Labels

alam (8) amal (101) anak (294) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (7) dakwah (84) dhuafa (20) for fun (12) Gene (218) guru (57) hadiths (10) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (53) indonesia (562) islam (543) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (351) kesehatan (98) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (10) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (41) muallaf (48) my books (2) orang tua (6) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (497) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (10) pesantren (32) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (61) puasa (37) renungan (169) Sejarah (5) sekolah (74) shalat (6) sosial (323) tanya-jawab (14) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

26 September, 2011

HOAX: Jaques Cousteau Tidak Masuk Islam


Assalamu’alaikum wr.wb.,

Ada informasi yang sering disebarkan sebagi email, yang mengatakan penyelam terkenal Jaques Cousteau masuk Islam setelah menemukan dua macam laut (satu tawar, satu asin) yang berdekatan. Dalam email itu, dikutip beberapa ayat, seperti yang ini:

Dan Dialah yang membiarkan dua laut yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi. (QS. Al Furqaan 25:53)

Dikatakan bahwa Jaques Cousteau menemukan fenomena ini pada saat menyelam, dan setelah tahu adanya ayat seperti itu di dalam Al Qur'an, maka dia masuk Islam. Sayangnya, semua yang ditulis itu adalah berita rekayasa dan tidak benar. Tetapi email ini masih disebarkan di kalangan Muslim.

Banyak sumber, termasuk Yayasan Cousteau yang resmi, menjelaskan bahwa Jaques Cousteau tidak pernah masuk Islam. Ada berita yang mengatakan bahwa dia dikuburkan sebagai seorang penganut Katolik di Perancis.
(Selain itu, juga ada berita palsu yang sering disebut bahwa astronaut Neil Armstrong juga masuk Islam setelah mendegar adzan di bulan. Ini juga berita palsu yang sering disebarkan di internet dan di kalangan Muslim.)

Semoga ummat Islam bisa cerdas dan membedakan antara yang benar dan salah. Dan bisa meyakini kebenaran Al Qur'an, tanpa perlu pengakuan dari tokoh2 di dunia barat.

Wallahu a’lam bish-shawab
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto
  
Jaques Yves Cousteau bukan seorang Muslim.
[Terjemahan dari surat resmi yayasan Cousteau]:

Yayasan Cousteau (Foundation Cousteau)
Monsieur Charles TUCKER
11A Chemin de Pennachy
69230 ST GENIS LAVAL
FC/DC
Paris, November 2, 1991

Bapak,
Kami telah menerima surat
anda dan kami berterima kasih atas minat anda dalam kegiatan kami. Kita ingin menyatakan kepada Anda secara jelas bahwa Komandan Cousteau tidak menjadi seorang Muslim dan bahwa berita palsu ini telah disebarkan tanpa dasar.

Hormat kami,
Didier CERCEAU
Manager Program

[Surat aslinya dalam bahasa Inggris dari Yayasan Cousteau di Perancis]:

Sir,
We have received your letter and we thank you for your interest in our activities. We state precisely to you that Commander Cousteau has not become a Muslim and that this rumor passes around without foundation.
Very cordially,
Didier CERCEAU
chargé de mission

Sumber Surat: wikiislam.net


14 comments:

  1. mungkin itu disebabkan umat islam saat ini amat sangat kekurangan tokoh panutan yang berprestasi dan patut diteladani, jadinya kalo ada info yg simpang siur seperti ini langsung ditelan mentah-mentah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi ada zaman keemasan (The Golden Age) yang merupakan zaman Bani 'Abbasiyah, yaitu zamannya kekuasaan orang muslim

      Delete
    2. Tapi ada zaman keemasan (The Golden Age) yang merupakan zaman Bani 'Abbasiyah, yaitu zamannya kekuasaan orang muslim

      Delete
  2. selama ini kita percaya Costeau Muslim

    ReplyDelete
  3. Nabi Muhammad S.A.W sudah sangat luar biasa sebagai tokoh panutan dan sebagai teladan...

    ReplyDelete
  4. muslim memang gemar membuat berita berita bohong tentang orang terkenal yang masuk islam....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menggeneralisasi muslim keseluruhan hanya karena ulah oknum.

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Tanpa adanya islam jadi apa dunia ini?

    ReplyDelete
  7. bukannya kristen yang selalu taqiyah ya. wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendeta Ruth Erwin pun pernah berbohong yang mengaku ex muslim dan mengaku sebagai cucu nya kiyai besar tebu ireng , dengan maksud ingin meyakinkan para umatnya di gereja 😂

      Delete
  8. yang penting kata al quran terbukti

    ReplyDelete
    Replies
    1. kata alquran terbukti? ada penghalang gak kelihatan? hahaha di arab pun ada laut yg airnya gak nyatu, itu kelihatan, beda massa salinitas itu bukan penghalang coi, buktinya bsa aja kecampur, berarti kata alquran salah ?

      Delete
    2. Suatu ayat tidak selalu dapat langsung ditafsirkan secara dangkal

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...