Tuesday, March 17, 2009

Air Ponari Dijual di Bojonegoro, 1 Kantong Rp 5000

Selasa, 17/03/2009 17:54 WIB

Raisya Ayu - detikSurabaya
Surabaya - Air yang konon menjadi sakti mampu menyembuhkan segala penyakit setelah dicelupi batu Ponari merambah hingga ke Kabupaten Bojonegoro.
Air tersebut dikirim dalam jumlah besar, hingga ribuan liter dengan truk tanki. Awalnya air yang sudah dicelupin batu milik Ponari ini akan dibagikan kepada jamaah Pengajian Taman Sholaya yang beralamat di Desa Pungpungan Kec Kalitidu membagikan air Ponari secara gratis.
Namun jamaah yang akan menggelar pengajian akbar dalam rangka Maulud Nabi Muhammad SAW, Selasa (17/3/2009) akhirnya gigit jari. Sebab sebelum dibagikan, air sebanyak 2 ribu liter keburu habis.
Air mujarab itu telah habis menjadi rebutan oleh warga dari desa setempat maupun luar desa. Mahfud (40) panitia pengajian mengatakan pengambilan air itu dilakukan secara diam-diam.
Namun terlebih dahulu warga memergoki, akhirnya air yang berada di truk tangki diminta oleh warga dengan berbagai alasan. Akhirnya diputuskan air tersebut dijual per kantong plastik.
"Kalau kemarin gratis, sore ini kami jual lima ribu per plastik. Airnya juga sudah ludes," kata Mahfud saat ditemui wartawan. Dia tak kuasa menolak desakan warga karena khawatir terjadi amuk massa.
Untuk mendapatkan air itu, panitia akhirnya memberikan kupon antrean. Sebagian besar warga langsung meminum air yang telah didapatnya dengan diawali membaca kalimat syahadat.
"Kami juga dapat saran, untuk tidak minum air Ponari ini sekaligus, tapi bisa disimpan dan dan dimanfaatkan untuk memasaka dengan cara meneteskan air Ponari dicampur dengan air masakan. Jadi biar awet," kata Sholekhan (37) warga Desa Kenongosari Kec Soko Kab Tuban yang datang ke lokasi pembelian air Ponari.(gik/gik)

Sumber: Surabaya.detik.com

13 comments:

  1. Assalamualaikum Wr Wb,

    Ini menjadi suatu kejadian yang miris dimana di suatu pengajian akbar dalam rangka memperingati Maulid Nabi di suguhkan air celupan batu ponari, lalu panita juga mengambil kesempatan dgn menjualnya per kantong. Masya Allah

    Ulama/ Ustad/ Kyai pendukung acara tsb seharusnya menyadarkan masyarakat atas bahaya syirik, ini malah sptnya secara langsung melakukan penggiringan thd hal tsb. Tugas ulama terutama di Jawa Timur adalah menyadarkan masyarakat bahwa dengan kepercayaan thd air celupan batu ponari akan menggiring manusia terhadap pengkultusan sesuatu zat selain Allah, nauzubilahimindzalik. Sangat disayangkan mereka sbg ulama pastinya sdh mengetahui bahwa air yang paling diberkahi Allah di muka bumi ini adalah air zam zam, kenapa mereka tidak mensosialisakan hal tsb ke masyarakat disana.

    Rasulullah SAW pernah bersabda :

    "Sebaik-baik air di permukaan bumi adalah air zamzam. Padanya ada makanan yang menyegarkan dan penawar bagi segala penyakit".

    “Air zam-zam adalah sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya.” (HR. Ahmad).
    Air zam-zam tergantung niat orang yang meminumnya; jika engkau meniatkan dalam meminumnya untuk mengobatimu, maka Allah akan menyembuhkanmu; jika engkau niatkan agar engkau kenyang, maka Allah menjadikanmu kenyang; jika engkau meniatkannya untuk menghilangkan haus, maka Allah akan menghilangkan kehausanmu, dan zam-zam itu adalah cekungan yang dibuat oleh Jibril dan air yang mengalir yang Allah berikan kepada Ismail (HR. Daraquthni).

    Memahami apa yang telah dianjurkan & disabdakan Rasulullah mengenai keberkahan air zamzam adalah sangat penting, karena hal ini tidak hanya sebagai jalan kita untuk meraih kesehatan, tetapi juga jalan untuk meraih kesempurnaan iman.

    Pada saat ini untuk mendapatkan air zamzam tidak sulit & tidak perlu menunggu sampai orang pulang dari mekkah, sekarang sudah banyak air zamzam yang dikemas siap minum di jual di beberapa tempat dgn harga terjangkau.

    Sepertinya bukan hanya kultur & masyarakatnya saja yang harus ditatar disana tapi yang lebih utama adalah ulamanya agar dapat memahami & mendalami dienul islam lbh baik lagi, sehingga nantinya dapat menyerbarkan ajaran islam secara kaffah.

    Semoga Allah SWT mengampuni saudara-saudara kita & mengembalikan mereka ke jalan yang lurus, amin.



    Wassallam,
    faza

    ReplyDelete
  2. 5 thumbs buat faza, yang 1 nya minjem jempol orang...:) iya za, kirain fenomena ponari selesai.
    Ternyata...,
    yang tidak habis pikir, ada sebagian ulama, orang intelek dsb, membela ponari dengan mengaitkan dengan karomah dan sejenisnya,
    belum dipakai juga hukum ekonomi, gara2 ponari perekonomian warga dekat rumahnya terangkat, ..belum jg blow up media, yang cuma memberitakan, dan sedikit sekali memberikan unsur edukasi dalam pemberitaannya, yang ada gara2 media, justru banyak masyarakat berbondong2 datang.

    Belum ada bukti secara medis, air itu benar2 bisa menyembuhkan, hanya sugesti, tapi herannya masyarakat awam tetap saja setia ngantri minta air celupan ke ponari....

    setau saya Jombang, adalah kota yg penuh dengan pemuka agama dan pencetak ulama, lalu fenomena ini terjadi disana..., kenapa, lalu dimana peran mereka?

    Salaam
    Rahma

    ReplyDelete
  3. Jangan hanya menyalahkan kyai/ustadz.
    Masyarakat desa tidak punya pilihan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas.
    Dokter dan obat-obatan sangat mahal sedangkan mereka belum tentu bisa makan setiap hari.
    Kalau ada fasilitas kesehatan yang bagus, murah meriah bahkan gratis berikut obat-obatannya maka orang-orang belum tentu berbondong-bondong minta penyembuhan pada air batu celup ponari.
    Seperti oom gene bilang bahwa pendidikan indonesia harus dibangun oleh para orang tua murid (saya sangat setuju),
    fasilitas kesehatan dan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan harus dibangun oleh masyarakat sendiri, terutama masyarakat yang mampu dan berpendidikan.

    ReplyDelete
  4. Asslmkm..
    mas iman, Disalah satu tV swasta, pernah ada interview jg dengan bupati jombang, menanyakan ttg fasilitas kesehatan dsb disana bagaimana? lalu si bupati menjelaskan tentang pelayanan kesehatan yang sudah maksimal dia berikan untuk warganya, masalahnya bukan tentang baik buruknya pelayanan kesehatan yg disorot karena fenomena tsbt, kalau ternyata sebagian yang mengantri ini ga semuanya orang miskin..???

    Salaam

    ReplyDelete
  5. bupati pasti bilang yang bagus2,
    tapi kenyataannya banyak orang sakit yang tidak terurus,
    memang gak semuanya yang ngantri itu orang miskin, tapi saya yakin kebanyakan itu orang miskin yang sudah putus asa mengobati penyakitnya.

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum wr wb

    makin dekat kiamat, makin gencar musuh manusia ingin menggelincirkan manusia kedalam kesesatan, kedzaliman, dan kemusrikan dengan segala macam cara. Peganglah tauhid ini kuat-kuat, jangan sampai keimanan kita kelak tidak diakui oleh Allah, maka azab neraka yang kekal akan menanti kita.

    Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  7. Assalamu'alaikum wr wb

    Kalau mau bercermin tentang masalah pelayanan kesehatan yang baik, bercerminlah pada Iran.Negeri yang dilanda perang berkepanjangan dengan Irak, yang menghancurkan perekonomian dan infrastruktur, tapi dengan komitmen yang tinggi dari pemerintah dan seluruh komponen bangsa, mereka mampu bangkit dari keterpurukan dan mengejar ketertinggalan.

    Sekarang rumah sakit–rumah sakit Iran , dengan pelayanan kesehatan dan fasilitasnya menjadi tempat berobat yang paling dicari, bukan saja oleh penduduk lokal tapi juga oleh pasien-pasien dari berbagai negara seperti Amerika dan inggris dll.Iran mempunyai dokter-dokter ahli yang berkualitas dengan pelayanan yang sangat baik.

    Begitu juga dengan bidang pendidikan, pemerintah Iran sangat menghargai dan mendukung penuh minat dan prestasi siswa-siswanya.Tak heran kalau pelajar-pelajar Iran mampu bersaing dengan Jepang dalam membuat robot dan teknologi yang lain.Makanya negara-negara barat tentu saja terkejut saat menyadari kenyataan bahwa Iran mampu memanfaatkan teknologi pengayaan uranium, karena mungkin selama ini mereka meremehkan kaum muslimin dalam penguasaan teknologi, tapi Iran mampu membuktikannya.Kapan ya indonesia bisa begitu...

    ReplyDelete
  8. Kapan ya indonesia bisa begitu...

    Tunggu PKS menang lebih dari 25% dalam pemilu 2009. Dan lihat hasilnya nanti. Amin. hehehehe...

    ReplyDelete
  9. *kampanye terselubung* hehehehhh

    ReplyDelete
  10. Gene>> Kapan ya indonesia bisa begitu...

    Tunggu PKS menang lebih dari 25% dalam pemilu 2009. Dan lihat hasilnya nanti. Amin. hehehehe..

    Jgn banyak berharap, nanti malu jika harapanmu tidak sama dgn realitas. Jgn terulang lagi kesalahan Anda. Anda dulu dgn suara lantang mendukung Obama dgn harapan ditangan dia kebijakan America akan lbh baik kpd Islam, tapi kenyataanya TIDAK.

    Melihat politik itu harus dgn pemahaman yg mustanir/cemerlang, dgn landasan aqidah yg kuat, shg dapat menarik benang merah dari setiap kebijakan sebuah ideologi/aqidah yg mendasarinya.

    Pesanku, jgn hanya bertaklid dgn Ulama saja, tapi pelajari hukum Islam secara benar. Jgn sampai krn kedudukan seorang ulama membuat kita membenarkan segala pendapatnya walaupun tanpa didukung dalil Quran dan sunnah.

    Wassalammualaikum

    Gunawan

    ReplyDelete
  11. Kenapa tidak boleh berharap? Apa hanya boleh pesimis? Harus berburuk sangka terus? Harapan itu tidak ada sama sekali?
    Gunawan: >>Anda dulu dgn suara lantang mendukung Obama dgn harapan ditangan dia kebijakan America akan lbh baik kpd Islam, tapi kenyataanya TIDAK.
    Dari mana anda menilai tidak ada perubahan?
    1. Obama sudah menentukan tanggal untuk menarik pasukan AS dari Iraq. Sama Bush, tidak ada tanggal – mereka harus di situ terus2an.
    2. Obama sudah mulai proses untuk menutup penjara di Guantanamo, Cuba, dan tidak ada tahanan baru yang dibawa ke sana. Sama Bush, malah tidak boleh ditutup, tahanan tidak boleh dilepaskan, dan masih ada kemungkinan orang baru masuk. Obama sudah memastikan bahwa tidak ada orang baru yang masuk lagi (dan akan ditutup).
    3. Obama sudah berjanji untuk memberikan pidato khusus untuk ummat Islam dari dalam sebuah negara Islam, dalam upaya melakukan pendekatan dengan ummat Islam. Bush tidak peduli pada ummat Islam.
    4. Obama sudah berjanji untuk berdialog dengan Iran. Sama Bush, dialog dengan Iran ditolak, dan hanya ada acaman akan segera dibom.

    Singkat kata, karena ada Obama, sudah segitu banyak yang berubah. Tidak mungkin Obama menjadi presiden dan langsung menyuruh Israel keluar dari Palestina, dan langsung kirim pasukan AS untuk membela Hamas. Yang berharap begitu tinggal di dunia mimpi. Soalnya, kalau Obama coba melawan Israel, dia bakalan dibunuh seperti halnya JFK yang menolak memberikan senjata nuklir kepada Israel. (Dan Wapresnya JFK, setelah diangkat menjadi presiden baru, tindakan pertamanya adalah langsung memberikan senjata nuklir kepada Israel.)

    Jadi, kita boleh berharap, dan bisa berharap, dan harus berharap bahwa perubahan itu bisa datang.

    ReplyDelete
  12. Jadi pada dasarnya tidak perlu heran & bertanya-tanya kalo sulit mendatangkan perubahan menjadi lebih baik untuk bangsa ini. Karena memang tidak banyak niat, keingian dan harapan yang digantungkan setinggi bintang di langit untuk berubah lebih baik.

    Getir sekali. Sekali ada yang rame, sibuk, dan peduli malahan warga asing yg itupun juga heboh & gencar dikecam kiri kanan.

    Kasian si partai islam (baca : PKS). Belum juga kerja, jamaahnya sudah sibuk dengan praduga dan prasangka. Insya Allah semoga menjadikan mereka semakin tangguh menjalankan amanah rakyat yg masih bersedia menaruh kepercayaan kpd mereka.
    Dan mudah2an banyaknya omongan & kejadian ini bukan bagian dari upaya ghazwul fikri untuk kepentingan kelompok2 tertentu.

    Dan akhirnya, untuk bapak/ibu yang sudah merasa memiliki landasan akidah yang kuat serta sukses pula mempelajari dan mengaplikasikan hukum islam berdasar pada dalil Qur'an dan sunnah Rasulullah SAW dalam semua aspek kehidupan, selamat ya. Semoga ilmu dan pengetahuannya dapat membawa berkah untuk orang lain. Amin.

    ReplyDelete
  13. wah dari ponari kok bisa jauh nyambungnya ke obama? :))

    ternyata ponari sweat lebih mahal dari pocari sweat...dan pasti lebih asem rasa keringat...hwekk!!

    ReplyDelete