Wednesday, February 13, 2008

Kartun Nabi Muhammad SAW Diterbitkan Kembali

Pada hari Rabu, 13 Februari, Koran Denmark Jyllands-Posten terbitkan kembali kartun Nabi Muhammad SAW yang telah mengganggu ummat Islam sedunia pada tahun lalu. (Diterbitkan di media cetak dan juga online).

Polisi Denmark telah menangkap 3 orang yang, katanya, sedang merencanakan pembunuhan terhadap salah satu pembuat kartun tersebut. Dari 12 kartun yang telah diterbitkan, salah satu dianggap sebagai kartun paling menghinakan karena menggambarkan Nabi SAW dengan bom di dalam sorbannya.

Pembuat kartun yang satu itu, Kurt Westergaard, 73 tahun, berada di dalam perlindungan polisi sejak kartunnya terbit pada bulan September, 2007. Karena intel polisi Denmark telah menangkap 3 orang yang dikatakan sedang merencanakan pembunuhan terhadap Westergaard, maka kartun itu sendiri kembali menjadi berita.

Dalam konteks ini, koran Jyllands-Posten terbitkan kembali kartun tersebut dengan mengatakan bahwa inti dari permasalahan ini adalah “kebebasan bicara”. Koran yang lain, termasuk koran Politiken dan Berlingske Tidende ikut menerbitkan kartunnya juga. Salah satu tabloid Denmark juga menerbitkan kembali seluruh dari 12 kartun tersebut dan bukan saja kartun yang satu dari Westergaard.

Staf Jyllands-Posten mengatakan sangat kaget dengan berita ada rencana pembunuhan yang nyata. Mereka merasa sudah terbiasa dengan acaman pembunuhan dan ancaman bom, tetapi ini pertama kali mereka dapat kabar dari polisi tentang rencana yang nyata.

Read the full story here:

Danish Muhammad cartoon reprinted

Story from BBC NEWS:
Published: 2008/02/13 10:20:06 GMT
© BBC MMVIII

1 comment:

  1. kedengkian tidak akan memenangkan pertarungan. apa yang penting sekarang adalah, bagaimana caranya menyatukan kembali visi dan misi Islam. umat Islam sendiri jangan terpecah belah...

    ReplyDelete