Tuesday, March 24, 2020

Ingin Menjadi Kaya? Hati-Hati! Kekayaan Belum Tentu Membuat Anda Bahagia!

Assalamu’alaikum wr.wb. Kemarin saya dapat cerita tentang seorang bapak yang kaya, tapi jatuh sakit, jadi depresi, stress, dan berhenti shalat. Isteri dan anaknya ikut menjadi stress. Saya jadi diskusi sama teman saya. Berapa banyak orang sulit mensyukuri nikmat Allah? Dikasih kekayaan, lalu dikasih ujian, bukannya dekatkan diri kepada Allah, malah depresi.

Bapak itu memang ada penyakit, tapi ada banyak uang dan rumahnya besar. Saya seharusnya lebih stress karena saya lagi bangun yayasan dan program pendidikan dan sosial dari nol, dan belum dapat dana, jadi sudah bertahun-tahun tidak ada penghasilan. Tapi sehari-hari saya tenang karena ada makanan di rumah, ada kamar yg nyaman walaupun kecil, ada sedikit uang tunai, dan masih ada teman yang mau berikan pinjaman kepada saya. Jadi buat apa stress? Banyak uang dan rumah yang besar tidak menjamin kita akan bahagia!

Saya sering dipanggil orang kaya untuk menasehati dan "meluruskan" anaknya. Kenapa? Karena mereka "gagal" mendidik anaknya sendiri. Mereka fokus pada dunia dan kekayaan, tapi anaknya menjadi "rusak" (tidak shalat, narkoba, berzina, minum alkohol, dsb.) Kekayaan orang tua itu menjadi bumerang: Kembali dan hantam mereka sendiri. Mereka lupa dunia ini tidak nyata, dan hanya dengan beriman dan bertaqwa kepada Allah bisa kita dapat keselamatan di dunia dan juga di akhirat.

Kalau mau kaya, pastikan anda siap, dan anak bisa jaga agamanya. Jangan fokus pada kekayaan sebagai tujuan, tetapi menganggapnya sebagai "alat" utk berjuang di jalan Allah. Menjadi kaya bermanfaat asal dianggap amanah. Sayangnya, banyak orang kaya tidak begitu. Diuji dengan penyakit, keimanan mereka bisa hancur dan kekayaannya menjadi setara debu. Apalagi kalau anak juga menjadi rusak, karena mereka tidak akan mendoakan orang tuanya!

Semoga semua pembaca menjadi kaya, tapi dengan syarat siap-siap dulu! Berserah diri kepada Allah, mengikuti Rasulullah SAW, dan siapkan anak untuk menjadi pemimpin Muslim yang saleh dan salehah, yang manfaatkan kekayaannya untuk berjuang di jalan Allah. Kalau berhasil, mereka akan menjaga keimanannya dan tidak akan merasa takut atau stress, karena tangan mereka digenggam keras oleh Allah SWT. Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.
-Gene Netto


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...