Thursday, January 18, 2007

IQ Anak Pra-Sekolah Bisa Ditingkatkan Dengan Main

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Sekali lagi terbukti pentingnya bermain di masa kecil seorang anak. Sebuah laporan yang terbit di Jurnal Medis “Lancet” menjelaskan nasib anak2 yang kurang gizi di Bangladesh.


Giving pre-school children toys to play with boosts their mental development even if they suffer from malnutrition, a report said on Friday.

Seperti kita sudah tahu, salah satu hal yang utama untuk membentuk IQ yang tinggi adalah makanan yang bergizi. Di tengah kaum yang sangat miskin, dengan anak yang sangat kurang gizi, IQ masih terbukti meningkat hanya dengan bermain di masa pra-sekloah.

"We have done play programs in Bangladesh where the children are severely malnourished and we have produced up to a nine-point improvement in the IQ of these kids -- just with play," said author Sally McGregor of the Institute of Child Health at University College London.

Tim peneliti mengadakan program main khusus untuk anak yang sangat kurang gizi dan hasilnya adalah peningkatan 9 poin IQ hanya disebabkan mereka bermain di masa kecilnya.

"We followed the children up to 18 years of age and their IQ is better, their reading is better, they are less likely to drop out of school and their mental health is better -- they are less depressed, less anxious and have better self-esteem," she said.

Anak di dalam studi ini dipantau terus sampai umur 18 dan ternyata IQ lebih baik, kemampuan membaca lebih baik, lebih jarang putus sekolah, kesehatan mental lebih baik, tingkat depresinya kurang (dibandingkan yang lain), mereka kurang kuatir, dan rasa percaya diri (self esteem) lebih tinggi.

Nah, ini hasilnya untuk anak pinggiran yang miskin, yang tidak memiliki banyak mainan, yang kena banyak stres dalam kehidupan sehari-hari, dan yang gizinya sangat rendah.

Bagaimana dengan anak kita di tengah kota yang gizinya besar, dan mainannya banyak? Insya allah berarti tingkat IQ mereka bisa meningkat secara drastis dengan bermain di masa pra-sekolah. Kalau anda mempunyai anak kecil, coba utamakan mainan yang berkualitas untuk mereka (daripada baju baru utk Lebaran, dsb.). Semua mainan bermanfaat, tetapi mainan yang memicu daya pikir lebih baik. Contoh bagus adalah Lego, karena dengan Lego tidak ada yang terbentuk dari pabrik dan anak malah harus berfikir dan membentuk mainannya sendiri.

Kalau ada undangan dari teman2 untuk membagikan sembako kepada orang miskin di daerah atau pinggir kota, maka coba mengusulkan supaya sekaligus membagikan mainan untuk anak-anak kecil, karena makanan hanya isi perut untuk sesaat saja, tetapi mainan untuk anak sudah terbukti bisa meningkatkan IQnya dan mengubah masa depan menjadi lebih ceriah.

Semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene



Baca Artikel di Sini

Boosting intelligence among poor is child's play

By Jeremy LovellThu Jan 4, 10:57 PM ET


2 comments:

  1. Artikel yang bagus Gene. Saya tahu blog kamu dari teman.
    Mungkin kamu juga tertarik dengan buku ini http://juliavantiel.multiply.com/journal/item/24

    ReplyDelete
  2. hi Gene,
    Aku udah baca artikel yang sangat bagus ini (sesuai dengan telpon darimu itu hehe..) dan aku juga udah kirim ke temen2 yg lain agar dalam kampanye2 kita makin digencarkan tentang perlunya mainan buat anak2..

    ReplyDelete