalu. Kenapa tidak menunjukkan sikap seperti itu juga ketika guru menjadi korban? Cukup mengatakan "oknum orang tua" saja dan biarkan berlalu. Ternyata kepedulian terhadap korban siswa dan korban guru berbeda sekali. Puluhan ribu atau ratusan ribu siswa bisa merasakan kekerasan dari tangan guru setiap tahun, tanpa perhatian besar. Sedangkan ketika satu guru menjadi korban, seluruh negara harus membahasnya. Nilai manusia bernama guru begitu tinggi, nilai ribuan manusia bernama siswa begitu rendah. Ini sebuah "standar ganda".

Pendidikan Dari Rasulullah SAW Dan Pendidikan Dari Barat



Ada banyak guru dan orang tua yang mengatakan "Kita dipengaruhi oleh Pendidikan Barat sekarang, tapi itu tidak cocok untuk rakyat di Indonesia!" Komentar itu sangat umum di sini, tapi mohon maaf, saya anggap keliru sekali! Kenapa? Semua yang kita anggap "Pendidikan Versi Barat" sekarang sebenarnya sudah ditulis 1400 tahun yang lalu dalam HADITHS RASULULLAH SAW.

Ada buku yang menurut saya sangat luar biasa. Judulnya: Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Ini buku terjemahan dari bahasa Arab, insya Allah masih ada di Gramedia dan Gunung Agung. Saya dapat dari guru saya dulu dan sangat kaget membaca isinya. Menurut saya SEMUA penemuan terbaru di dunia pendidikan barat, tentang cara terbaik mendidik anak, SUDAH ADA di dalam buku ini, yang isinya hadiths dan sedikit ayat, serta TAFSIR terhadap hadiths2 itu. Saya hampir tidak percaya bahwa apa yang ditemukan di dunia barat sekarang ini, dan dianggap sebagai metode pendidikan terbaik untuk anak SUDAH DIJELASKAN oleh Rasulullah SAW lebih 1400 tahun yang lalu tetapi para ahli pendidikan di negara barat tidak tahu, dan sayangnya kebanyakan guru, ustadz dan orang tua di Indonesia juga tidak tahu!

Kasus2 Anak Dipaksakan Ujian



Catatan: Saya sengaja tidak cantumkan nama orang2 yang berikan informasi ini, atau nama sekolah. Info ini bukan untuk jatuhkan sekolah, atau guru, atau pemda, atau pemerintah. Diniatkan sebagai informasi umum sehingga orang tua, guru dan para pejabat bisa memahami kondisi yang dialami sebagian anak. Tentu saja kebanyakan guru dan sekolah tidak memaksakan anak sakit/trauma ikut ujian. Tapi dalam 1 hari saya sudah dpt info banyak kasus yg tidak manusiawi. Kok guru dan petugas Dinas Pendidikan bisa begitu? Banyak orang dewasa di negara ini tidak punya rasa empati. Anak akan belajar dari mana? Semoga bisa dibuka diskusi ttg sistem dan tata cara ujian, dan juga secara keseluruhan ttg sistem pendidikan.   
-Gene Netto

Apa Tujuannya Upacara Bendera di Sekolah?



[Komentar]: Subtansi upacara bukan untuk menyiksa murid! Dalam upacara para murid dibiasakan untuk bersikap tertib, disiplin dalam baris berbaris, serta substansi lebih intinya yaitu para murid diajarkan tentang rasa nasionalisme bagaimana menghargai dan mengenang perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Anda takkan mengerti itu karena anda terlahir dinegara yg tak pernah dijajah!!!

[Gene]: 1. Upacara tidak menyiksa, tapi ADA siswa yang pingsan. Apa boleh dicari tata cara yg lebih aman? Kl upamanya ada pelajaran kimia, buka toples dgn isi kimia, dan 1-3 siswa pingsan, setiap minggu, selama puluhan tahun, kenapa tidak bertanya, "Apa itu CARA yang TERBAIK?"
2. Tertib dan disiplin tidak berasal dari kemampuan berbaris. Semua orang di sini bisa berbaris. Dilatih selama 9-12 tahun di sekolah. Lihat di lampu merah. Apakah rakyat tertib dan disiplin setelah latihan berbaris 9-12 tahun? Tidak? Sedangkan di kebanyakan negara maju, tidak ada upacara bendera, tapi rakyat tertib dan disiplin.

Kalau Siswi Sering Pingsan, Kenapa Tidak Mengubah Upacara?



Berapa banyak anak yang jatuh pingsan saat upacara, setiap minggu, setiap tahun? Kata guru, "Bukan masalah". Sudah biasa. Ohh, begitu ya Pak Guru? Jadi sikap sang guru adalah: Kami tidak peduli berapa banyak anak yang pingsan dan kepala terbentur! Upacara wajib jalan terus. Tidak ada yg lebih penting daripada berdiri tegak di depan sebuah bendera di bawah terik matahari. Dan kalau jatuh pingsan karena kecapekan, salah sendiri. Jangan berharap para guru akan utamakan kesejahteran siswa dan lakukan perubahan sistem. Ini negara militer. Wajib ada banyak upacara. Sebuah negara tidak bisa berhasil tanpa dipaksakan banyak upacara! Yang jatuh pingsan tinggal dipindahkan ke pinggir saja. Warga negara yang payah sekali kl jatuh pingsan saat upacara. Negara ini hanya untuk manusia yang kuat saja. Yang lemah dicuekin saja!

Guru Aniaya Murid SD hingga Muntah-muntah



MERDEKA!! Jangan berani melawan guru di negara merdeka bernama Indonesia. Siswa harus belajar utk Diam dan Taat. Jangan salahkan guru. Siswa harus dipukul agar tidak nakal dan protes terhadap guru yang dianggap curang. Guru yang berbuat dzholim tetap benar dan tidak boleh dilawan. Pukul kepala siswa. Benturkan kepalanya ke tembok. Tendang badannya. Niatnya mendidik. Jangan salahkan guru. Merdeka! Kita hanya perlu marah kalau guru dipukul. Tapi ketika guru pukul anak kecil, kebanyakan guru bersikap tidak peduli, sebutkan "oknum" saja, dan abaikan. Satu aturan utk guru, aturan yang berbeda untuk manusia lain. Apa bedanya antara guru dan Penjajah Belanda yang juga mau kebal hukum ketika menindas anak kecil di Indonesia dulu? Merdeka!
-Gene Netto

Apa Para Guru Mau Memperbaiki Sistem Pendidikan Nasional?



Ada yang mengatakan saya "hanya mau bahas berita negatif" tentang guru, dan menolak berita yang positif. Apa benar? Yang saya bahas dari dulu sampai sekarang adalah SISTEM PENDIDIKAN. Di dalam semua sistem, selalu ada hal2 yang perlu diperbaiki. Sistem yang terbaik harus dibangun bertahap, dengan analisis, kesadaran ada masalah, dan usaha melakukan perbaikan.

Di Perancis, seorang pilot dari GermanWings Flight 9525 sengaja tabrakkan pesawatnya pada gunung. Ada 144 penumpang dan 6 awak pesawat yg mati langsung. Hal itu terjadi karena ada "masalah dengan sistem penerbangan". Satu, pilot tidak boleh sendirian di cockpit. Dua, harus ada izin bagi dokter dan psikiater utk buka rahasia pasien dan laporkan pilot kurang waras. Yang menjadi fokus semua orang adalah masalah dgn SISTEM, dan bagaimana bisa melakukan perbaikan utk masa depan yang terbaik.

Apa Erdogan Seorang Pemimpin Yang Bagus



[Komentar]: Erdogan seditaktornya msh lbh bagus drpd jkw, dia diktaktor krn cinta negaranya, ingin negaranya aman kyk suharto aja yg pake petrus buat bikin negara aman yg penting erdogan bikin maju negaranya n rakyatnya sejahtera, ditaktor dia cuma bikin orang sekular benci tp dicintai rakyatnya. Rakyat turki yg cinta erdogan dgn yg sekular jauh lbh bnyk yg cinta Erdogan

[Gene]: Lee Kuan Yew lebih bagus lagi, lebih dicintai rakyat, lebih membangun bangsanya. Tapi ketika saya berada di Singapura, dan membahas politik negara di Starbucks, tiba2 teman saya membisik dan suruh saya diam. Katanya, tidak aman diskusi di situ. Katanya mungkin ada intelijen negara atau polisi di situ, dan kl dilaporkan, keluarga dia bisa kena masalah. Jadi dia tidak berani mengritik pemimpin negara di tempat umum. Apa itu negara ideal? Apa pemimpin spt Lee Kuan Yew yang sangat dicintai rakyatnya dan sangat berhasil membangun bangsa menjadi PALING BAIK karena ada dukungan dari banyak orang? Mereka siap korbankan hak bicara bebas demi kesejahteraan. Mereka diam karena dikasih negara yang maju dan karena ada berbagai macam intimidasi dan ancaman dari pemerintah terhadap orang yang berani mengritik. Apa itu yang terbaik? Mau melihat Turki dan Indonesia menjadi begitu juga?

Apa Bedanya Berpikir Sendiri Dan Menggiring Opini Publik?



[Komentar]: Anda memang tidak secara langsung mngatakan bhwa upcara itu salah, tp dr cara penuturan gaya bahasa yg anda gunakan seolah sangat menggiring opini publik bahwa upacara itu salah dan bertujuan menyiksa. Dan Skali lagi anda telah menggiring opini bhwa saya trmasuk org yg taklid atau hanya menerima pndapat yg org lain katakan benar.. itu sangat kontradiktif pak, buktinya saya berani berbeda dengan pendapat bapak dan follower bapak mengenai upacara bendera..trims..berbeda pendapat itu wajar dan tidak salah..yg salah hanya memaksakan pendapat kpd org lain..! Thanks.

[Gene]: Mohon maaf, tapi anda salah paham. Misalnya, anda bilang jamu enak dan menyehatkan walaupun ada sedikit anak yang muntah habis minum, dan sebaiknya diminum setiap hari senin di sekolah. Lalu saya BERTANYA, apa benar jamu enak, apa benar menyehatkan, apa benar tidak menjadi masalah kl sering ada yang muntah? Itu adalah sikap PEMIKIR. Anda bisa pakai internet, komputer, HP, listrik, mobil, pesawat,  dll. disebabkan ada yang BERPIKIR. Mereka BERTANYA ttg dunia dan sistem di sekitarnya dan bertanya, "Apa ada cara yang lain?" dan mereka melakukan perubahan dan menghasilkan kemajuan. Sedangkan anda bersikap sebaliknya. Jangan ada pendapat yang berbeda. Yang diajarkan oleh guru sekolah (atau pemerintah) pasti benar, dan tidak boleh berubah. Jangan berbeda penapat. Jangan melawan. Diam dan taat saja.

HOAX: Artinya Kata Pokemon Bukan "Jadilah Yahudi"



Ada orang yang sebarkan info lewat medsos bahwa Pokemon haram untuk anak Muslim. Dikatakan "Pokemon" berasal dari bahasa Syriac dan punya arti "Aku Yahudi", dan juga bahwa Pikachu berarti "Jadilah Yahudi".
Semua info itu adalah rekayasa. Pokemon berasal dari dua kata dalam bahasa Jepang, Poketto dan Monsuta yang punya arti "saku" dan "monster". Dalam bahasa Inggris menjadi Pocket Monster (Monster Saku) dan disingkatkan menjadi Pokemon!
Pikachu berasal dari kata Pika yang merupakan "bunyi percikan api" dan kata Chu yang merupakan suara tikus. Menjadi Pikachu, tikus yang bernafas api.
Jadi tidak ada konspirasi Yahudi dari kata2 itu, yang berasal dari bahasa Jepang. Tapi banyak orang Muslim selalu percaya ada konspirasi Yahudi di belakang segala sesuatu di dunia, dan informasi (rekayasa) apa saja yang diterima langsung dikirim ke semua teman, tanpa berpikir, dgn sikap "Siapa tahu benar". Dan setelah dibuktikan tidak benar, mereka tetap bersikap, "Siapa tahu masih benar". Semoga umat Islam bisa bangkit, bersatu, menjadi kaum yang cerdas dan menjadi pemimpin dunia. Amin.
Semoga bermanfaat.
-Gene Netto

Buat Apa Anjing Diciptakan Kl Najis? No.2



Assalamu’alaikum wr.wb.,
Penciptaan anjing sama spt penciptaan buah haram di sorga. Nabi Adam bebas makan apa saja, bebas melakukan apa saja, yang diharamkan hanya satu. Buah itu. Lalu Setan datang, bisik2, suruh Nabi Adam pakai akal, berpikir ttg kenapa tidak boleh makan, dan Setan yakinkan Nabi Adam bahwa hasilnya akan baik kl dimakan. Nabi Adam berpikir dgn akalnya, lalu makan. Dia lakukan yang jelas dilarang, padahal tidak ada keraguan sama sekali bahwa buah itu dilarang. Nabi Adam terima perintahnya langsung dari diskusi bersama Allah SWT.

Anjing juga sama. Memang ada sedikit perbedaan pendapat di kalangan ulama ttg anjing, najis, hal yang batalkan shalat, hal yang batalkan puasa, dan ratusan topik lain. Yang namanya fiqih selalu ada perbedaan pendapat. Tapi itu tugasnya ULAMA untuk membahasnya dan berikan kesimpulan. Tugas kita adalah utk dengarkan ulama, terima anjuran dari mereka dan BERHATI-HATI. Utk Nabi Adam, hanya ada 1 yg dilarang, dan jelas. Untuk kita ada ratusan hal yang dilarang, dan tentu saja sulit untuk memahami "apa yg benar". Tapi kalau mau AMAN supaya bisa LULUS dari UJIAN di dunia ini, maka, ambil sikap yang hati2.

Buat Apa Anjing Diciptakan Kl Najis?



[Pertanyaan]: Mohon pencerahan Kalo emang anjing itu najis, trus buat apa, dan apa tujuan Allah swt menciptakan anjing ?

[Gene]: Assalamu’alaikum wr.wb., Allah mencipatakan darah, tapi haramkan kita minum darah. Allah menciptakan binatang bertaring, lalu haramkan. Dia ciptakan babi dan anjing, tapi haramkan. Jadi kenapa diciptakan semuanya? Yang halal spt kambing juga berubah menjadi haram kl sudah menjadi bangkai. Allah juga menciptakan buah khuldi di sorga, tapi haramkan Nabi Adam makan. Lebih gampang tidak usah ciptakan buah itu, jadi tidak perlu dilarang betul? Allah menciptakan kulup penis bagi laki2 lalu suruh potong. Kenapa diciptakan? Lebih gampang tidak ada dari lahir betul?

29 August, 2016

Produk Ini Membunuhmu! Jadi Kenapa Dijual Bebas?

Assalamu’alaikum wr.wb. Di toko swalayan, saya perhatikan sebuah kotak plastik besar di atas posisi kasir. Rokok! Kotak plastik itu penuh dengan rokok, lengkap dengan iklan juga. Tapi ada "peringatan". Rokok Membunuhmu!! Jadi? Kalau rokok membunuh, KENAPA dijual bebas? Apa ada produk lain yang juga membunuh manusia, tapi dijual bebas di semua toko, dengan izin dari pemerintah, yang dengan senang hati menerima pajaknya, dan berikan izin bebas untuk pasang iklan di jalan, warung, TV, majalah, dll. agar anak kecil bisa melihatnya setiap hari? Kenapa tidak jual produk-produk yang lain juga, biar adil?

ARSENIK! Produk ini membunuhmu (tapi dijual bebas)!
NARKOBA! Produk ini membunuhmu (tapi dijual bebas)!
BORAX! Produk ini membunuhmu (tapi dijual bebas)!
SENJATA API! Produk ini membunuhmu (tapi dijual bebas)!
BOM! Produk ini membunuhmu (tapi dijual bebas)!

Pemerintah mengizinkan rakyat beli produk yang MERUSAK kesehatan, lalu BPJS kehabisan uang karena penuh dengan orang yang kena kanker setelah merokok bertahun-tahun….? Berapa banyak anak yatim diciptakan karena bapaknya wafat setelah dikasih segala kemudahan dari pemerintah untuk menjadi perokok? Kalau orang mau ciptakan hal baru (misalnya seperti GoJek) yang kreatif dan bermanfaat, pemerintah sering bergerak cepat untuk memblokir ruang gerak industri baru itu dan siap bahas perubahan UU negara. Tapi kalau pemerintah ditanyakan tentang UU Rokok, harus menunggu 10 tahun untuk dapat jawaban, tanpa perubahan, tanpa kepedulian pada kerusakan generasi muda.

Sebagai contoh lain, ganja hampir tidak pernah menimbulkan kematian orang, tapi dilarang keras dan orang bisa masuk penjara 5 tahun karena beli bungkus kecil untuk diri sendiri. Coba kalau orang yang beli sebungkus rokok juga masuk penjara 5 tahun! Semoga suatu hari bisa keluar fatwa haram mrrokok, dan harga per bungkus menjadi 500 ribu (karena pajaknya tinggi), dan ada larangan jual rokok di warung dan toko, dan larangan pasang iklan di seluruh negara, dan… ohhh, maaf, itu hanya di dunia mimpi ya?
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto




Pelajar SMK Tewas Dikeroyok Siswa Lain Sekolah



Baru seminggu yg lalu saya post info berita ttg anak yang tewas dalam tawuran. Lima hari kemudian, ada anak satu lagi yang tewas dalam tawuran. Apa kita perlu menunggu sampai ada kematian anak setiap hari, baru dianggap masalah? Kl sebatas satu anak per minggu, bukan masalah? Bukan anak saya jadi bukan urusan saya!?
Satu hal yang tidak pernah dijelaskan oleh siapapun adalah kondisi di kemudian hari. Ketika remaja, mereka keluar ke jalan dan berusaha membunuh anak dari sekolah lain. Ketika nanti dewasa, menjadi bapak, suami dan anggota komunitas seperti apa? Ada efek apa terhadap cara berpikir mereka….?
-Gene

21 August, 2016

Apakah Ada Persaudaran Muslim Di Dalam Masjid?



Jumat kemarin saya batuk keras. Saat shalat Jumat, saya sengaja berangkat telat ke masjid karena takut mengganggu orang lain. Karena masjid penuh, saya berdiri di luar dengan banyak bapak yg lain. Saat mau shalat, saya coba maju utk masuk ke dalam masjid. Ternyata saya bisa maju 25 shaf.  Tapi dengan cara dorong2 untuk melewati badannya semua bapak di depan saya. Ketika muncul lubang di tengah shaf, banyak sekali bapak memilih untuk DIAM DI TEMPAT. Mungkin mereka malas maju karena sudah taruh sejaddah. Atau karena berdiri di bawah kipas angin. Lalu ada orang lain. Bawa sejaddah tidak, berdiri di bawah kipas angin juga tidak. Alasan mereka tidak mau maju apa? Ada lem di bawah kakinya?

Renungan tentang Coklat dan Shalat



Minggu kemarin saya mampir ke Carrefour utk belanja sedikit sebelum pulang. Saya lagi pengen makan coklat. Anehnya, di tempat coklat semua batang SilverQueen tidak ada. Di rak ada sticker SilverQueen, tapi stok kosong. Kok bisa habis total? Saya bertanya ke seorang pelayan. Dia senyum. "Tidak habis Pak. Dijaga di sana, di tempat susu anak." Kok dijaga? Saya ke tempat susu. Coklat SilverQueen banyak. Tapi dijaga oleh pelayan dgn kasir di depannya. "Kalau mau beli coklat, harus di sini Pak. Bayar langsung!" Lho? Kok? Saya bertanya kenapa begini. Pelayan itu menjelaskan. Ternyata, coklat SilverQueen dicuri terus. Setiap bulan ada kerugian lebih dari 20 juta rupiah, di satu toko saja, dari satu jenis coklat itu saja. Belum yang lain.

Negara penuh orang Muslim, dengan pendidikan agama di sekolah, di rumah, di masjid dan musholla. Hasilnya, banyak anak bisa shalat dan ngaji, tapi belum tentu bisa menahan diri dari mencuri barang bukan miliknya. Setiap kali ada perampok, pembunuh, pemerkosa, pencuri  dll. yg tampil depan media (setelah ditangkap) seringkali pakai baju koko (karena mau tampilkan agamanya sebelum dihukum). Tapi ketika dibutuhkan pendidikan AKHLAK dan budi perkerti dari agama jauh hari sebelumnya, banyak anak tidak terima. Dikasih kulitnya agama saja. Teknisnya saja. Dikasih bentuk ibadah, tapi bukan hakekat dari ibadahnya. Dapatnya "ibadah kosong" alias gerakan dan ucapan tanpa makna di dalam hati.

Bagaimana caranya melakukan perubahan terhadap sistem pendidikan agama sehingga menghasilkan orang Muslim yg tahu bentuk teknis ibadah dan juga tahu makna dari ibadahnya, dan bisa menghidupkan dalam kehidupan sehari-hari?



18 August, 2016

Anak Perempuan Dibunuh Dan Mayatnya Disodomi 3 Kali



Berapa banyak anak sekolah harus dibunuh di Indonesia sebelum dapat perhatian besar? Bihun dgn gambar bikini di paketnya dapat lebih banyak perhatian! Sedangkan anak Indonesia yang dibunuh dan diperkosa menjadi berita bbrp saat saja, lalu dilupakan saja, sampai korban berikutnya.
Seorang anak perempuan SMP di Medan ditahan oleh seorang anak laki-laki usia 16 tahun di pinggir jalan. Ditarik ke semak2 utk diperkosa, perempuan itu melawan. Pria itu tusuknya di rusuk dan di leher. Lalu ketika mau memperkosa mayatnya, dia lihat korban sedang haid. Jadi mungkin karena merasa "jijik" dgn darah haid, dia sodomi mayat perempuan itu 3 kali, dan tinggalkan di pinggir jalan dgn pisau masih tertancap di lehernya. Luar biasa, bukan? Atau biasa saja? Atau tidak penting karena bukan anak artis atau anak pejabat?

17 August, 2016

Renungan Kemerdekaan: Apa Anak Indonesia Sudah Merdeka?



Assalamu’alaikum wr.wb.,
Tanggal 17 Augsutus 2016. Indonesia sudah merdeka untuk 71 tahun. Katanya. Secara fisik, memang merdeka. Bagaimana dengan kondisi mental? Apa benar bahwa rakyat, khususnya anak Indonesia, sudah merdeka? Di sekolah, dan juga di rumah, banyak anak diberikan pelajaran penting: "Diam dan Taat" pada pihak yang berkuasa, walaupun mereka dzholim. Keadilan, kebenaran, kejujuran, dan banyak konsep lain menjadi tidak penting. Semuanya boleh ditukar dengan harga yang sedikit kapan saja.

Di sekolah, ada guru yg memukul siswa, tidak menjadi masalah. Siswa memukul guru, dihukum. Ada guru yg datang telat 2 jam, tidak menjadi masalah. Siswa telat 30 detik, dihukum. Guru tidak periksa PR dan tidak membahas jawabannya, tidak menjadi masalah. Siswa yang tidak kerjakan PR, dihukum. Apakah sekolah adil? Apa mengajarkan anak untuk menegakkan keadilan dan membela kebenaran? Atau mengajarkan anak utk siap tukar benar dan salah di depan pihak yg berkuasa tapi dzholim?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...