Sunday, November 18, 2007

Taman Kota Dibuat Dari Tanah Kosong


Ini sebuah ide untuk membuat banyak “taman kota sementara” di dalam setiap kota besar di Indonesia.

Saya lihat di hampir semua wilayah di Jakarta, ada tanah kosong yang tetap kosong untuk bertahun-tahun. Bagaimana kalau semua tanah kosong itu dijadikan taman sementara?

Setiap tanah kosong dengan ukuran di atas X m2 bisa diubah menjadi taman.

Pemda bisa berhenti sementara dari membuat koridor Busway di mana-mana, dan salurkan dananya untuk beli rumput, pohon, semak, ayunan dan mainan lain buat anak. Semua fasilitas akan tetap milik Pemda, tetapi pemilik tanah tetap dianggap pemilik mutlak dari tanahnya. Kalau pemilik tanah ingin menggunakan tanah untuk membangung gedung, semua fasilitas bisa diambil kembali oleh Pemda.

Dengan melihat tanah kosong yang tetap kosong sampai puluhan tahun, hasil dari rencana ini akan membentuk banyak taman kota untuk puluhan tahun yang bisa dinikmati oleh warga sebelum ada rencana pembangunan bagi tanah tersebut.

Orang perkantoran mendapat tempat menarik untuk duduk dan istirahat pada waktu makan siang, dan Ibu rumah tangga bisa ajak anaknya bermain di taman dekat rumah.

Ini sebuah solusi yang sederhana, tidak begitu mahal (dibandingkan Busway) dan akan membuat ibukota lebih indah dan menarik untuk puluhan tahun mendatang.

No comments:

Post a Comment