Tuesday, October 28, 2008

Narkoba Baru Strawberrry Quick: Berita Palsu

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Saya terima sms dari teman. Dan kalau tidak salah ingat, pernah terima 2-3 kali sebelum ini. Katanya, sms ini dari BNN. Sayangnya, sms ini berasal dari email palsu (email berantai) yang ada di internet dari tahun 2007.

Menurut sms tersebut, ada narkoba baru bernama Strawberry Quick & Strawberry Meth yang dijual di depan sekolah kepada anak-anak.

Ini tidak benar.
Tidak ada narkoba ini di Indonesia.
Tidak ada yang membagikan atau menjual narkoba ini di depan sekolah2 di Indonesia.

Orang tua tidak perlu kuatir. Tetapi orang tua tetap perlu waspada terhadap makanan yang dijual di depan sekolah, karena barangkali tidak bersih dan juga sangat mungkin mengandung zat-zat yang berbahaya buat anak.

Hati-hati terhadap sms/email yang sepertinya sangat luar biasa. Bisa jadi isinya adalah rekayasa semata. Kalau bisa, coba carikan beberapa kata kunci di internet sebelum menyebarkan kepada yang lain (kasihan ibu2 yang terima dan jadi ketakutan). Saya ketemu info tentang sms ini dengan ketik “Strawberry Quick Meth” di Google. Langsung keluar banyak hasil yang mengatakan email/sms ini adalah rekayasa.

Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

Sms yang disebarkan:

Aslm.Ini Info dr ortu Murid Sekolah Internasional Tunas Muda Kebon Jeruk. Ada NARKOBA jenis baru dg nama STRAWBERRY QUICK & STRWBERRY METH. Waspada! sdh beredar di lngkngn sklh, NARKOBA CRYSTAL bentuk bulat, mrip dg prmen POP ROCK rasa dan aroma Strwbrry, kalau dihisap berdesis dlm mulut. Anak2 berfikir bhw brg tsb adlh PERMEN. Hati2 krn mnyebabkn ank masuk RS & ketagihan. Tdpt jg rasa Cklat, Kcang, Cola, Ceri, Anggur, Jeruk.PERINGATKAN anak u/ tdk terima Permen dr org2 yg tdk dikenal atau siapapun atau dari teman mereka sekalipun. Tolong info ini disebarkan ke ortu lain.Wass.Wr wb.


Sms palsu ini dibuat dari email yang ada di internet dari tahun 2007. See here:

Hoax-Slayer.com
Snopes.com
Wikipedia.com


No comments:

Post a Comment