Wednesday, April 05, 2006

Mencegah dan Menasihati Orang Lain Adalah Kewajiban Orang Islam

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma`ruf, dan mencegah dari yang munkar.

[Do what is right, prevent what is wrong]

(Ali Imran, QS: 3.110 )

“Barang siapa di antara kalian yang melihat kemungkaran, hendaklah ia merubah dengan tangannya. Kalau ia tidak mampu maka dengan lisannya, dan kalau juga tidak mampu maka dengan hatinya, yang demikian itu adalah selemah-lemah iman.” {HR. Muslim}.

1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian,
3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya menta’ati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

(Al-Ashr, QS 103: 1-3)

Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda: "Tolonglah saudaramu yang melakukan kezoliman dan yang dizolimi, seseorang berkata : wahai Rasulullah saya akan menolongnya jika dia seorang yang dizolimi, lalu bagaimana saya menolongnya jika dia melakukan kezoliman? Rasulullah bersabda: kamu menahannya, atau menghalanginya dari kezoliman, maka hal itu adalah cara untuk menolongnya." (H.R. Bukhari).

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalamu'allaikum,terimakasih atas ilmunya,semoga bermanfaat bagi orang lain,dan mendapat pahala yang melimpah dari Alloh S.W.T

    ReplyDelete