Wednesday, August 18, 2010

Pakistan Dan Indonesia: Bantuan Bagi Sesama Muslim?

Assalamu'alaikum wr.wb.,

Saya baca di berita, pemerintah Pakistan perkirakan 20 JUTA orang telah kehilangan rumah.
Masih ada banjir di mana-mana, dan oleh karena itu 20 juta orang tidak punya rumah, tidak punya makanan atau air bersih, tidak ada tempat shalat, tidak ada listrik, tidak ada perlindungan dari cuaca.

Sejak muncul berita tentang banjir besar yang melanda Pakistan, saya pantau terus di BBC dan situs berita lain. Anehnya, malah kelihatan bahwa di dalam berita Indonesia, topik ini tidak begitu besar. Di halaman depan koran jarang ada. Kalau mau lihat di situs berita, harus cari di bagian internasional. Tidak ada di paling depan (untuk menarik perhatian).

Tapi kalau berita Kapolri “hilang”, sangat besar dan muncul di mana2. Lalu ada berita shalatnya Abu Bakar Basyir di dalam penjara, sahur buat Ariel di dalam penjara, proses pemilihan pemimpin baru KPK, pemblokiran situs porno oleh Kominfo, dan seterusnya.

Tetapi berita PAKISTAN? Harus benar-benar dicari kalau mau baca. Sedangkan selama satu minggu atau lebih di BBC, hampir setiap hari menjadi berita nomor satu, yang diposisikan di paling atas. Seolah-olah orang kafir lebih peduli pada penderitaan orang Muslim daripada orang Muslim yang lain.

Dan selama bulan Ramadhan ini, setiap kali masuk masjid, saya tidak sekalipun mendengar pengurus masjid membicarakan penderitaan 20 JUTA orang Muslim di Pakistan. Tidak ada pembacaan doa atau Al Fatihah untuk 20 juta saudara Muslim yang kehilangan rumah dan stok makanan serta air bersih di tengah bulan puasa. Tetapi pengumuman tentang isi tabungan masjid dan makanan untuk buka puasa sangat utama dan dijelaskan kepada jemaah. Penderitaan 20 juta saudara Muslim di Pakistan? Tidak ada satu kalimat maupun satu doa…

Barangkali mereka tidak dihitung saudara kita kalau tidak berasal dari Indonesia.

Kalau mencari berita Pakistan di internet, sepertinya sangat sedikit dalam bahasa Indonesia. Pada hari Senin kemarin di kompas, hanya ada dua paragraf kecil (untuk membahas penderitaan 20 juta Muslim).
(Lihat: Pakistan Minta Banyak Dukungan Internasional)

Dan sekarang diberitakan di BBC bahwa 3,5 JUTA anak terancam bisa kena penyakit, terutama diare, dan tanpa menerima obat-obatan, banyak dari mereka bisa wafat atau sakit lama. (Dan kalau ditambah orang dewasa, dikuatirkan 6 JUTA orang bisa jatuh sakit.)

Apa yang dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk membantu saudara2 kami? Saya cari berkali2 dan hanya dapat berita yang satu ini dari beberapa hari yang lalu. Apakah ini total bantuan dari pemerintah Indonesia terhadap Pakistan?

[kutip] Bantuan tersebut dikoordinasikan melalui Kementerian Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). "Indonesia akan memberangkatkan 20 personel tim kesehatan dan beberapa bantuan logistik," katanya. Logistik tersebut antara lain 4.000 lembar selimut, 500 paket makanan dalam kemasan, tiga ton obat-obatan dan lima ton makanan pengganti air susu ibu. "Total bantuan adalah sekitar 1,3 juta dolar AS," kata Agung. Pemerintah juga memberangkatkan empat orang pendahulu yang akan memantau kondisi di lokasi banjir.
Sumber: antaranews.com

(Total bantuannya senilai 1,3 juta dolar? Mohon maaf, apa itu juga termasuk harga jual pesawatnya? Bagaimana 4 ribu selimut, 500 paket makanan dan obat-obatan bisa mencapai 1,3 jtua dolar?)

Coba anda sendiri melakukan pencarian di Goggle dengan kata kunci “Pakistan Indonesia” dan melakukan ‘advanced search’ supaya bisa batasi untuk halaman dari Indonesia (pages from Indonesia), dalam 1 minggu terakhir (past week). Lihat sendiri betapa sedikit berita dari Indonesia tentang musibah besar ini, dan cari sendiri penjelasan tentang bantuan yang dikirim oleh pemerintah Indonesia kepada saudara-saudara Muslim kita di Pakistan.

Kalau seandainya dalam 10-20 tahun terakhir, orang Muslim yang menjadi pejabat, PNS dan pengusaha tidak sibuk melakukan korupsi untuk kepentingan diri sendiri, Indonesia sudah berhasil menjadi negara maju, dan bahkan mungkin sudah menjadi super-power mirip Amerika sekarang. Dengan kapasitas ekonomi yang besar, angkatan udara yang kuat dengan banyak helikopter, Indonesia bisa kirim banyak bantuan ke Pakistan, dan bantu saudara2 kami pada saat mereka sangat membutuhkan bantuan.

Sayangnya, disebabkan korupsi para pejabat dan pengusaha Muslim, pada saat 20 juta orang Muslim yang lain perlu bantuan, Indonesia hanya sanggup kirim beberapa ton makanan dan selimut untuk membantu. Alangkah buruknya negara ini. Alangkah buruknya para pejabat dan pengusaha Muslim yang melakukan korupsi dan merasa hebat sendiri karena rumah, deposito, jumlah mobil dan perut mereka menjadi lebih besar dari semua tetangga Muslim yang lain. Barangkali Allah sudah sediakan tempat tinggal yang besar juga bagi mereka di akhirat: tetapi di dalam neraka!

Kapan Indonesia akan menjadi negara maju dan sanggup memimpin dunia di dalam bidang selain korupsi?

Wassalamu'alaikum wr.wb.,
Gene

(Foto-foto dari Big Picture:)
 - Severe flooding in Pakistan
 - Continuing Pakistani floods

BBC Video: Pakistan: 'A disaster of epic proportions'

Up to 3.5m Pakistan children at risk of flood diseases

Daftar negara yang memberi bantuan (nama Indonesia tidak muncul)
Pakistan flood aid not getting through - UN

Pakistan floods: World Bank to lend $900m for recovery

3 comments:

  1. iya, sedikit sekali berita tentang banjir pakistan.
    Bisa dibilang nyaris tidak ada.

    Terimakasih buat link2nya.

    KIta bersaudara, tidak hanya tentang palestina yang seharusnya jadi prioritas..tapi semua saudara muslim dimanapun mereka berada..
    Bahkan yang terdekat dengan kita juga.

    ReplyDelete
  2. betul pak, saya jg sudah cari beritanya dengan kata kunci spt di atas. Hasilnya cuma ada bbrp saja, alias tidak seheboh berita2 lain.

    Saya jg melihat postingan2 dr bbrp group / Fan Page di facebook yg berulang-ulang menyarankan para membernya untuk mengirim bantuan ke Pakistan karena mereka benar2 butuh pertolongan. Salah satunya spt ini:

    "Look at these statistics. Alhamdulilah we see a lot of donations; however, they are not enough to feed, shelter and care for more than 14 million suffering Pakistanis. Ramadan is a month of giving, in fact, there is great importance of giving in Ramadan. Think to yourself. Why do you even fast to begin with? Isn't it a way of getting closer to Allah and gaining a better understanding of HUMAN SUFFERING?? It's a SHAME that we do not see MUSLIM countries donating to help OUR MUSLIM brothers and sisters. Especially in this holy month. The Non-Muslim nations have donated and helped more than we have. It doesn't matter where you are, push your governments to donate more and you donate yourself also. Our brother and sister are crying for help. Respond NOW!!"

    (http://www.facebook.com/pages/Wake-up-Muslims-When-will-we-stand-up-for-our-Rights-/300636258203)


    Ummah Welfare Trust :
    http://www.uwt.org/site/
    Ummah Welfare Trust (Pakistan Emergency Flood Appeal) :
    http://www.uwt.org/site/appeal.asp?id=27
    Ummah Welfare Trust (How to Donate) :
    http://www.uwt.org/site/articles.asp?id=12

    http://www.islamic-relief.org.uk/Pakistan_Floods.aspx

    ReplyDelete
  3. Pakistan faces 'worst flood in 80 years'

    The 2010 Pakistan floods began in July 2010 after record heavy monsoon rains. The Khyber Pakhtunkhwa province of Pakistan was worst affected. At least 1,600 people were killed, thousands were rendered homeless, and more than fourteen million people were affected. Estimates from rescue-service-officials suggest the death-toll may reach 3,000 victims. According to a recent estimate of United Nations, the number of people suffering from these massive floods in Pakistan exceeds 13.8 million, which is more than the combined total of the 2004 Indian Ocean tsunami, the 2005 Kashmir earthquake and the 2010 Haiti earthquake.

    http://en.wikipedia.org/wiki/2010_Pakistan_floods

    ReplyDelete