Search This Blog

Labels

alam (8) amal (100) anak (299) anak yatim (118) bilingual (22) bisnis dan pelayanan (6) budaya (8) dakwah (87) dhuafa (18) for fun (12) Gene (222) guru (61) hadiths (9) halal-haram (24) Hoax dan Rekayasa (34) hukum (68) hukum islam (52) indonesia (570) islam (556) jakarta (34) kekerasan terhadap anak (356) kesehatan (97) Kisah Dakwah (10) Kisah Sedekah (11) konsultasi (11) kontroversi (5) korupsi (27) KPK (16) Kristen (14) lingkungan (19) mohon bantuan (40) muallaf (52) my books (2) orang tua (8) palestina (34) pemerintah (136) Pemilu 2009 (63) pendidikan (503) pengumuman (27) perang (10) perbandingan agama (11) pernikahan (11) pesantren (33) politik (127) Politik Indonesia (53) Progam Sosial (60) puasa (38) renungan (178) Sejarah (5) sekolah (79) shalat (9) sosial (321) tanya-jawab (15) taubat (6) umum (13) Virus Corona (24)

08 December, 2007

Pencarian kata-kata di Google


Assalamu’alaikum wr.wb.,

Di dalam Google, semua kata pencarian kita tersimpan dalam sebuah database. Saya baru tahu setelah teman kirim email minggu kemarin. Karena penasaran, saya coba2 juga di situs yg sama. Namanya Google Trends. Dengan memasukkan kata kunci, kita bisa tahu lokasi mana (negara, wilayah dan kota) yang paling banyak mencari kata yang sama. Dari hasil yang diberikan, pertama kita melihat negara mana yang paling banyak mencari kata tersebut. Tetapi kalau klik pada nama negara, kita bisa lihat “subregion” (wilayah) atau kota. Kita bisa tahu daerah atau kota mana yang paling banyak minta infomasi tentang kata itu.

Seminggu yang lalu, saya ketik “seks” di bagian search (dengan asumsi bahwa ini adalah kata dalam bahasa Indonesia, sehingga nomor 1 seharusnya di Indonesia, eh malah yang nomor 1 di Turki). Kemudian, saya klik pada link “Indonesia”. Di situ dapat “subregion” atau wilayah dan kota.

Ternyata pencarian kata “seks” terbesar di Indonesia adalah di wilayah YOGYAKARTA! Dan Makassar masuk sebagai kota nomor satu. Lucunya, Jakarta malah nomor 8??!! Hari ini saya cek lagi, dan ternyata Makassar sudah menjatuhkan Yogya dan menjadi wilayah nomor 1.

Tetapi setelah dipikirkan, saya kira anak di Jakarta lebih canggih dan bisa berbahasa Inggris, berarti mereka mencari “sex” dan bukan “seks”. Namum, setelah dicari lagi, ternyata dengan kata kunci “sex” Yogyakarata masih unggul!!

Saya jadi ingat teman yang lulus dari UGM…. Hmmm pada ngapain di warnet2 Yoyga ya? Aduh, anak muda yang Muslim di bangsa ini sudah terlanjur rusak, sama seperti orang bule. Saya jadi pengen balik ke Australi untuk mencari anak yang bermoral tinggi (Ehhh, di sana juga pada rusak juga! Wah, bisa pindah ke mana nih?)

Tetapi warga Jakarta tidak usah sedih hati. Ternyata anak Jakarta juga meraih posisi 1 dengan satu kata…. yaitu… “BOKEP”!!! (Bokep = film pornografi, film biru).Ternyata warga Jakarta lebih banyak mencari bokep di internet, daripada seks. Aduh, aduh, aduh.

Coba berfikir tentang berapa banyak anak dalam keluarga kaya, yang punya komputer dan internet di dalam kamar, jauh dari pemantauan orang tua yang pulang larut malam. Tetapi anak dari keluarga miskin tidak perlu kuatir, ada ribuan warnet di DKI yang siap melayani mereka juga, karena sebagian besar warnet itu tidak peduli pada apa yang dilihat para tamunya. Jadi anak sekolah bisa mampir ke warnet dan nonton bokep sebelum pulang ke rumah.

Bagaimana masa depan bangsa ini kalau anak sekolah bisa nonton ratusan sampai ribuan bokep sebelum menikah? Bagaimana pandangan mereka terhadap perempuan nanti?

Bagaimana dengan anak anda sendiri? Apakah mereka punya komputer dan internet di kamar?

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene

(Hasil ini dari 1 minggu yang lalu, dan bisa berubah sesuai dengan jumlah pencarian baru yang dilakukan setiap hari):

Hasil Pencarian SEKS:

Subregions

1.

Yogyakarta JW, Indonesia

2.

Sumatera Utara, Indonesia

3.

Jawa Tengah, Indonesia

4.

Jawa Timur, Indonesia

5.

Jawa Barat, Indonesia

6.

Jakarta Raya, Indonesia

7.

Bali, Indonesia

Cities

1.

Makassar, Indonesia

2.

Yogyakarta, Indonesia

3.

Semarang, Indonesia

4.

Medan, Indonesia

5.

Malang, Indonesia

6.

Surabaya, Indonesia

7.

Bandung, Indonesia

8.

Jakarta, Indonesia

9.

Denpasar, Indonesia

10.

Depok, Indonesia

Hasil Pencarian BOKEP:

Subregions

1.

Jakarta Raya, Indonesia

2.

Yogyakarta JW, Indonesia

3.

Sumatera Utara, Indonesia

4.

Jawa Barat, Indonesia

5.

Jawa Tengah, Indonesia

6.

Jawa Timur, Indonesia

Cities

1.

Jakarta, Indonesia

2.

Yogyakarta, Indonesia

3.

Medan, Indonesia

4.

Bandung, Indonesia

5.

Semarang, Indonesia

6.

Surabaya, Indonesia

7.

Depok, Indonesia

8.

Denpasar, Indonesia

07 December, 2007

Profesor juga melakukan korupsi



Assalamu’alaikum wr.wb.,

Saya terima email ini dari seorang teman, dan saya minta izin untuk menyebarkannya tanpa menyebut nama pengirim atau nama perguruan yang dibicarakan.

Semoga memberikan wawasan kepada kita semua tentang kerusakan negara ini yang tidak mengenal batas, sehingga profesor dan dosen pun ikut melakukan korupsi dan merugikan anak bangsa. Maksud saya, ada banyak anak bangsa yang putus sekolah karena biaya tinggi, banyak sekolah yang tidak bisa diperbaiki karena keterbatasan dana, dan banyak guru yang menderita dari gaji yang rendah. Ternyata, sebagian profesor dan dosen, yang seharusnya memberikan contoh yang mendidik, malah ikut merampas uang negara untuk kepentingan diri sendiri.

Kapan bangsa ini akan sembuh dair penyakit korupsi?

Silahkan baca sendiri… (Telah di-edit sedikit.)

***********************************

Sejak Reformasi, tampak gerbong-gerbong korupsi berjamaah mulai bergerak dari Kepala-Kepala Daerah; selanjutnya Anggota DPR dan DPRD; tokoh-tokoh politik kagetan dan sekarang kelihatan gerbong yang mulai bergerak adalah gerbong pendidik alias guru....(semakin melengkapi mosaik korupsi berjamaah di Indonesia).

Korupsi berjamaah yang sedang berkembang saat ini dilakukan oleh beberapa Universitas di [Jawa Tengah]. Mereka menerima Hibah Kompetisi dari DepDiknas misalnya untuk pelatihan Dosen dan karyawan. Dana lumayan besar, dan seharusnya dilakukan beberapa hari. Tapi yang terjadi adalah 3 pelatihan yang seharusnya dilakukan selama 6 hari, semua dilakukan dalam 1 hari saja.

Lucunya....agar dokumentasi video dan fotonya nyata, maka setiap 2 jam spanduk dibelakang pembicara diganti 3 kali dengan judul dan tanggal yang berbeda dengan tanggal aktual pelaksanaannya.

Lucunya lagi.....sebagian besar dosen dan karyawan juga harus berganti kostum setiap 2 jam sekali.... (Saya pikir: dosen sekarang juga tidak mau kalah dengan peragawan ya?.....he he he he).

Lebih lucu lagi...pembicaranya juga 3 Profesor dan tidak terganggu dengan ganti-mengganti spanduk dan kostum itu.....he he he he. Profesor menyiapkan makalah untuk 1.5 jam pelatihan setebal buku Landasan Matematik Andy Hakim dengan font tulisan sekecil itu juga.

Sungguh-sungguh lucu setelah 6 jam, 3 pelatihan selesai, semua peserta (dosen dan karyawan Universitas) tertawa puas...(mungkin merasa sukses ngibulin DepDikNas... .he he he he..lucu ya...?)

Dari kasus ini, saya kira korupsi memang sulit diberantas dari bumi tercinta ini. Karena budaya kita (tut wuri han entek-entek i, kultus individu, yang atas selalu benar karena dengan ilmunya dia lebih dekat dengan Tuhan, lebih melihat kostum dari pada inti permasalahan dan banyak lagi.....) memang telah menyuburkan korupsi dan menjadikannya sebagai salah satu komponen budaya kita sebagai bangsa Indonesia.

[nama pengirim dihapus]

***********************************

Semoga bermanfaat sebagai renungan atas kedzholiman yang telah menguasaikan bangsa ini di semua lapisan masyarakat. Kalau kita mau mendapat bangsa yang benar2 bersih, mungkin kita harus angkat anak TK untuk mengisi semua jabatan dan posisi, karena siapa lagi selain anak TK yang bisa dipercayai bersih dari korupsi di negara mayoritas Muslim ini?

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene

04 December, 2007

"Penjajahan Mental" Dalam Pendidikan


#####
[Tulisan dari Pak Wahyu yang di-post di milis SD-Islam]
Penjajahan terhadap pemikiran bangsa Indonesia benar-benar masih sulit dilepaskan.
  • Tidak memiliki ijazah adalah ketakutan para orangtua.
  • Ditegur, diberi sp, dipotong gaji, diberhentikan adalah ketakutan para guru.
  • Guru galak, diperiksa pr, ulangan, nilai jelek, dibully temen, tidak lulus adalah ketakutan para murid.
  • Dimutasi, tidak naik pangkat, tidak dapat jatah proyek, tidak terkenal adalah ketakutan pejabat depdik.
Pendidikan di Indonesia dilandasi ketakutan, apapun metodenya semua akan sia-sia. Salah siapa? Salah orang dewasa, bukan anak. Mari melakukan terobosan yang tidak biasa tanpa ketakutan-ketakutan tak beralasan. Berinovasilah, berimprovisasilah, gak usah mikiran syarat, aturan, tetek bengek rumus, anda semua tahu apa yang terbaik, tinggal lakukan saja. Masih takut dipecat? Katanya Allah Maha Pengasih, Maha Pemberi Rejeki, ternyata keimanan kita masih ada pada atasan, gaji, sekolah, alias keimanan dalam teori dalam pelaksanaan nol besar. change my friend!
Tanpa disadari berpikir berlebihan membuat kita takut dan bodoh sekaligus. Kita sudah dijajah oleh nilai yang dibentuk dalam masyarakat, keluarga, orangtua, teman, sahabat. Bebaskanlah pikiran kita dari belenggu penjajahan seperti di atas.
Guru engkau dapat merubah bangsa ini, anda bukan budak, anda manusia bebas, bebaskan pikiran anda, murnikan akidah kita.!!!!
#####


Dari Gene
Assalamu’alaikum wr.wb.,
Tulisan yang bagus Mas Wahyu. Mohon izin untuk post di Blog saya.
Saya sering menyatakan dalam ceramah bahwa Indonesia masih dijajah. Ketika para pendengar kelihatan bingung, saya jelaskan maksud saya: Indonesia masih dijajah secara mental, dan dan kemudian saya bahas perkara ini dengan istilah “penjajahan mental”.
Contohnya berlimpah-limpahan, dan terdiri dari contoh2 yang disebut Mas Wahyu. Rakyat sering kelihatan menunggu orang lain memberikan perintah, dan tidak sanggup berfikir sendiri atau bertindak sendiri. Harus ada orang lain yang memberikan izin. Harus ada orang lain yang bertanggung-jawab. Selama bangsa kita masih begini, bagaimana bisa maju? Dan untuk lepaskan diri dari penjajahan mental tidak gampang, karena banyak sekali orang tidak sadar bahwa dirinya masih dijajah.

Untuk membebaskan orang yang tidak sadar dirinya tertahan, sungguh sulit. Cara yang terbaik untuk memberikan pikiran baru adalah lewat sistem pendidikan, tetapi di sini, malah sistem pendidikan menjadi bagian dari penjajahan tersebut.
(Ayo, lebih baik menjawab dengan jujur atau benar?)
Orang tua bersikeras untuk tahu ranking anaknya. Kalau sekolah tidak memberikan, orang tua marah. Tidak peduli kalau anaknya disetrap, diberi PR yang berlebihan sekali, diberi mata pelajaran yang jumlahnya tidak bisa dihitung dengan jari dari dua tangan, memberi ujian untuk 16 mata pelajaran setiap bulan, dan seterusnya. Orang tua tidak bakalan marah tentang hal-hal itu, tetapi kalau sekolah tidak memberitahu bahwa ranking anak adalah 12, orang tua menjadi marah dan kesal. Mereka merasa wajib untuk tahu nilai anaknya dibandingkan dengan anak lain, padahal kalau diajak bicara, mereka setuju bahwa setiap anak adalah unik. Tetapi kalau membicarakan pelajaran sekolah, keunikan anak dibuang, hanya ranking yang paling tinggi yang menjadi cita-citanya.

Hasil dari penjajahan mental terasa di semua lapisan masyarakat. Orang kaya tidak peduli pada tetangga, dan orang miskin juga banyak yang tidak peduli, padahal sama-sama Muslim.
Kalau saya di kelas bahasa Inggris, dan saya bertanya kepada murid tentang perkara apa saja, sangat terasa efek dari pendidikan yang dilandasi penjajahan mental, karena setiap murid memberikan jawaban dan pendapat pribadi yang persis sama. Hampir tidak pernah ada yang berbeda pendapat. Untuk mengadakan debat di dalam kelas sangat sulit, karena tidak ada yang bisa ambil sisi lain dari suatu perkara. Semua ingin pro atau kontra, dan sangat jarang ada yang berani untuk berbeda pendapat dengan mayoritas. Saya pernah mengadakan debat di dalam kelas yang cukup advanced, dan topiknya adalah lingkungan. Masalah pertama adalah hampir semua murid (anak SMA, mahasiswa dan sedikit karyawan) tidak tahu apa-apa tentang lingkungan. Malasah kedua, semua ingin ambil pendapat pro (saya lupa pertanyaannya apa), dan tidak ada yang berani berdebat dari sisi kontra. Akhirnya, satu anak jadi berani, dan saya gabung dengan dia sehingga kami berdua melawan 15 murid lain yang punya pendapat yang sama. Dan kalau anak yang lebih banyak diam (biasannya perempuan) diajak berbicara, kebanyakan hanya mengatakan “Saya setuju dengan dia” (maksudnya, pembicara yang sebelumnya).

Akhirnya, 15 murid kalah melawan saya karena tidak bisa membentuk argumentasi dan hanya bisa sebatas mengiyakan pendapat orang lain yang aktif. Saya tahu kemampuan bahasa Inggris anak2 itu jadi saya yakin bukan masalah bahasa. Dan saya juga alami hal yang sama berkali2 selama 12 tahun mengajar di sini.
Kesannya: Anak Indonesia tidak bisa berpendapat dan tidak bisa berfikir secara independent. Kalau ditanyai apa yang benar, mereka tidak tahu. Tetapi kalau diberitahu yang mana yang benar, mereka bisa ingat dan mengulangi kata-kata saya dalam ujian. (Saya sering dapat kesan bahwa skil untuk berfikir secara independen baru mulai untuk sebagian orang setelah lulus kuliah dan mulai kerja).

Bagaimana masa depan bangsa ini?
Kapan akan merdeka? Yang paling utama adalah guru sekolah harus dimerdekakan, karena mayoritas dari mereka tidak merasa dijajah secara mental. Makanya murid mereka dipukul, atau dihukum, atau dihinakan, atau “dibantu” lulus UN tanpa rasa malu atau rasa gagal sebagai pendidik.
Kapan ini akan berubah?
Satu solusi: More training for school teachers, less Busway (dan proyek2 lain yang mubazir)!
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene

28 November, 2007

Guru ditangkap karena Teddy Bear dinamakan “Muhammad”


(Cerita yang paling banyak dikirim lewat email dan nomor empat dari yang paling banyak dibaca pada situs BBC News pada 26 November, 2007)

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Orang di Indonesia sering bertanya kepada saya tentang kenapa orang barat tidak mau masuk Islam atau tidak mau tahu tentang Islam dan Nabi Muhammad SAW. Terus terang, ini sebagian dari masalahnya. Orang barat itu melihat berita seperti ini yang menujukkan perbuatan yang luar biasa dari sebagian orang Muslim.

Dalam berita ini, seorang guru sekolah dari inggris yang sedang bekerja di Sudan telah ditangkap karena “menghinakan Nabi Muhammad SAW”. Alasannya adalah dia membiarkan muridnya memberikan nama Muhammad pada sebuah Teddy Bear (boneka beruang) dalam suatu proyek sekolah. Guru perempuan bernama Gillian Gibbons, 54 tahun, dari Inggris, minta anak-anak SD itu memberikan nama pada sebuah Teddy Bear, dan membawanya pulang ke rumah secara bergiliran. Sambil main dengan boneka di rumah, mereka harus mencatat apa yang mereka lakukan dengan si Teddy di dalam buku catatan kelas.

Para murid mengusulkan 8 nama, termasuk Abdullah, Hassan dan Muhammad, lalu mereka mengadakan pemilihan suara (voting). 20 dari 23 anak memilih nama Muhammad sebagai nama favorit mereka.

Walaupun si guru telah ditahan, dia dibelum dituntut dan masih berada dalam tahanan polisi. “Menurut wartawan BBC, Amber Henshaw, hukuman untuk Ibu Gibbons bisa 6 bulan penjara, 40 x cambuk, atau denda.

Sekarang sekolah ditutup sampai bulan Januari karena mereka takut diserang. Oleh siapa? Ternyata, kalau anak kecil memilih nama favorit untuk sebuah Teddy Bear, dan nama itu adalah Muhammad, maka sebagian laki-laki Muslim akan berkumpul, sepertinya dengan tujuan menyerang sekolah. Barangkali itu cara terbaik untuk mengajarkan anak tentang agama Islam. Untungnya, belum terjadi apa apa.

Semoga pembaca Muslim yang berakal sehat bisa melihat kebodohan dari situasi ini. Kesalahan dilakukan oleh anak kecil berumur 6 tahun. Apakah guru juga bersalah? Dari pandangan Islam, iya. Dia seharusnya mengajarkan anak bahwa orang Islam tidak suka bila nama Nabi Muhammad SAW diberikan kepada binatang, dan seharusnya dia minta mereka memilih nama yang lain. Tetapi sang guru itu bukan orang Islam, jadi bagaimana dia bisa tahu bahwa orang Islam tidak suka hal tersebut? Dan kita tidak bisa berharap bahwa sekelas anak kecil akan tahu juga.

Jadi kenapa guru ini ditahan? Muridnya yang berbuat salah, jadi kenapa tidak menahan mereka sekaligus? Kesalahan sang guru hanya bahwa dia “tidak tahu” sesuatu tentang agama Islam. Apakah wajar kalau dia ditahan dan diancam dengan penjara atau pencambukan bila dia tidak tahu sesuatu tentang agama orang lain?

Sebuah kesalahan seharusnya bisa dimaafkan. Sepertinya tidak ada bukti bahwa dia sengaja ingin menghinakan Islam. Jadi kenapa dia ditahan? Apakah itu diambil dari ajaran agama Islam? Bilamana anda melakukan kesalahan secara tidak sengaja, anda akan dipenjarakan atau dicambuk? Apakah itu cara yang terbaik untuk mengajarkan orang tentang kemuliaan nabi tercinta kita Muhammad SAW?

Kenapa kita tidak menunjukkan rasa kasih sayang kita terhadap nabi Muhammad SAW dengan membedakan antara penghinaan yang dilakukan secara sengaja (seperti kartun di koran Denmark itu), dan kesalahan yang dilakukan secara tidak sengaja oleh sekelompok anak kecil dan gurunya yang awam?

Apakah si guru bersalah? Memang. Apakah perlu seorang ustadz mengajarkan dia tentang etika Islam? Memang. Apakah dia pantas dipenjarakan dan dicambuk? Sama sekali TIDAK. Ini bukan Islamnya nabi mulia kita Muhammad SAW, yang telah menarik perhatian saya sehingga bisa bersyahadat. Di manakah Islam itu? Islam yang perlu dengan kasih sayang. Islam yang membawa rahmat bagi seluruh ummat manusia. Itulah Islam yang saya ikuti, bukan versi Islam di mana guru perempuan yang melakukan kesalahan secara tidak sengaja bisa diancam dengan pencambukan dan penjara.

Semoga guru ini segera dibebaskan, dan semoga kaum lelaki di Sudan cukup memahami agamanya dan contoh nyata dari nabi mulia kita Muhammad SAW, sehingga mereka bisa memaafkan guru itu, mengajarkannya tentang Islam dengan sikap yang baik dan mulia, dan membiarkan dia, muridnya, dan sekolahnya hidup dengan damai.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene Netto

Versi bahasa Inggris di sini

The full article on BBC News can be read here.

Latest update from BBC here: 27 November 2007

British officials are trying to secure the release of a British schoolteacher arrested in Sudan for letting her pupils name a teddy bear Muhammad.

Fellow teachers at Khartoum's Unity High School told Reuters news agency that they feared for Ms Gibbons' safety after receiving reports that men had started gathering outside the police station where she was being held.

"The bear was never intended to be an effigy and I would expect the British Embassy officials to be pressing that message to the Sudanese authorities."

The BBC's Amber Henshaw said there had been little coverage in the Sudanese press, with just two English-language newspapers picking up the story.

Comments from readers at BBC Website can be read here.



23 November, 2007

Torture 'unpunished in Indonesia'


Indonesia has a "culture of impunity"[= tidak kena sangsi] in the face of ill-treatment and torture, a senior UN official has said.

Manfred Nowak, special rapporteur on torture, has spent two weeks inspecting the country's prisons and police and military detention centres.

Mr Nowak said he found evidence of detainees being electrocuted, suffering systematic beatings and even being shot in the legs at close range.

He called on the government to make torture a separate crime under the law.

The BBC's Lucy Williamson, in Jakarta, says Indonesia has regularly come under scrutiny for its human rights record. Mr Nowak's visit is the third by a UN human rights monitor this year.

Safeguards call

He conceded that treatment of detainees had improved since authoritarian dictator Suharto's regime came to an end in 1998.

But the envoy said abuse had continued, and the police appeared to be the main culprits.

"The problem of police abuse appears to be sufficiently widespread as to warrant immediate attention," he said.

The level of abuse varied widely between institutions, depending on the personal behaviour of those in charge, he said.

In some places there were no reported cases of abuse, in others he said torture was systematic, with detainees regularly suffering beatings.

"In all the meetings with government officials nobody could cite one case in which a police officer was ever found guilty and sentenced by a criminal court for ill-treatment or other abuse of a detainee," he said.

He called on the Indonesian government to strengthen the legal safeguards against torture.

He said there should be a separate offence of torture, a reduction in the time people spend in police custody and an independent complaints system.

Mr Nowak, who will deliver a full report to the UN Human Rights Council, visited institutions in Jakarta, Papua, South Sulawesi, Bali and Yogyakarta.

Story from BBC NEWS:

http://news.bbc.co.uk/go/pr/fr/-/2/hi/asia-pacific/7109219.stm

Published: 2007/11/23 12:24:50 GMT

© BBC MMVII

18 November, 2007

Taman Kota Dibuat Dari Tanah Kosong


Ini sebuah ide untuk membuat banyak “taman kota sementara” di dalam setiap kota besar di Indonesia.

Saya lihat di hampir semua wilayah di Jakarta, ada tanah kosong yang tetap kosong untuk bertahun-tahun. Bagaimana kalau semua tanah kosong itu dijadikan taman sementara?

Setiap tanah kosong dengan ukuran di atas X m2 bisa diubah menjadi taman.

Pemda bisa berhenti sementara dari membuat koridor Busway di mana-mana, dan salurkan dananya untuk beli rumput, pohon, semak, ayunan dan mainan lain buat anak. Semua fasilitas akan tetap milik Pemda, tetapi pemilik tanah tetap dianggap pemilik mutlak dari tanahnya. Kalau pemilik tanah ingin menggunakan tanah untuk membangung gedung, semua fasilitas bisa diambil kembali oleh Pemda.

Dengan melihat tanah kosong yang tetap kosong sampai puluhan tahun, hasil dari rencana ini akan membentuk banyak taman kota untuk puluhan tahun yang bisa dinikmati oleh warga sebelum ada rencana pembangunan bagi tanah tersebut.

Orang perkantoran mendapat tempat menarik untuk duduk dan istirahat pada waktu makan siang, dan Ibu rumah tangga bisa ajak anaknya bermain di taman dekat rumah.

Ini sebuah solusi yang sederhana, tidak begitu mahal (dibandingkan Busway) dan akan membuat ibukota lebih indah dan menarik untuk puluhan tahun mendatang.

35 JUTA warga AS kekurangan makanan

Assalamu’alaikum wr.wb.,

Ini sangat menarik. Ternyata orang miskin yang hidup dalam kelaparan tidak di Indonesia saja. Di Amerika pun ada.

Pada tahun 2006, 35 JUTA warga AS kekurangan makanan, yang mereka sebut “food insecure” dengan arti makanan tidak cukup dari hari ke hari (mirip orang miskin di Indonesia).

Menurut saya, sangat aneh bahwa negara besar ini bisa menghabiskan ratusan milyar dolar untuk membunuh orang Islam di Afghanistan dan Iraq, padahal uang itu lebih bermanfaat bila digunakan untuk kepentingan warga sendiri. (Perkiraan terbaru menyatakan jumlah uang yang perlu dihabiskan untuk perang George Bush ini akan lebih dari 1 TRILLION dolar, karena juga memperhitungkan biaya perawatan bagi prajurit yang luka-luka, pensiun seumur hidup bagi mereka, dana untuk menggantikan semua bom dan senjata yang sudah digunakan atau rusak, dsb.)

Di AS, orang miskin dibiarkan dalam kemiskinan, anak yang lapar dibiarkan lapar terus, dan ratusan milyar dolar dihabiskan dengan sia-sia untuk membunuh anak orang lain di Iraq. (Tapi minyaknya dapat kali ya, jadi ada untung sedikit).

Hiduplah demokrasi versi AS! Kapan dunia akan diselamatkan dari kegilaan Bush dan Kongres AS yang tidak bisa utamakan anak yang lapar di dalam negaranya sendiri? Apa bedanya dengan pejabat Indonesia yang juga tidak peduli pada anak yang lapar karena begitu sibuk dengan korupsinya? Barangkali lebih baik korupsi daripada demam perang kaya AS. Kalau pejabat Indonesia korup dan tidak peduli pada anak bangsa yang lapar, minimal mereka tidak sibuk membunuh anak orang lain di bangsa lain.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Over 35 Million Americans Faced Hunger in 2006: USDA
By Christopher Doering
Reuters

Wednesday 14 November 2007

Washington - The U.S. government said the number of Americans who went hungry in 2006 was held in check at 35 million people from the prior year, but food advocacy groups said on Wednesday more needs to be done.

The U.S. Agriculture Department said a total of 12.65 million households were "food insecure," or 10.9 percent of U.S. homes, up from 12.59 million a year ago.

The USDA defines food insecurity - its metric for measuring hunger - as having difficulty acquiring enough food for the household throughout the year.

"It looks very stable from this year to last year," said Mark Nord, who co-authored the annual report for USDA's Economic Research Service.

Overall, 35.52 million people, including 12.63 million children, went hungry compared with 35.13 million in 2005. The survey was conducted in December 2006 and represented 294 million people, an increase of 2.5 million from 2005.

Food advocacy groups said the figures showed the United States was not doing enough to combat hunger, and feared conditions could worsen.

"As costs for food, energy, and housing continue to rise and wages stagnate or decline, households are finding themselves increasingly strapped," said Jim Weill, president of the Food Research and Action Center. "This may mean even worse numbers in 2007."

Very low food security was most prevalent in households with children headed by a single woman - 10.3 percent in 2006, USDA said.

Food stamps and other public nutrition programs account for about 60 percent of the USDA's spending. Funding for the department's 15 nutrition assistance programs has risen 70 percent since 2001 to $59 billion in 2006, and 20 percent of all Americans are impacted by the programs each year.

Some 27 million people are enrolled in the food stamp program alone, which helps poor Americans buy food. USDA has estimated 65 percent of eligible people participate in the program, up from 54 percent in 2001.

"We have more work to do," said Kate Houston, USDA's deputy undersecretary for Food, Nutrition and Consumer Services. "We can't say that everybody that is eligible for our programs is participating."

Truthout


06 November, 2007

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un




Assalamu’alaikum wr.wb.,

Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Guruku, dan ayahku, Kyai Haji Masyhuri Syahid telah meninggal dunia, jam 21.15 WIB pada Minggu malam, tgl 4 November. Wafatnya secara mendadak, padahal sepanjang hari sebelumnya tidak ada gejala sakit. Setelah sholat jenazah di Masjid I’tihad Tebet pada hari Senin, pada waktu dzuhur, kami membawa jenazahnya ke Cirebon. Ayah minta dimakamkan di Cirebon karena berasal dari sana. Mohon ayah dimaafkan bila ada dosa. Semoga semua dosanya diampuni dan amal ibadah diterima di sisi Allah SWT. Amin, amin, yaa robbal'alamin.

Hari ini, Selasa 6 November, kami baru kembali dari Cirebon, dan melanjutkan tahlilan di rumah ayah.

Mohon ayah didoakan.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene + Lukman

30 October, 2007

Rencana Pendidikan Bagi Kota/Propinsi


Assalamu’alaikum wr.wb.,

Ini adalah beberapa ide saya untuk menyusun sebuah Rencana Pendidikan Baru bagi setiap propinsi. Ide-ide seperti ini perlu disampaikan kepada para gubenur, bupati, walikota atau kepala sekolah, dan juga kepada pengurus partai politik yang ingin menunjukkan sikap serius untuk memperbaiki pendidikan di sebuah kota, propinsinya atau di seluruh negara ini. Tentu saja semua ide ini akan perlu dikaji lebih dalam, diperbaiki dan ditambah oleh orang lain yang mempunyai ilmu lebih tinggi, dan lebih mengerti keadaan nyata di lapangan. Ini permulaaan saja. Kalau anda punya jalur untuk menyampaikan usul seperti ini kepada pihak yang berwenang, coba saja ajak mereka diskusi tentang cara memperbaiki sisitem pendidikan dengan tindakan yang konkret.
Sebagai contoh, saya akan membahas DKI saja, dengan catatan bahwa hal-hal ini bisa dilakukan di dalam semua propinsi dan kota oleh gubenur, bupati, atau walikota, dengan dukungan dari partai mana saja. Sebagian dari usul ini juga bisa dipraktekkan langsung oleh seorang kepala sekolah, misalnya nomor 9: Piagam sekolah diganti dengan buku.
Semoga bermanfaat.
1. Direktur Pendidikan

Gubenur perlu membentuk sebuah posisi baru di kantor Gubenur: Direktur Pendidikan (DP) untuk mengurus Pendidikan (sudah ada kantor Dinas Pendidikan Dasar DKI dan juga Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI). Tugas DP adalah memperbaiki semua SD se-DKI dengan cara apapun (asal halal). Orang tersebut akan diberikan autonomi untuk bertindak sendiri dan membuat rencana baru untuk memperbaiki jaringan SD. (SMP dan SMA bisa menyusul nanti atau juga boleh dikerjakan pada saat yang sama). Akan disediakan budget sendiri dan lapor langsung kepada Gubenur. Dana itu akan diaudit setiap sekian bulan oleh Public Accountant dan hasil audit akan disediakan kepada wartawan dan publik. Sepertinya juga bagus kalau Direktur Pendidikan ini adalah orang di luar pemerintahan, atau non-PNS dengan latar belakang managemen atau pendidikan, supaya dia bebas dari masalah2 yang telah menghalangi kemajuan di dalam Departemen Pendidikan selama ini.

Sudah ada Dinas ini di DKI, tetapi barangkali perlu dikembangkan, disemangatkan, dan diberi seorang pemimpin baru, seorang ahli baru (yang bukan “asal PNS senior”) yang bisa mengatur banyak orang untuk mencapai hasil yang optimal. Ada banyak ahli pendidikan di sini (orang Indonesia) yang berpengalaman dan kompeten untuk melakukan tugas ini.

Dinas Pendidikan Dasar DKI


Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi DKI


2. Izin Pembangunan

Setiap proyek yang memajukan izin untuk membangun mal, kompleks perumahan, dsb. akan mendapat satu syarat baru, yaitu wajib membayar sekian persen dari harga proyek untuk memperbaiki sekolah (semacam pajak pendidikan). Misalnya, proyek 1-5 milyar, wajib membayar 0,1% dari harga proyek ke Dinas Pendidikan untuk memperbaiki SD. Proyek 5-10 milyar akan wajib membayar 0,3% dari harga proyek ke Dinas Pendidikan. Proyek 10-30 milyar wajib bayar 0,7%. Dan seterusnya. Bayaran ini dianggap sebuah “pajak” yang harus dibayar oleh pengusaha demi kepentingan masa depan bangsa.

Dana untuk membangun mal tidak merupakan dana pribadi pengusaha, melainkan pinjaman bank, dan sebagian dari biaya tersebut juga dibebankan kepada para penyewa ruang dalam mal, dan juga kepada konsumen. Dengan demikian, orang kaya yang suka belanja di mal secara tidak langsung akan membantu memperbaiki sekolah buat semua anak, bukan saja untuk anak mereka di sekolah swasta. Penyaluran dana ini akan diaudit oleh Public Accountant yang terpisah dari Pemda.

3. Penghargaan Gubenur untuk Pendidikan

Akan ditentukan proses untuk memilih orang atau organisasi yang telah membantu dunia pendidikan dan kelompok tersebut akan masuk seleksi untuk menerima penghargaan. Hal ini akan dikaitkan dengan program CSR (Corporate Social Responsibility) dari perusahaan besar. Misalnya kalau Coca Cola menyumbang puluhan ribu buku cerita pada beberapa SD, maka Coca Cola akan masuk seleksi untuk menerima penghargaan tersebut.

4. Kompetisi Sekolah Terbaik

Semua SD se-DKI (dan mungkin juga SMP dan SMA) akan masuk seleksi untuk menerima penghargaan (berupa uang, buku, komputer atau alat lain). Akan ditentukan kategori misalnya:

· Sekolah Bersih

· Sekolah Indah. Bisa dihias dengan mural – lukisan anak di tembok, bunga, pagar yang berwana, dll.

· Sekolah Membantu Masyarakat. Anak sering membantu orang lain di lingkungan itu

· Sekolah Peduli. Anak sekolah diajak ke sebuah panti asuhan untuk bermain dan bergaul dengan anak panti. Bisa dibatasi pada anak Kelas 5-6 saja, bisa untuk anak SMP-SMA daripada SD.

· Lain-lain

5. Program Sekolah Dermawan

Anak sekolah diajar untuk membantu masyarakat. Pemda akan mengumumkan suatu bulan lewat radio dan televisi, RT/RW, masjid, dsb. bahwa pada bulan ini, semua anak SD yang sukarelawan akan digerakkan (di bawah pengawasan guru dan orang tua) untuk mengumpulkan barang yang bermanfaat untuk masyarakat miskin. Misalnya bulan April, kumpulkan baju bekas. Bulan Augustus kumpulkan sembako, dsb. Yang dikumpulkan akan disortir di sekolah masing2 dan dilaporkan ke Pemda. Jalur untuk menyumbang barang tersebut sudah ditentukan Pemda sebelumnya. Bisa dibagi langsung lewat sekolah, atau dikumpulkan di kantor Pemda dulu.

6. Kompetisi menulis buku cerita untuk anak.

Gubenur akan sediakan 10 x 50 juta (misalnya) sebagai penghargaan untuk penulis cerita anak terbaik. Kerja sama dengan Gramedia (atau yang lain). Kerja sama dengan Aqua (atau yang lain) yang punya program CSR, dan sudah menunjukkan kepedulian pada anak dan pendidikan. Tujuan adalah meningkatkan jumlah penulis buku untuk anak di DKI. Buku terbaik akan dibeli 5,000 – 10,000 eksemplar (atau lebih) dan disumbangkan ke sekolah2. Harapan adalah kompetisi ini akan memberikan semangat kepada para penulis untuk menambahkan jumlah buku anak lokal, yang sangat minum pada saat ini.

7. Program training baru yang diadakan Pusdiklat DKI di bawah DP.

Semua guru se-DKI, secara bertahap, akan diberikan training untuk meningkatkan skilnya. Hal ini dimulai dengan guru SD, dan setiap sekolah wajib mengirim semua guru ke lokasi training. Bisa dilakukan di tempat pusat atau di sekolah sendiri selama satu minggu. Selama guru sedang training, sekolah bisa diliburkan untuk 1 minggu. Atau, guru bisa dikirim secara bergiliran supaya hanya 2 guru dikirim dari setiap sekolah pada saat yang sama. Guru pengganti bisa disediakan untuk masuk sementara, dan menggantikan guru yang sedang training. Training bisa terdiri dari berbagai macam hal yang dibutuhkan para guru, misalnya:

· “Classroom management” (pengaturan kelas)

· “Inquiry Method” (metode bertanya-tanya)

· Membuat pelajaran yang menarik dari bahan yang membosankan

· Skil bernegosiasi dengan murid

· Memahami bedanya PR yang bermanfaat dan tidak bermanfaat

· Psikologi pendidikan

· Motivasi untuk guru

· Cara memberikan motivasi kepada siswa

· Lain-lain

Guru SMP dan SMA akan dilatihkan sesuai dengan spesialisasinya dan juga secara umum dalam satu kelompok.

8. Kumpulkan buku dari orang tua, perusahaan untuk membentuk perpustakaan

Program ini bisa dilakukan bersama dengan LSM 1001 buku (www.1001buku.org) atau dijalankan sendiri. Orang tua dan perusahaan akan diajak untuk menyumbang buku, terutama buku cerita untuk mengembangkan perpustakaan di setiap sekolah. Sekolah yang belum punya perpustakaan akan diutamakan untuk pembangunan ruangan khusus untuk menjadi perpustakaan. Bila lokasi sekolah tidak memadai, akan dicari caranya untuk membangun ruangan di atas gedung atau dengan sewa sebuah rumah kecil di dekat sekolah. Barangkali bisa dibangun ruangan baru dengan harga yang murah (bertanya pada insinyur gedung).

9. Piagam dalam lomba sekolah diganti dengan buku penghargaan (dengan nama pemenang di dalamnya) yang disumbangkan ke perpustakaan sekolah

Setiap sekolah akan dianjurkan untuk menggantikan piagam, yang sering dibagai kepada siswa, dengan buku. Setelah sebuah lomba, anak akan terima sebuah buku cerita. Di dalam setiap buku, ada stiker dengan nama anak dan prestasi yang telah ia capai. Anak boleh bawa pulang buku itu untuk 1 minggu dan sesudahnya akan diminta untuk menyumbang buku itu pada sekolah untuk kepentingan masa depan adik kelas. Anak tidak anak dipaksakan untuk menyumbangkan bukunya, tetapi guru bisa menggunakan trik2 psikologi dan “peer pressure” (pembujukan dari teman sekelas) untuk membujuk anak yang tidak mau bantu. Semua buku akan dikumpulkan dalam perpustakaan sekolah untuk kepentingan bersama, dan ini lebih bermanfaat daripada sekotak piagam yang di simpan di lemari bertahun-tahun sebelum akhirnya dibuang. Secara psikologis, lebih bermanfaat kalau teman sekolah ingat terus pada prestasi seorang anak (setiap pinjam buku tersebut) daripada ada piagam di rumah yang tidak dilihat oleh siapa-siapa.

10. Lampu warna-warni di sekitar DKI adalah pemborosan dan akan dihilangkan.

Uang yang disediakan untuk pemeliharaan lampu warna-warni, perbaikan lampu itu dan juga tagihan listrik akan disalurkan ke Dinas Pendidikan. Tujuan dari ini sudah jelas. Pemda akan mencari semua jalur yang halal untuk menyediakan dana yang lebih besar untuk Dinas Pendidikan. Lampu ini adalah salah satu sumber uang. Lampu yang sudah ada bisa dijual ke kota yang lain, atau ke perusahaan swasta.

11. Semua proyek besar yang dianggap tidak menguntungkan mayoritas dari rakyat (seperti busway, monorail, air mancur, dsb.) akan ditunda dan dananya akan disalurkan ke DP.

Kalau ada program untuk membangun sebuah air mancur atau mengecet batu terotoar, program itu akan ditunda dulu untuk membuat penilaian baru. Apakah benar-benar dibutuhkan dan menguntungkan rakyat? Kalau tidak, dananya akan disalurkan ke Direktur Pendidikan.

12. Program berantas banjir akan dimulai dari SD.

Anak diajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan (terutama ke got dan kali) dan harus berani menegor orang dewasa yang melakukannya. Anak yang kelihatan mengambil dan membuang sampah ke tempat sampah di dalam lingkungan sekolah akan menerima penghargaan di sekolah, misalnya dengan menulis namanya di sebuah papan yang kelihatan semua anak. Ini membentuk pikiran bahwa membuang sampah ke tempat yang benar adalah hal yang baik. Ini suatu ajaran kecil, tetapi dampaknya jangka panjang.

13. Program kesejahteraan guru akan dibentuk.

Dana dari asuransi guru akan menjadi Investment Fund (seperti banyak program asuransi yang ada sekarang). Seorang guru yang isteri/suami/anak membutuhkan dana untuk kepentingan kesehatan akan bisa memajukan permintaan ke Dinas Kesejahteraan Guru dan akan dibayar dari hasil Investment Fund tersebut. Ini bisa diuji coba dengan skala kecil dulu, misalnya untuk satu kecamatan, lalu bisa diperluas kalau sudah terbukti berhasil. Dana dikelolah oleh perusahaan professional di luar Pemda, akan dibuka untuk investasi dari rakyat, dan akan diaudit oleh Public Accountant.

14. Apa Lagi?

Ini hanya sebatas saran-saran yang barangkali bermanfaat bagi seorang gubenur, bupati atau walikota yang ingin melakukan perubahan di dalam bidang pendidikan. Belum tentu semuanya baik dan bermanfaat, dan hanya ide saja, yang perlu dikaji lebih dalam oleh orang lain.

Semoga bermanfaat untuk permulaan.

Wassalamu’alaikum wr.wb.,

Gene


29 October, 2007

On Torture and American Values



The New York Times | Editorial

Sunday 07 October 2007

Once upon a time, it was the United States that urged all nations to obey the letter and the spirit of international treaties and protect human rights and liberties. American leaders denounced secret prisons where people were held without charges, tortured and killed. And the people in much of the world, if not their governments, respected the United States for its values.

The Bush administration has dishonored that history and squandered that respect. As an article on this newspaper’s front page last week laid out in disturbing detail, President Bush and his aides have not only condoned torture and abuse at secret prisons, but they have conducted a systematic campaign to mislead Congress, the American people and the world about those policies.

After the attacks of 9/11, Mr. Bush authorized the creation of extralegal detention camps where Central Intelligence Agency operatives were told to extract information from prisoners who were captured and held in secret. Some of their methods — simulated drownings, extreme ranges of heat and cold, prolonged stress positions and isolation — had been classified as torture for decades by civilized nations. The administration clearly knew this; the C.I.A. modeled its techniques on the dungeons of Egypt, Saudi Arabia and the Soviet Union.

The White House could never acknowledge that. So its lawyers concocted documents that redefined “torture” to neatly exclude the things American jailers were doing and hid the papers from Congress and the American people. Under Attorney General Alberto Gonzales, Mr. Bush’s loyal enabler, the Justice Department even declared that those acts did not violate the lower standard of “cruel, inhuman or degrading treatment.”

That allowed the White House to claim that it did not condone torture, and to stampede Congress into passing laws that shielded the interrogators who abused prisoners, and the men who ordered them to do it, from any kind of legal accountability.

Mr. Bush and his aides were still clinging to their rationalizations at the end of last week. The president declared that Americans do not torture prisoners and that Congress had been fully briefed on his detention policies.

Neither statement was true — at least in what the White House once scorned as the “reality-based community” — and Senator John Rockefeller, chairman of the Intelligence Committee, was right to be furious. He demanded all of the “opinions of the Justice Department analyzing the legality” of detention and interrogation policies. Lawmakers, who for too long have been bullied and intimidated by the White House, should rewrite the Detainee Treatment Act and the Military Commissions Act to conform with actual American laws and values.

For the rest of the nation, there is an immediate question: Is this really who we are?

Is this the country whose president declared, “Mr. Gorbachev, tear down this wall,” and then managed the collapse of Communism with minimum bloodshed and maximum dignity in the twilight of the 20th century? Or is this a nation that tortures human beings and then concocts legal sophistries to confuse the world and avoid accountability before American voters?

Truly banning the use of torture would not jeopardize American lives; experts in these matters generally agree that torture produces false confessions. Restoring the rule of law to Guantánamo Bay would not set terrorists free; the truly guilty could be tried for their crimes in a way that does not mock American values.

Clinging to the administration’s policies will only cause further harm to America’s global image and to our legal system. It also will add immeasurably to the risk facing any man or woman captured while wearing America’s uniform or serving in its intelligence forces.

This is an easy choice.

Truthout

Book Cover Design


Assalamu’alaikum wr.wb.,
Ada yang bisa kasih saran bagi book cover design untuk buku saya, Mencari Tuhan, Menemukan Allah? Kira-kira gambar apa yang cocok di cover?
Di dalam buku, saya membahas agama Kristen dan agama Islam.
Terima kasih kalau ada yang punya saran.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene
 

UPDATE: 1 Feb 2008
Hitam dan putih, yang kelihatan kuning di gambar, akan gunakan warna emas. Jadi emas di atas hitam, mirip kain kiswah di atas kabah.
Dan hitam putihnya karena saya berusaha untuk membuat agama semudah hitam putih: ada yang benar, ada yang salah. Hitam putih. Tidak ada abu-abunya.
Gimana? Suka?


Re: Menjawab Dengan Jujur Atau "Benar" #3


Membalas beberapa komentar yang masuk dari pembaca:
Ada yang tidak suka komentar saya bahwa tidak ada penemuan yang baik di Indonesia. Saya yakin masih ada orang Indonesia yang pintar yang bisa berhasil sebagai penemu. Maksud saya, dari jumlah penduduk yang begitu besar, kenapa tidak ada lebih banyak? Mereka itu bisa berhasil walaupun sistem pendidikan tidak mendukung. Bagaimana nasib mereka kalau memang dibina dengan benar dari SD? Dan bagaimana dengan anak lain yang batal jadi penemu atau ahli karena bakatnya ada, tetapi mulai dari SD, mereka diwajibkan nurut dan bukan menjadi kreatif? Siapa yang mau bertanggung-jawab terhadap calon2 jenius dari Indonesia, seperti Joko Da Vinci dan Ahmad Einstein, yang akhirnya tidak muncul sebagai orang pintar karena semangat mereka untuk menggali ilmu secara independen dipatahkan di dalam sekolah? Siapa yang membela hak anak untuk belajar kalau guru pun menjadi pengganggu dalam proses belajar? 

Komentar dari beberapa pembaca:
Ada yang mengatakan proses itu penting daripada hasilnya.Tapi ada juga yang berpendapat bahwa proses dan hasil yang baik pasti itu yang diharapkan.
Betul. Yang paling dibutuhkan adalah proses dan hasil yang baik. Tetapi seringkali di sini, yang diutamakan hanyalah hasil! Dan hasil tersebut harus sesuai dengan kemauan guru. Jawaban yang lain salah. Ini sikap yang keliru sekali. Seharusnya proses lebih utama daripada hasil dalam pendidikan. Kalau proses 99% benar, hasil akan salah, tetapi murid hampir mengerti dan hampir mendapat jawaban yang benar. Tinggal dibina sedikit lagi dan insya Allah menjadi benar terus pada masa depan. Tetapi kalau hasil 100% benar tanpa peduli pada proses, maka yang jelas hanya satu: pada saat ini, dalam ujian ini, murid benar. Kalau besok? Tahun depan? Tergantung! Tergantung apakah dia mencapai hasil itu dengan proses yang benar (belajar, paham, coba, benar) atau dengan proses yang “asal” (nyontek dari teman, mencuri kunci jawaban, dapat bocoran dari guru). Kalau murid mencuri kunci jawaban, dan membagi-bagi kepada teman, yang pasti adalah jawaban para murid akan benar. Tetapi bagaimana dengan proses? Tidak usah peduli?
Ini masalahnya kalau hasil diutamakan di atas proses. Mau menjadi caleg? Wajib punya sertifikat lulus SMA. Kalau ternyata di masa lalu hanya lulus SMP atau bahkan SD, kemudian menjadi pengusaha yang kaya, kuat, dan sukses, bagaimana? Ohh, yang penting adalah HASIL. Beli saja sertifkat yang palsu. Asal tidak ketahuan, tidak menjadi masalah. Betul?

Saya sendiri bukannya tidak setuju dengan pendapat bahwa anak2 dilarang untuk mempunyai pendapat atau pandangan yang berbeda tapi memberi jawaban yang tepat dan benar adalah wajib.
Jawaban yang tepat yang benar yang mana? Coba anda jawab sekarang: hari ini terasa “panas” atau “dingin”? Lalu saya akan bertanya kepada dua teman dekat saya, 1 orang Eskimo, dan 1 orang Arab. Kalau jawaban anda berbeda dengan salah satu dari mereka, anda akan langsung dipecat dari perusahaan saya karena ternyata anda adalah orang bodoh yang tidak bisa menjawab pertanyaan yang sederhana. Ayo, jawab sekarang dan siap-siap dipecat kalau salah! Panas atau dingin?
Kita harus membedakan antara ilmu pasti (sains) dan ilmu lain yang subyektif. Kalau pertanyaan adalah 2 + 2 = berapa, maka hanya jawaban 4 yang bisa diterima. Tetapi kalau murid ditanyakan “ini apa”, atau “kamu suka apa” maka jawaban harus boleh beraneka ragam.
Barangkali anda bukan guru sekolah. Ternyata sebagian guru sekolah memang keberatan kalau muridnya punya pendapat yang berbeda. Dan nilai murid dikurangi padahal benar. Ada beberapa soal yang saya lihat dengan mata sendiri di ujian anak SD. Misalnya, burung hantu tinggal di mana? Pohon. Salah, hutan. Burung penguin tinggal di mana? Antartika. Salah, di gunung es. Ini soal nyata yang disalahkan oleh sang guru padahal tidak salah.
Bagaimana kalau anak anda sendiri sering mendapat nilai 6-7 dalam ujian, tetapi kalau diperiksa dengan lebih cermat, nilainya adalah 9-10? Bagaimana perasaan anak itu, ketika dia merasa yakin bahwa dirinya benar tetapi guru mengatakan salah? Guru tidak boleh diperdebat, dan tidak ada orang tua yang ingin telfon sekolah dan bertanya kenapa jawaban anaknya disalahkan. Kalau anak berprotes kepada orang tua, paling orang tua yang sibuk hanya membenarkan guru dan menyuruh anak belajar lebih keras.
Kasihan anak itu. Pedidikan tidak menjadi proses membangkitkan keinginan siswa untuk menuntut ilmu, melainkan menjadi proses memaksakan semua anak nurut dengan kemauan guru. Kenapa semua anak tidak diperbolehkan mendapat nilai tinggi, sehingga harus ada yang disalahkan?

Tapi kalau soal2 yang untuk di ujikan di ujian akhir,misalnya.Saya yakin guru lebih tahu,tidak asal-asalan dan benar2 memikirkan dalam memberikan soal2 beserta pilihan jawaban yang tepat dan benar.
Yakin? Kenapa yakin? Bukti yang saya lihat sebaliknya. Guru sepertinya asal-asalan. Jawaban anak benar, tetapi disalahkan oleh guru. Alasannya apa? Kenapa semua anak wajib memberikan jawaban yang sama dengan guru?

trus menurut pak gene..bagaimana cara penilaian yang benar? kalau ada pertanyaan model pilihan ganda atau model benar salah, berarti kan memang harus ada yang dibenarkan dan disalahkan..
Bukannya pilihan ganda itu salah, tetapi yang salah adalah guru karena memberikan lebih dari satu jawaban yang benar. Kalau gambar seorang perempuan, bisa dianggap siapa saja. Tidak mesti Ibu. Bisa juga anak, sepupu, pembantu, dll. Hal seperti ini sangat subyektif, dan seharusnya seorang guru yang berilmu di bidang pendidikan sudah tahu.
Saya berpengalaman bertahun-tahun membuat ujian bahasa Inggris dan juga kunci jawaban untuk semua tingkat. Proses itu makan waktu berhari-hari sampai berbulan-bulan (tergantung tingkatnya). Itu bukan hal yang gampang yang bisa diselesaikan dalam 1 jam. Harus diperiksa dengan teliti: apakah tingkat ilmunya terlalu sulit, terlalu mudah. Apakah semua pertanyaan punya tingkat yang sama? Ada berapa bagian dalam ujian? Berapa tipe soal? Butuhkan berapa banyak waktu untuk mengerjakannya? Apa hanya satu jawaban yang benar, yang lain pasti salah? Kalau murid boleh tulis jawabannya sendiri, yang mana yang bisa dibenarkan? Dan seterusnya.
Sepertinya, proses ini dilewati secara singkat oleh sebagian guru, dan hasilnya seperti kita telah lihat. Gambar seorang perempuan dianggap Ibu oleh guru, pembantu oleh murid, dan hanya guru yang boleh benar. Seharusnya tidak ada jawaban “pembantu” dalam ujian tersebut. Berarti, guru tidak berfikir bahwa gambar itu bisa merupakan orang selain Ibu, dan kalau ada yang berfikir begitu, cukup disalahkan saja.

kalau saya baca tulisan bapak, tidak ada jawaban yang salah menurut bapak dan semua bisa dibenarkan menurut logika berpikir masing2 anak,
Bukan begitu. Maksud saya adalah dalam hal yang subjektif (di luar ilmu pasti), kita bisa saja menyalahkan jawaban orang lain kalau ingin benar sendiri. Kalau anda bilang panas, saya cukup mengatakan dingin. Teman saya selalu makan yang pedas, tetapi dia orang Padang, jadi yang membuat lidah saya terbakar justru kurang pedas bagi dia. Yang mana yang “benar” dari persepsi itu? Saya atau dia?

kalau begitu tidak akan ada standarisasi dalam sistem pengajaran dan penilaian donk kalau semuanya didasarkan pada jawaban logika berpikir masing2 anak yang pastinya berbeda satu dengan yang lainnya.. jangan cuman kritik aja, kita tunggu solusinya pak...
Solusinya sederhana: memastikan para guru memang mengerti proses pendidikan dan cara membuat, serta memeriksa, ujian. Ini pelajaran standar untuk seorang guru, dan guru yang merasa belum paham, atau terbukti belum paham, seharusnya dilatih lagi sampai dia paham.
Kalau semua pasien yang masuk sebuah rumah sakit di Jakarta dioperasi lalu wafat, apakah anda akan bertanya kepada pengritik “Solusinya apa?” Seharusnya sudah nyata: dokter itu tidak mempunyai ilmu yang semestinya. Sama halnya dalam ujian yang ngawur ini. Yang salah adalah gurunya. Dan gurunya yang harus ditegor. Kalau siswa tidak bisa, orang tua harus berani.

standarisasi sistem pengajaran bukan berarti doktrinasi jawaban, standarisasi pengajaran itu misalnya untuk matematika, dia sudah paham pecahan, persentase, desimal, …untuk bahasa Indonesia, standarisasi bisa berarti bisa menyusun kalimat, terstruktur, bisa berargumentasi dengan baik,kreatif. Jadi kalau ditanya, ikan hidup dimana? ada yang jawab, kolam, akuarium, laut, dll dll, berarti semua dibenarkan,
Betul sekali. Mudah-mudahan anda ini seorang guru. Justru sikap seperti ini yang dibutuhkan. Seringkali anak kecil punya daya pikir sendiri, dan pada awalnya kita sangat mudah menyatakan bahwa dia salah. Tetapi kalau dia diberikan kesempatan untuk mejelaskan jawabannya, bisa jadi kita menjadi paham “kebenaran” di dalamnya. Kalau anak disalahkan terus, belum tentu dia ingin berusaha terus. Tetapi sebaliknya, kalau anak dibenarkan lebih banyak dari disalahkan, dan diberikan rasa sukses sebagai hasil dari usahanya, Insya Allah dia ingin belajar dan berjuang terus.

Bagusnya sih, kl ujian itu bukan pilihan ganda, tapi essay, jd murid punya kesempatan memaparkan hasil pikirannya dan argumentasinya dalam sebuah tulisan.
Semua boleh dalam satu ujian. Justru ujian yang baik itu ada campuran karena anak (dan dewasa) punya cara berfikir yang berbeda. Ada anak yang lebih mudah melihat jawaban yang benar kalau bisa langsung membandingkan dengan jawaban lain yang salah, berarti dia membutuhkan mulitiple choice (pilihan ganda). Ada anak yang lebih mudah menulis pendapat sendiri karena sudah tahu yang benar, dan kalau dia lihat jawaban yang salah (tetapi mirip) dia malah menjadi terlalu bingung, berarti dia harus bisa menulis jawaban singkat sendiri. Ada yang pandai menulis essay yang panjang, ada yang tidak. Dan seterusnya. Jadi, semua soal itu bermanfaat, selama gurunya mengerti, dan juga fleksible.
Guru SD wajib menjadi fleksible dengan jawaban muridnya. Kalau Dosen Kedokteran tidak usah! (Pendapat selain dari itu salah. Hehe).

Coba kalau seandainya essay di gunakan pada waktu ujian akhir...otomatis waktu yang digunakan untuk menjawab soal2 tersebut tidak cukup. Begitupun kalau pemeriksaan hasil2 ujian itu.Berapa banyak waktu yang di butuhkan seorang guru untuk membaca hasil jawaban soal2 essay yang mengakibatkan terhambatnya memberikan hasil penilaian ujian itu sendiri.
Hiks, hiks, hiks. Saya sedih sekali memikirkan guru memikul beban berat berupa "essay muridnya". (Mungkin bisa mencapai satu kilo! Berat sekali!) Emangnya pemulung? Emangnya tukang bangunan? Menjadi guru itu sebuah profesi (…semestinya, tetapi di sini tidak nyata demikian). Mari kita coba mengaplikasikan komentar ini pada profesi yang lain:

Pertanyaan: "Berapa banyak waktu yang di butuhkan seorang dokter kandungan untuk menunggu hasil proses kelahiran yang mengakibatkan terhambatnya membantu Ibu yang lain?"
Jawaban: Waktunya bisa berjam-jam, bahkan sampai setengah hari. 
Berati semua Ibu hamil seharusnya wajib operasi sesar untuk menghemat waktu dokter! Setuju? Tidak setuju? Yang penting bisa menghemat waktu, betul?
Emang ada masalah apa kalau GURU diwajibkan memeriksa essay murid? Bukannya itu bagian dari tugasnya? Tetapi sudah ada sebuah solusi: kalau ada orang yang tidak ingin diberatkan menghabiskan beberapa jam untuk memeriksa ujian murid, jangan menjadi guru! Menjadi dokter kandungan saja (mereka tidak pernah sibuk atau dibebankan oleh pekerjaannya). Dan silahkan coba memberikan argumentasi di atas (wajib operasi sesar) kepada setiap ibu hamil, dengan alasan waktu dokter harus dihemat. 

Kesimpulan
Alangkah baiknya kalau pemerintah cukup peduli untuk melatihkan kembali semua guru di seluruh tanah air. Alangkah baiknya kalau guru itu sendiri menginginkan dan memintanya demi masa depan muridnya. Alangkah baiknya kalau semua orang tua memeriksa sendiri hasil ujian anaknya, dan mencari jawaban yang disalahkan oleh guru. Berfikir sendiri apakah wajar kalau jawaban “Pembantu” disalahkan dan hanya “Ibu” yang boleh benar? Kalau melihat ada beberapa jawaban anak anda yang benar, tetapi disalahkan, coba telfon sekolah dan bicara kepada guru atau kepada kepala sekolah (dengan sikap dan suara yang baik dan sopan, tentu saja). Mengajukan protes atas nama anak. Kalau cukup banyak orang tua menuntut hak untuk anaknya (hak bahwa jawaban yang benar harus diterima dan dibenarkan), Insya Allah setiap guru dan sekolah yang kurang baik akan berusaha untuk menjadi lebih baik.
Selama guru belum minta tolong, dan pemerintah belum peduli, semuanya kembali ke peran orang tua (pemilih Presiden). Anda punya hak, dan anak anda juga punya hak. Guru sekolah itu bukan musuh, tetapi guru yang kurang bijaksana perlu dilawan atau diperbaiki. Kalau dokter salah melakukan pengobatan, anda pasti lebih bersedia untuk menuntut hak anda sebagai pasien untuk mendapatkan pengobatan yang semestinya. Kenapa tidak mau menuntut hak bagi anak anda dan membela anak anda yang benar?

Silahkan baca juga:



Wassalam,
Gene
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...