Sunday, June 12, 2016

Apa Onani Di Malam Hari Hapus Pahala Puasa?




[Pertanyaan]: Assalamu'alaikum, pak ustadz, saya onani di waktu malam hari tetapi sesudah itu saya langsung mandi wajib karena mau sahur dan sholat subuh. Apakah pahala puasa saya di hari sebelumnya akan dihapus?

[Jawaban]: Wa‘alaikumsalam wr.wb., Coba pahami bahwa 95% dari semua anak remaja laki2 di seluruh dunia melakukan onani selama beberapa tahun sampai menjadi dewasa. Yang berikan nafsu itu juga Allah, betul? Jadi sebelum anda diciptakan, Allah sudah tahu anda akan melakukan onani, betul? Jadi itu bukan hal yang mengherankan bagi Allah. Ada orang yang tidak mau tahan nafsunya, dan berzina. Ada juga anak remaja menjadi pemerkosa. Ada lagi yang nonton film porno di siang hari dan onani sampai puasanya batal. Ada juga banyak orang yang puasa tapi tidak shalat. Jadi kl yang "paling buruk" yang anda lakukan adalah onani di malam hari maka kondisi anda sudah jauh lebih baik dari orang2 itu, yang melakukan dosa yang serius. Betul?

Sekarang, yang tahu jumlahnya pahala puasa hanya Allah. Yang tahu nilai dosanya onani hanya Allah. Yang jelas, tidak ada hadiths dari Nabi Muhammad SAW yang mengatakan "Anak remaja yang onani akan masuk neraka!" Jadi jangan dibawa ke hati. Berusaha untuk hindari kalau bisa, dan kl merasa sudah tidak tahan, dan mau kurangi nafsunya, daripada terjadi di siang hari dan batalkan puasa, lebih baik anda lakukan di malam hari, dan kurangi nafsu agar siang hari bisa konsentrasi pada puasa, shalat, ngaji, dzikir dan lain-lain.

Jadi tidak usah berpikir "Apa semua pahala puasa sudah hilang?" karena tidak ada manusia yang bisa menjawab. Dan insya Allah juga tidak mungkin pahalanya habis begitu saja, karena pahalanya puasa besar sekali. Yang penting adalah jangan terlalu sering, dan habis mandi fokus kembali pada bulan suci Ramadhan. Dan terserah Allah untuk menentukan pahalanya berapa dan dosanya berapa. Coba berpikir sebaliknya. Setelah onani di malam hari, besoknya dgn puasa seluruh dosanya dihapus!! Juga mungkin begitu, betul? Kenapa hitung mundur, daripada hitung ke depan saja dan dapat penghapusan dosa dengan puasa besok? Allah adalah Tuhan Yang Maha Penyayang, termasuk Penyayang terhadap anak remaja yang nafsunya tinggi. Jadi tenang!

Berusaha untuk menjadi anak saleh, memperbanyak semua ibadah, dan fokus pada ibadah puasa di siang hari. Jaga hati, jaga mulut, dan jaga sikap. Berbaik hati sama orang lain, bersedekah, cari anak yatim dan menyantuninya dan membuatnya bahagia, bantu orang tua, hindari semua dosa besar, dan tidak perlu menjadikan onani di malam hari sebagi beban hati. Insya Allah dengan ibadah yang banyak pahalanya akan banyak. Fokus pada yang baik, dan yakinlah bahwa Allah akan berikan pahala yang banyak kepada anda disebabkan ibadah dan amal yang banyak. Kl takut pada dosa, itu bagus, tapi tidak ada manusia yang hidup tanpa dosa. Jadi coba memperbanyak pahalanya lewat banyak ibadah, dan secara automatis dosanya dihapus! Insya Allah berhasil. Amin. Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum wr.wb.,
Gene Netto

No comments:

Post a Comment